Comscore Tracker

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarah

Terrnyata pedang ini lebih tajam dari katana!

Sejarah peradaban manusia dari zaman ke zaman selalu saja menarik untuk dipelajari, tidak terkecuali pada peninggalan yang diwariskannya pada era tersebut. Peninggalan dari suatu peradaban bisa berupa alat rumah tangga, pakaian, ataupun alat perang.

Katana atau yang lebih dikenal dengan pedang samurai adalah peninggalan dari peradaban bangsa Jepang yang sangat populer. Pedang samurai terkenal dengan ketajamannya. Namun tahukah kalian ternyata ada pedang yang lebih tajam dari Katana?

Ternyata sejarah  mencatat bahwa pedang Damaskus adalah pedang terkuat sepanjang sejarah. Pedang ini memang kalah populernya dari samurai, namun pedang ini memiliki kekuatan dan ketajaman melebihi samurai.

Berikut ini adalah beberapa fakta yang dilansir dari berbagai sumber tentang pedang Damaskus yang menarik untuk diketahui.

1. Asal pedang Damaskus

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahnahimunkar.org

Sesuai dengan namanya, pedang Damaskus berasal dari Damaskus yang merupakan ibu kota negara Suriah. Negara ini terletak di benua Asia, tepatnya di Asia Barat. Nama lengkap negara ini adalah Republik Arab Suriah (Syirian Arab Republic). Negara ini berbatasan langsung dengan negara Turki, Irak, Yordania, dan Laut Tengah.

2. Sangat tajam dan kuat

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahaqsainstitute.org

Karena sangat tajam dan kuatnya pedang Damaskus, ada yang pernah menceritakan jika pedang dalam posisi diam kemudian dijatuhkan sehelai rambut maka pedang Damaskus mampu membelah kain tersebut. Pedang ini juga mampu membelah batu tanpa merusak fisik pedang.

Baca Juga: 7 Peristiwa Penting yang Terjadi di Balik Perang Saudara Rusia

3. Baja Damaskus sebagai bahan baku penempaan

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahsoftbulldog.com

Alasan mengapa pedang Damaskus ini menjadi yang terkuat dan tertajam sepanjang sejarah adalah karena bahan baku dalam pembuatannya. Pedang Damaskus menggunakan baja Damaskus. Baja ini berbeda dengan baja biasa, baja Damaskus bersifat superplastis, yaitu kemampuan deformasi tetap tanpa retak hingga 1000 persen.

Selain baja Damaskus, penempaan pedang Damaskus juga dengan mencampur baja wootz yang mengandung carbon nano tube (CNT). Carbon nano tube mempunyai kekuatan 20-30 kali kekuatan baja paling kuat.

Dengan penggunaan kedua material tadi, maka pedang Damaskus menjadi pedang terkuat sepanjang sejarah, bahkan sampai saat ini.

4. Digunakan Shalahuddin Al-Ayyubi pada Perang Salib

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahaqsainstitute.org

Shalahuddin Al-Ayyubi adalah seorang Jenderal dan pejuang muslim kurdi dari Tikrit. Dia adalah Jenderal yang hebat dan memiliki toleransi yang sangat tinggi. Dia adalah jenderal yang tidak menyukai perang, namun dia adalah panglima perang yang handal jika memang perang tidak bisa dihindari. Senjata yang digunakan Shalahuddin Al-Ayyubi adalah pedang Damaskus.

5. Membawa kemenangan Suriah pada Perang Salib ke-3

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahdzargon.com

Antara tahun 1189-1192 terjadi perang salib, yaitu usaha Raja Inggris Richard I merebut kota Yerusalem dari Suriah yang dipimpin oleh Shalahuddin. Pertemuan ini dimenangkan oleh Suriah di bawah pimpinan Shalahuddin.

Berdasarkan sejarah, salah satu faktor yang membuat pasukan Shalahuddin menang adalah senjata yang digunakannya yaitu pedang Damaskus. Saat perang berlangsung, pedang Damaskus dapat dengan mudah memotong pedang dan merobek baju besi lawan dan bahkan dapat membelah tameng lawan.

6. Tidak ada yang bisa membuat replika Pedang Damaskus sampai saat ini

Fakta Pedang Damaskus, Pedang Terkuat Sepanjang Sejarahtheinsta-stalker.com

Banyak ahli pedang di era modern saat ini yang mencoba membuat replika pedang Damaskus, namun usaha mereka tidak pernah ada yang berhasil. Penyebab kegagalan mereka adalah karena tidak ditemukannya lagi baja wootz, yaitu material yang digunakan pada pembuatan pedang Damaskus.

Dahulu baja wootz di datangkan dari India ke Damaskus untuk pembuatan pedang Damaskus. Sampai akhirnya pedang tersebut tidak diproduksi lagi karena material tersebut sudah habis dan tidak dapat ditemukan lagi sampai saat ini.

Nah, itulah beberapa fakta tentang sejarah pedang Damaskus. Ternyata ratusan tahun yang lalu peradaban manusia sudah sangat maju dalam hal pembuatan senjata, ya guys. 

Baca Juga: 5 Senjata Perang Milik Nazi yang Paling Mematikan

ary yulianto Photo Community Writer ary yulianto

Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You