Comscore Tracker

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan 

Sebenarnya air hujan itu punya aroma khusus gak ya?

Pernahkah kamu bertanya-tanya penyebab aroma berbeda di udara sebelum, selama dan setelah hujan? Beberapa orang bahkan bisa mengetahui badai atau waktu hujan turun ketika mencium bau ini, penasaran penyebabnya? Yuk simak!

1. Ozon Bumi

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan Unsplash.com/Anandu Vinod

Aroma yang tercium sebelum hujan datang berasal dari lapisan ozon bumi. Ozon bumi sendiri merupakan lapisan gas yang terbentuk secara alami dan berfungsi sebagai pelindung lapisan bumi dari matahari. Gas ini memiliki bau menyengat ketika jatuh ke permukaan bumi karena dibawa oleh angin sebelum hujan.

2. Petrichor

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan unsplash.com/Mike Kotsch

Aroma menenangkan yang memenuhi udara saat hujan turun dan kontak dengan tanah disebut petrichor, istilah ini diciptakan oleh ilmuwan Australia Isabel Joy Bear dan Richard Thomas pada tahun 1964. Petrichor muncul akibat air bersentuhan dengan minyak yang dihasilkan daun tumbuhan ketika kondisi kering, minyak ini bersentuhan dengan tanah dan menghasilkan aroma di udara ketika terkena air hujan.

Baca Juga: Fakta Ilmiah Seputar Petrichor, Wewangian Khas Ketika Turun Hujan

3. Bakteri

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan unsplash.com/Nicola Anderson

Bakteri actinomycetes pada tanah menghasilkan spora ketika suhu udara panas dan suasana kering, spora ini mengandung geosmin yang terbang di udara ketika bersentuhan dengan air hujan.

4. Geosmin 

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan unsplash.com/Jon Ly

Geosmin berasal dari mikroorganisme yang mati di tanah, aroma ini semakin kuat ketika hujan berlangsung dalam waktu yang lama. Namun beberapa orang mampu mencium aroma ini ketika kelembapan udara tinggi hingga mampu memprediksi badai yang akan datang.

5. Aerosols

Ini Lho 5 Penyebab Bau Hujan yang Muncul Setelah dan Sebelum Hujan unsplash.com/Nick Cooper

Penelitian tahun 2015 yang menggunakan kamera berkecepatan tinggi berhasil menangkap momen ketika air hujan melepaskan awan aerosol saat terjadi kontak dengan permukaan benda. Awan aerosol membawa aroma natural dari alam, awan ini akan menyebar dengan cepat karena bantuan air hujan serta angin.

Ternyata air pada saat hujan tidak memiliki bau khusus, penyebab aroma tersebut berasal dari mikroorganisme serta lingkungan sekitarnya lho, gaes! Apakah kamu pernah mencium bau hujan juga?

Baca Juga: 7 Fakta Ilmiah Mendengarkan Suara Alam Bisa Bikin Hati Tenang

Lil Syifa Photo Verified Writer Lil Syifa

An ordinary girl who loves boba milk tea and sometimes lost on her own universe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya