Comscore Tracker

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimu

Jadi berkali lipat!

Artikel ini gak bermaksud untuk mengajak pada penggunaan ganja, tapi melihat ganja dari manfaat sisi medisnya walaupun memang ada efek samping yang berpotensi mengganggu. Mengingat bahwa di beberapa daerah di Amerika dan Eropa, ganja digunakan untuk keperluan medis, sehingga kita tahu alasan mereka menggunakannya, bukan untuk kepentingan bersenang-senang.

Dosis kecil rutin dari ganja (cannabis) ternyata terbukti membuat seseorang mengalami peningkatan dalam proses belajar dan performa memorinya. Sebelumnya ini diujikan pada tikus laboratorium yang sudah tua, dari situ ternyata mereka bisa kembali memiliki performa tikus yang masih muda dan sehat. Seperti apa detailnya? Kami akan bahas lengkap di sini!

Uji coba awalnya dilakukan pada tikus dengan rentang usia berbeda-beda dan ada dampak mengejutkan pada mereka antara diberikan ganja ataupun tidak.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimumic.com

Penemuan ini menunjukkan bahwa tetrahydrocannabinol (THC), bahan psiko-aktif pada ganja, bisa menghasilkan efek perbedaan yang signifikan pada otak yang tua terhadap hewan yang lebih muda – dan jika dampak positif diteruskan pada manusia berusia senja, itu dapat membantu kita mencegah penurunan kemampuan kognitif yang datang seiring bertambahnya usia, termasuk demensia.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimuredeyesonline.net

Menurut Andreas Zimmer selaku ahli neuro-biologi dari University of Bonn, Jerman, perawatan menggunakan ganja dapat membalikkan penurunan performansi pada hewan yang sudah tua. Sampai seakan-akan perawatan THC itu bisa memutar balik jam molekular. Selama periode 4 minggu, tim Zimmer memasukkan dosis kecil THC kepada tikus berusia 2 bulan (muda), 12 bulan (dewasa) dan 18 bulan (tua). Kuantitas yang diberikan – 3 mg per kg massa tubuhnya per hari – masih terlalu kecil untuk membuat mabuk hewan-hewan tersebut, tapi para peneliti ingin melihat apa saja efek yang dialami sistem endocannabinoid mereka: reseptor pada otak dan sistem syaraf yang membantu mengatur nafsu makan, mood dan memori, yang juga merespon THC.

Efek positif sangat dirasakan pada hewan berusia tua yang mendadak bisa melakukan segala sesuatunya seperti saat masih muda dan sangat sehat, bahkan berlangsung dalam waktu yang lama.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimuesquire.com

Dalam tes kognitif yang mengendalikan hewan-hewan tersebut menggunakan labirin air (untuk mengukur keawasan spasial), pengenalan objek dan pengenalan rekan, tikus muda bisa jauh lebih baik daripada yang dewasa dan tua, seperti yang sudah diduga. Namun ketika mereka diberikan dosis THC yang sama, tikus dewasa dan tua mengalami peningkatan drastis pada performansi mereka terkait pembelajaran dan uji memori, sama baiknya dengan yang muda, sebagai hewan yang bebas dari obat. Ajaibnya, efek tersebut berlangsung dalam waktu yang lama juga – tesnya gak dimulai sampai 5 hari setelah tikus-tikus tersebut menyelesaikan perawatan THC mereka. Bahkan peningkatan hasilnya terus berlangsung selama beberapa minggu setelah perawatan tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Brain Freeze Saat Kamu Minum Es Tiba-tiba

Berbeda dengan hewan yang sudah tua, hewan yang masih muda justru mengalami penurunan performansi dan ada alasan kuatnya terkait sistem cannabinoid mereka.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimufeedster.com

THC bukan peningkat performa yang baik untuk semua hewan dalam eksperimen ini. Tikus muda yang diberikan obat tersebut justru mengalami penurunan performa pada hasil tesnya. Andras Bilkei-Gorzo selaku salah satu anggota tim peneliti memberi tahu Diana Kwon di The Scientist bahwa sepertinya otak muda menjadi tua dan otak tua menjadi muda. Awalnya memang itu terdengar gak logis, tapi para peneliti menyadari ketika mereka memasukkan obat yang sama ke hewan muda, itu akan memacu kerja sistem cannabinoidnya terlalu berlebihan – itu menghasilkan efek hiperaktif yang gak normal dan mereka harus mengalami konsekuensi itu. Berbeda dengan yang tua, itu akan menormalisasi aktivitas patologis yang lemah.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimuherb.co

Hal tersebut terjadi karena THC mengimitasi efek dari cannabinoid yang secara alami diproduksi di dalam tubuh. Jika terlalu banyak maka akan ada efek memabukkan. Namun ketika hewan-hewan itu sudah berumur tua, pemberian THC mampu mengembalikan level cannabinoid (yang dihubungkan dengan kembalinya kemampuan kognitif) menjadi prima seperti masih berusia muda. Zimmer menjelaskan dalam press release bahwa dengan bertambahnya usia, maka kuantitas cannabinoid yang terbentuk di otak akan berkurang. Ketika aktivitas sistem cannabinoid menurun, kita akan mengalami penuaan yang cepat pada otak.

Lebih jauh lagi, perawatan menggunakan THC ternyata juga berdampak pada aktivitas gen dan itu terlihat sangat positif untuk hewan-hewan yang berusia tua, seakan mereka benar-benar kembali muda dan seakan gak pakai obat apapun.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimuallweednews.com

Ketika tim memeriksa efek THC pada aktivitas gen hewan-hewan tersebut, mereka menemukan bahwa gen para hewan berusia tua menggambarkan gen hewan muda yang gak mendapatkan obat. Para peneliti mendokumentasikannya di dalam jurnal penelitian bahwa dosis kecil perawatan THC bisa menormalisasi kelemahan produksi cannabinoid pada hewan tua dan mebalikkan perubahan terkait usia pada gennya. Bisa dibilang ada efek anti penuaan untuk hewan tua, dan efek menuakan pada hewan muda.

Dosis Kecil Ganja Ternyata Bisa Meningkatkan Kekuatan Memorimuthinkprogress.org

Memang sih gak ada jaminan bahwa efek positif yang sama dari THC kepada tikus tua akan sama jika diberikan pada manusia berusia senja. Namun menemukan hal ini adalah kemajuan yang dilakukan para peneliti ini, yang berencana untuk mewujudkan pengobatan yang memungkinkan untuk manusia sesegera mungkin. Bilkei-Gorzo memberitahu Ian Sample di The Guardian bahwa jika kita mampu memudakan kembali otak semua orang sehingga seakan mereka memiliki 5-10 tahun lagi untuk berperforma seperti anak muda, maka itu terobosan luar biasa untuk dunia medis. Makin jarang deh kepikunan dan penyakit lainnya yang muncul seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Mengumpat Bisa Membuat Sebagian Tubuhmu Lebih Kuat

Topic:

Just For You