Comscore Tracker

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkungan

Kita sudah gak bisa cuek lagi, lho

Kerusakan lingkungan masih jadi topik panas bagi seluruh negara dunia. Berbagai macam organisasi yang mengatasnamakan peduli lingkungan terus melakukan kampanye pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Sosialisasi gencar dilakukan dan seluruh negara berusaha menemukan solusi kerusakan lingkungan yang semakin parah.

Inovasi terus dilakukan. Yang terbaru, Jepang bahkan mendaur ulang ponsel bekas untuk dijadikan medali pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Tak hanya pemerintah saja, tapi masyarakat harus ikut bekerjasama agar penanganan kerusakan lingkungan bisa dilakukan secara maskimal. 

Alam sudah memberikan tandanya dengan jelas. Banyaknya bencana alam beberapa tahun belakangan seharusnya cukup menyadarkan kita kalau alam sudah sangat sakit dan membutuhkan penanganan serius. Nah, 5 kerusakan ini adalah pengingat kenapa kita harus menjaga lingkungan mulai sekarang. 

1. Kerusakan hutan yang mengancam keseimbangan alam

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkunganhazlitt.net

Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan tropis terbesar dunia. Macam-macam tumbuhan dari yang umum sampai langka bisa ditemukan di Indonesia. Hutan juga menjadi rumah alami bagi para hewan-hewan yang menggantungkan hidupnya pada ekosistem hutan. 

Sayangnya, keadaan hutan Indonesia semakin miris saja. Kerusakan terus saja terjadi seperti penebangan ilegal, pembakaran hutan yang tak pernah usai, bahkan sampai mengirim asapnya ke negeri tetangga.

Keadaan hutan yang semakin rusak jelas mengancam banyak pihak. Hewan-hewan kehilangan habitat alaminya, kesulitan air akibat kekeringan, longsor tanah dan masih banyak lagi. Jika masalah ini tak segera diselesaikan, gak menutup kemungkinan akan semakin banyak bencana alam yang terjadi.

2. Laut yang semakin kotor dan tercemar

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkungansailuniverse.com

Pencemaran laut jadi masalah lingkungan yang tak kalah penting. Kerusakan terumbu karang dan banyaknya sampah plastik mengancam kehidupan ikan dan hewan laut lainnya. Nyaris 10 juta ton sampah selalu berakhir di lautan. Sudah tak terhitung berapa banyak hewan laut yang mati karena memakan sampah yang dikira makanan alaminya.

Sejatinya, lautan menyediakan segalanya untuk kita, tapi manusia dengan tidak bertanggung jawab malah merusaknya sedemikian rupa. Kedepannya, jangan ada lagi hewan laut yang mati karena sampah manusia. Dibutuhkan kesadaran bersama untuk menjaga dan merawat lingkungan kita.

3. Suhu bumi yang kian meningkat akibat global warming

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkunganputin.kremlin.ru

Masalah kerusakan lainnya adalah global warming. Beruang kutub adalah korban akibat ganasnya global warming. Suhu bumi yang terus naik membuat es kutub jadi mencair. Akibat rusaknya habitat alami mereka, banyak beruang kutub yang kehilangan sumber makanan. Demi mencari makanan, beruang kutub sampai turun ke pemukiman manusia, seperti yang terjadi di Rusia akhir-akhir ini.

Global warming gak hanya mengancam kehidupan beruang kutub, tapi juga kehidupan manusia sendiri. Seperti musim kemarau yang semakin panjang dan perubahan cuaca ekstrem. Terasa sangat panas di musim panas, dan terasa sangat dingin di musim dingin. Lalu, mau sampai kapan kita membiarkan masalah global warming terus terjadi?

Baca Juga: Diserbu Beruang Kutub, Satu Kota di Rusia Dinyatakan Gawat Darurat

4. Fenomena banjir yang selalu terulang setiap tahun

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkungansouthbendtribune.com

Salah satu masalah lingkungan yang tak kunjung selesai adalah banjir. Apalagi di sini, banjir termasuk bencana menahun sampai dianggap maklum oleh masyarakat kita. Masifnya pembangunan tidak sejalan dengan ruang terbuka hijau yang disediakan.

Akibatnya, saat hujan turun tanah tak mampu menyerap air dengan sempurna, pepohonan yang tak seberapa tidak berfungsi dengan maksimal, ditambah aliran sungai yang tersumbat menyebabkan air meluber sampai banjir.

Lagi, yang dirugikan adalah manusia sendiri. Kalau sudah banjir, segala aktivitas jadi terhambat. Syukur-syukur kalau masyarakatnya bisa berubah dan gak hanya menyalahkan pemerintah aja, hehe. 

5. Kebiasaan buang sampah sembarangan yang masih sulit dihilangkan

5 Tanda Alam yang Jadi Pengingat Kenapa Kita Harus Peduli Lingkungantelegraph.co.uk

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, banjir juga disebabkan oleh kebiasaan manusia yang hobi buang sampah sembarangan. Padahal di setiap sudut kota sudah disediakan tempat sampah.

Kamu mungkin ingat foto warga yang viral beberapa waktu lalu karena membuang ember penuh sampah didepan petugas PPSU Jakarta. Rasanya miris sekali melihat warga dengan santainya buang sampah sembarangan, padahal di depannya ada petugas kebersihan.

Mulai sekarang, yuk coba biasakan buang sampah pada tempatnya. Kamu hanya harus melatih diri sendiri. Jika tak menemukan tempat sampah, simpan dalam tas lalu buang kembali jika sudah menemukan tempat sampah. Masalah sampah sudah gak bisa disepelekan lagi. Habis kalau bukan kita yang perduli, lantas siapa lagi?

Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tapi masyarakat juga memegang peranan penting. Sebelum terlambat, ayo mulai gerakan menjaga lingkungan. Karena alam sudah menyediakan segalanya, sudah seharusnya kalau kita menjaga dan merawatnya. Jangan sampai alam jadi "balas dendam" karena perlakuan manusia yang semena-mena.

Baca Juga: Baik Bagi Lingkungan, 5 Kebiasaan Lawas Ini Kita Lakukan Lagi Yuk!

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya