Comscore Tracker

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuat

Apa kamu juga suka menangis saat nonton film sedih?

Cerita film seperti Hachi: A Dog's Story atau The Notebook bisa membuat kita meneteskan air mata setidaknya sekali. Namun, banyak orang percaya bahwa menangis karena nonton film adalah tanda kelemahan.

Padahal, mereka yang menangis karena nonton film adalah orang yang penuh empati, mereka tahu cara mengatur emosi dengan lebih baik, dan mereka lebih kuat saat menghadapi kesulitan hidup sehari-hari.

Penonton menyukai cerita yang menginspirasi rasa empati dan belas kasih. Jadi, berikut adalah ulasan tentang kenapa orang menangis karena nonton film, dan alasan hal itu membuat mereka lebih kuat.

1. Cerita film memang fiksi, tapi perasaan sedih tidak bisa ditahan

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuatasianwiki.com

Meski tahu bahwa film bukanlah kejadian nyata dan cerita yang mereka tonton di layar adalah fiksi, hal itu tidak akan berdampak besar. Mereka akan tetap menangis saat menonton sebuah adegan yang sangat emosional.

2. Hormon oksitosin punya peran besar saat menonton adegan menyentuh

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuatimdb.com

Hormon oksitosin berperan sebagai pengirim sinyal dan bertanggung jawab atas apa yang dirasakan orang saat menonton sebuah adegan menyentuh. Oksitosin membuat orang lebih berempati lebih punya semangat menghadapi kehidupan sehari-hari.

3. Mereka tidak takut menunjukkan emosi

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuattoday.com

Orang-orang yang tidak malu menangis karena nonton film punya mental tangguh dibanding mereka yang menyembunyikan air matanya. Hal itu karena mereka cukup berani untuk menunjukkan perasaan sebenarnya. Mereka tidak takut diejek atau dikritik.

Penyebabnya tetap hormon oksitosin, dengan berempati terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, mereka tidak takut untuk meyakini apa yang dianggap benar.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kamu Harus Menonton Film Bertema Keluarga

4. Air mata punya kekuatan penyembuhan

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuatmyrarapop.com

Mereka yang menangis karena nonton film tahu tentang kekuatan penyembuhan dari air mata. Menangis membuat mereka berbagi perasaan dengan orang lain. Mereka belajar untuk melihat bahwa dalam hidup, kebahagiaan dan kesedihan selalu datang silih berganti.

5. Menangis untuk kestabilan emosional

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuattvovermind.com

Orang-orang yang menangis karena nonton film beranggapan bahwa penting untuk memelihara jiwa, dan kadang perlu momen untuk menangis. Hal ini akan membuat kestabilan emosi mereka lebih baik dibanding mereka yang menyembunyikan perasaannya.

6. Menangis tidak kenal gender

6 Alasan Orang yang Menangis Karena Menonton Film Punya Mental Kuatthemodernman.com

Kita pasti pernah dengar kalimat "Boys don't cry." Hampir sebagian besar laki-laki percaya bahwa menangis akan membuat mereka terlihat lemah. Namun, menangis bisa terjadi pada siapa saja. Laki-laki dan perempuan, tidak ada bedanya saat menangis.

Menangis adalah respon manusia yang tidak berhubungan dengan gender tertentu. Mereka yang biasa saja menangis karena nonton film, tidak takut diejek oleh mereka yang percaya bahwa menangus hanya untuk perempuan.

Film mana yang bisa membuat kamu menangis? Apakah kamu merasa malu menangis karena nonton film?

Baca Juga: 8 Reaksi Kamu Ketika Menonton Film Horor di Bioskop, Benarkah?

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You