Comscore Tracker

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati Tersenyum

Ngeri, hanya dengan menyentuh saja bisa terkena racunnya

Kenal karakter Joker? Yup, meskipun diceritakan sebagai tokoh antagonis, karakter Joker banyak digemari oleh pencinta film. Yang paling diingat dari Joker adalah senyumnya, senyum Joker sangat lebar tetapi tidak menggambarkan kebahagiaan.

Tahukah kalian bahwa ada tanaman yang sangat beracun dan mematikan yang membuat korbannya meninggal dengan kondisi tersenyum. Tanaman ini memiliki nama lengkap Hemlock water dropwort. Penasaran dengan tanaman ini? Berikut ini adalah enam fakta tentang tanaman hemlock.

1. Ciri-ciri dan habitat

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati TersenyumDaun tanaman hemlock (gallowaywildfoods.com)

Hemlock water dropwort memiliki nama latin Oenanthe crocata. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah yang lembap seperti rawa, danau, tepi sungai, dan bahkan parit atau selokan. Daun hemlock berwarna hijau terang dan bentuknya mirip daun pakis dengan dua sampai empat bagian menyirip, keseluruhannya terlihat segitiga.

Bunga hemlock berwarna putih dengan ukuran kecil. Bijinya berbentuk seperti bola rugby berwarna cokelat dan batangnya berwarna hijau cerah serta berongga. Jika batang hemlock dipotong akan mengeluarkan cairan berwarna kuning.

2. Seluruh bagian tanaman ini sangat beracun

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati Tersenyumilustrasi bunga hemlock (gallowaywildfoods.com)

Mulai dari akar, batang, daun, biji, bunga, dan buah hemlock sangat beracun. Seluruh bagian dari tanaman ini mengandung alkaloid beracun yang akan berakibat fatal meskipun dalam jumlah kecil.

Racun dari tanaman ini dapat mempengaruhi transmisi impuls saraf ke otot yang pada akhirnya dapat membunuh seseorang karena kegagalan pernapasan. Racun hemlock sangat beracun, bahkan hanya dengan menyentuhnya saja dapat terkena racun tanaman ini. Racun hemlock dapat membunuh seseorang dalam waktu 24 jam.

3. Racunnya menyebabkan korban meninggal dengan tersenyum mengerikan

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati Tersenyumilustrasi sardonic smile (ancient-origins.net)

Tidak hanya menyebabkan kematian saja, racun hemlock dapat menyebabkan otot wajah berkontraksi yang bisa membuat korban terlihat tersenyum saat meninggal. Senyum yang terlihat bukanlah senyuman yang manis, melainkan senyuman yang mengerikan, seperti menyeringai menahan kesakitan.

Baca Juga: Tanaman Beracun Oleander Dijadikan Obat COVID-19? Ini Faktanya!

4. Memiliki rasa yang manis

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati Tersenyumilustrasi permen manis (pixabay/ulleo)

Umumnya tanaman yang beracun memiliki rasa yang pahit atau memiliki rasa yang tidak nyaman untuk dikonsumsi. Uniknya hemlock memiliki rasa yang sedikit manis dan mirip dengan rasa parsnip. Parsnip adalah sejenis tanaman umbi yang berbentuk mirip wortel dan memiliki rasa yang manis.

5. Memiliki sejarah yang kelam

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati Tersenyumilustrasi menyeramkan (pixabay/Jonny_Joka)

Ada cerita yang menyeramkan dari dari tanaman ini, melansir discovermagazine, pada zaman Romawi kuno, hemlock digunakan dalam ritual pembunuhan orang tua yang dianggap menjadi beban masyarakat.

Pada zaman tersebut, orang tua yang sudah tidak mampu mengurus dirinya sendiri akan dibuat mabuk dengan cara diberikan ramuan yang terbuat dari hemlock, lalu dibunuh dengan dengan dijatuhkan dari ketinggian atau dengan cara dipukul.

6. Miripnya dengan tanaman lain adalah penyebab orang terkena racun hemlock

Hemlock, Tanaman Beracun yang Sebabkan Korban Mati TersenyumBungan tanaman hemlock (wildernessawareness.org)

Hemlock merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh di sekitar pemukiman. Kerap kali orang yang terkena racun hemlock dikarenakan mereka tidak sengaja mengonsumsi hemlock karena bentuknya yang mirip dengan tanaman lain. Akar hemlock mirip dengan parsnip, sejenis umbi dan daun hemlock mirip peterseli.

Ternyata fakta di balik hemlock water dropwort, tanaman beracun yang menyebabkan korbannya tersenyum seperti Joker, sungguh mengerikan.

Baca Juga: 5 Film Thriller tentang Tanaman Pembunuh, Adegannya Bikin Syok!

Ary Yulianto Photo Verified Writer Ary Yulianto

Sedang menikmati belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya