Comscore Tracker

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!

Ada yang masih dalam proses pembangunan sampai sekarang

Membangun monumen memerlukan banyak usaha agar selesai. Sayangnya, terkadang terjadi kekurangan biaya atau tenaga kerja untuk menyelesaikannya. Tapi bukan berarti bahwa sebuah monumen yang belum selesai tidak bisa indah.

Berikut adalah beberapa monumen bersejarah di dunia yang tetap indah meski belum selesai dibangun. Apa saja?

1. La Sagrada Familia, Spanyol

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!archinect.com

Basilica de la Sagrada Familia atau biasa dikenal dengan Sagrada Familia, adalah Katedral Katolik Roma yang belum selesai di Barcelona, Spanyol. Dirancang oleh arsitek kenamaan Spanyol Antoni Gaudi (1852 - 1926), bangunan ini termasuk situs warisan dunia UNESCO.

Karena kerumitan rancangan dan sumber pendanaan yang berasal dari sumbangan masyarakat, bangunan ini diperkirakan selesai pada 2026, tepat seratus tahun meninggalnya Gaudi.

2. Hassan Tower, Maroko

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!moroccoworldnews.com

Hassan Tower adalah menara dari sebuah masjid yang belum selesai di Rabat, Maroko. Dibangun oleh Abu Yusuf Yaqub al Mansur, khalifah ketiga dari kekhalifahan Almohad pada 1195.

Bangunan ini diharapkan menjadi menara masjid terbesar di dunia. Namun, ketika al Mansur meninggal pada 1199, pembangunannya terhenti. Tinggi menara ini mencapai 44 m, baru setengah dari tujuan awal yaitu 86 m.

3. Crazy Horse Memorial, Amerika Serikat

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!latimes.com

Terletak di pegunungan Black Hills, South Dakota, Crazy Horse Memorial merupakan pahatan patung penghormatan untuk pahlawan perang Suku Lakota bernama Crazy Horse.

Ukuran patung Crazy Horse lebih besar dari pegunungan Rushmore yang memajang wajah Presiden legendaris AS, dan akan menjadi pahatan gunung terbesar di dunia.

Meski proyek telah berjalan sejak 1948, tapi patung ini jauh dari selesai. Penyebabnya antara lain cuaca yang tak bersahabat, termasuk hujan petir dan badai salju, dan kandungan besi di gunung yang membuat batuannya lebih susah dipahat.

Baca Juga: 5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarang

4. National Monument, Skotlandia

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!historic-uk.com

Dirancang untuk menghormati rakyat Skotlandia yang tewas selama perang melawan Napoleon di awal 1800-an, National Monument of Scotland ternyata kekurangan dana dan hanya sebagiannya saja yang terbangun.

Pembangunan yang dimulai sejak 1822 ternyata hanya mampu terbentuk pondasi dan 12 tiang saja. Sehingga pembangunan dihentikan pada 1826, dan sisa bangunan masih ada sampai sekarang.

5. Siena Cathedral, Italia

5 Monumen Bersejarah yang Belum Selesai Dibangun, Tetap Indah!viator.com

Kota Siena, Italia dulu mempunyai proyek pembangunan katedral ikonik, tapi proyek ambisius yang dimulai sejak 1339 itu harus terhenti karena menyebarnya wabah bubonik di Eropa pada 1348.

Pembangunannya tak pernah dilanjutkan kembali meski bangunan awal yang sudah jadi masih ada sampai sekarang. Otoritas setempat menjadikan sisa bangunan sebagai museum dan tempat parkir.

Nah, itulah lima bangunan bersejarah yang tetap indah meski pembangunannya belum selesai. Beragam masalah membuat pembangunannya harus ditunda atau terhenti sama sekali.

Baca Juga: 9 Bangunan Ikonik dan Estetis di Barcelona, Instagramable Banget!

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya