Comscore Tracker

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

#ANGPOIN Lebih tajam dari penglihatan manusia!

Setiap makhluk hidup memang diberkati kemampuan yang berbeda-beda untuk bertahan hidup. Tak terkecuali bagi para hewan. Setiap hewan memang diberkati dengan kemampuan yang berbeda-beda dan salah satu kemampuan hewan yang menakjubkan adalah penglihatan yang tajam.

Berikut ini adalah deretan hewan-hewan yang memiliki penglihatan yang tajam bahkan lebih tajam dari penglihatan manusia.

1. Udang Mantis

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Duniaanswersingenesis.org

Selain cantik, udang mantis juga memiliki penglihatan yang tajam. Hewan ini dijuluki sebagai udang mantis karena kemampuannya yang dapat mencengkeram mangsanya dengan erat seperti belalang mantis.

Sama halnya dengan serangga, udang mantis juga memiliki susunan mata yang kompleks. Hewan ini juga dapat melihat dunia dengan 12 pita warna di mana hal tersebut setara dengan penglihatan manusia saat menggunakan kacamata 3D.

2. Capung

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Duniasciencenews.org

Dapat dikatakan bahwa capung adalah serangga tercepat diantara serangga lainnya. Capung memiliki banyak mata dan 3 mata terpisah yang disebut dengan ocelli. Ocelli sendiri bertugas untuk membantu capung mendeteksi bahaya yang menghampirinya. Hingga saat capung sedang dalam bahaya, maka capung akan dengan sigap menghindari bahaya tersebut.

3. Bunglon

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Duniageek.com

Bunglon memang dikenal sebagai hewan yang memiliki kemampuan bersembunyi terbaik. Ketika dalam bahaya, bunglon dapat menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan sekitarnya.

Namun, kemampuan bunglon tak hanya itu saja. Ia memiliki penglihatan yang tajam dan kemampuan unik di mana ia dapat menggerakkan kedua matanya ke arah yang berbeda.

Baca Juga: 5 Hewan Asli Kaledonia Baru yang Beda dari Lainnya

4. Kambing

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di DuniaUnsplash/Nandhu Kumar

Jika pada biasanya hewan yang memiliki penglihatan yang tajam adalah predator yang menggunakan penglihatannya untuk menyergap mangsanya, maka berbeda dengan kambing. Kambing memiliki penglihatan yang tajam guna menghindari ancaman musuhnya.

Kambing juga memiliki kemampuan unik di mana ia dapat menggerakkan matanya 360 derajat sehingga ia dapat melihat ke belakang tanpa harus menggerakkan kepalanya.

5. Burung Hantu

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Duniaaudubon.org

Selain dapat memutar kepalanya sebanyak 180 derajat, burung hantu juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam. Burung hantu menggunakan kemampuan tersebut untuk berburu di malam hari. 

6. Tokek Ekor Daun

6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Duniaaustralianmuseum.net.au

Tokek ekor daun memiliki penglihatan yang sangat sensitif terhadap cahaya. Hal tersebut membuat hewan ini dapat melihat dengan jelas suatu warna meski di malam hari. Diduga, hewan ini memiliki penglihatan 350 kali lebih baik dibandingkan dengan penglihatan manusia. Menakjubkan bukan?

Itulah 6 hewan dengan penglihatan paling tajam di dunia. Menurutmu, hewan apalagi yang memiliki kemampuan tersebut?

Baca Juga: Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Dunia

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You