Comscore Tracker

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaik

Kita perlu optimis dan berpikir positif!

Mudah memang berpikir bahwa dunia secepatnya akan berakhir jika melihat pemberitaan bencana dan kekacauan terjadi di mana-mana, baik yang alami maupun akibat ulah manusia. Namun jika kamu melihat lebih dekat, kamu akan tahu ke mana arah umat manusia saat ini.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikthedailybeast.com

Ada gambaran bahwa kondisi dunia semakin membaik, setidaknya dari sudut pandang kesehatan publik dan kualitas hidup. Bagaimana bisa tahu? Dilansir dari sciencealert, semua terlihat dari 9 grafik berikut ini!

1. Kemiskinan yang ekstrim semakin lama semakin menghilang.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikgatesnotes.com

Di akhir tahun 1970-an, lebih dari 2 milyar orang dikategorikan dalam taraf miskin yang ekstrim. Orang banyak yang mengira bahwa jarak antara si kaya dan si miskin semakin jauh, tapi grafik ini menunjukkan sebaliknya. Data menggambarkan bahwa kemiskinan ekstrim telah mengecil jumlahnya menjadi 705 juta dari 2 milyar, berdasarkan pernyataan Melinda Gates.

2. Vaksin polio sedikit lagi benar-benar melenyapkan penyakit tersebut di seluruh dunia.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikbusinessinsider.com

Jumlah kasus polio baru belum ada tanda penurunan selama 17 tahun terakhir, penyebabnya adalah karena memang angkanya sudah dekat sekali dengan nol. Pada tahun 2016, telah kurang dari 40 kasus saja yang tercatat di seluruh dunia. Saat ini hanya 4 negara saja yang belum berupaya untuk memusnahkan penyakit ini.

3. Penggunaan alat kontrasepsi berada di titik tertinggi dari yang sudah-sudah.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikgatesnotes.com

Alat kontrasepsi akan membantu menghancurkan siklus kesuburan tinggi dan kematian anak-anak. Itu akan menjadikan para wanita lebih fokus pada kesejahteraan diri mereka dan keluarganya. Karenanya data yang menggambarkan peningkatan drastis kesadaran kontrasepsi ini bermakna bagus bagi perkembangan dunia.

4. Jumlah meninggal akibat HIV semakin jauh berkurang seiring waktu.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikhiv.gov

Dunia telah melakukan berbagai upaya untuk memerangi HIV. Pada tahun 2015, ada 36,7 juta orang di seluruh dunia yang hidup dengan virus ini, sekitar 1,8 jutanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun. Saat ini, tingkat kematian HIV tercatat 0.14 orang per 1.000 dalam populasi. Turun jauh dari tingginya 0.3 di awal tahun 2000-an.

Baca juga: Ada Alasan Ilmiahnya Kenapa Orang Obsesif Banget Sama Produk Apple

5. Makin lebih sedikit anak yang meninggal di bawah usia 5 tahun.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikwho.int

Sejak tahun 1990, jumlah anak-anak yang meninggal sebelum menginjak usia 5 tahun berkurang hingga setengahnya, dari 12,1 juta menjadi 5,8 juta. WHO mengatakan bahwa penyebab utama dari hancurnya kualitas hidup anak-anak ini, sampai menyebabkan meninggal dini, adalah komplikasi lahir yang dialami atau malnutrisi.

6. Kondisi sanitasi makin lama menjadi semakin baik.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikbusinessinsider.com

Jumlah gorong-gorong dan tanaman pemroses air yang bertambah, ternyata bisa membantu membuat dunia ini semakin bersih. Dalam 25 tahun terakhir, persentase orang yang bergantung pada sanitasi yang gak sehat telah menurun dari 53% menjadi 33%. Semoga dunia ini menjadi benar-benar bersih dan jalur pembuangannya sangat teratur.

7. Milyaran orang mendapatkan akses untuk produk segar berkualitas.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikourworldindata.org

Kesulitan pengiriman dan penyimpanan produk segar di beberapa bagian negara menyebabkan rendahnya akses mereka pada produk makanan sehat yang berkualitas. Untungnya berbagai belahan dunia tercatat telah mampu makan buah segar, dengan peningkatan taraf sampai 100%.

8. Kelangkaan makanan semakin menghilang di mana-mana.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikourworldindata.org

Salah satu pencapaian terbesar kesehatan publik selama satu abad terakhir adalah mampu memberikan makanan kepada yang membutuhkan. Pada tahun 1961, rata-rata satu orang tercatat mengonsumsi sebanyak 2.200 kalori per hari. Pada tahun 2013, angka tersebut melonjak naik menjadi 2.900 kalori per hari.

9. Makin banyak negara yang menghapuskan dan menolak mempekerjakan anak di bawah umur.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikourworldindata.org

Baik di negara-negara maju dan berkembang, aturan ketenagakerjaan mengharuskan untuk menetapi batas usia minimum dalam bekerja. Aturan tersebut ternyata mampu menurunkan tingkat mempekerjakan anak-anak sampai sebanyak 4%. Saat ini tercatat masih ada 1 dari 10 anak yang dipekerjakan secara rutin di seluruh dunia. Jumlah ini harapannya akan bisa hilang dalam waktu cepat.

9 Grafik Ilmiah Ini Menunjukkan Bahwa Kondisi Dunia Semakin Membaikbarriebramley.com

Dengan adanya 9 fakta di atas yang tertangkap melalui grafik itu, setidaknya kita bisa jadi lebih lega dan berpikir lebih positif, bahwa perkembangan zaman itu gak melulu membawa kita pada kehancuran, seperti yang biasa dibicarakan. Harapan masih sangat besar di semua bidang, untuk terus menjadikan dunia ini semakin baik.

Baca juga: 3 Tes IQ Tersingkat Ini Banyak yang Gagal Lho! Kamu Bisa?

Topic:

Just For You