Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!

Apa saja yang masuk daftar?

Memang gak ada satupun hewan yang bisa menyelesaikan ujian kalkulus rumit ataupun menulis essay yang menakjubkan, tapi bukan berarti mereka tidak punya kecerdasan yang luar biasa. Beberapa spesies dunia hewan bahkan membuat para ahli takjub dengan kemampuan kognitif dan otak mereka. Dilansir dari popsci, inilah daftar 7 hewan terpintar di dunia menurut para ahli!

1. Simpanse

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!bbc.com

Banyak yang berpikir bahwa simpanse adalah “saudara terdekat” kita yang masih hidup. Diteliti bahwa kita berbagi hampir 99 persen DNA yang sama dengan mereka. Selain DNA, ternyata mereka mendapatkan beberapa bagian kemampuan otak kita juga. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007, para ahli memberikan simpanse dewasa, simpanse remaja, dan mahasiswa tes kognitif yang sama. Ujian itu melibatkan mengingat daftar angka, dari 1-9, yang ditampilkan di monitor layar sentuh.

Simpanse dan manusia sama-sama melihat angka di lokasi mereka kurang dari satu detik. Kemudian mereka diminta untuk mengingat di mana angka-angka itu dan menunjukkannya kepada para peneliti. Primata dewasa dan manusia melakukan hal yang sama. Namun, simpanse-simpanse muda membuat mereka terasa gak ada apa-apanya. Mereka mengingat setiap lokasi nomor dengan akurasi yang jauh lebih baik. Para peneliti berpikir bahwa simpanse-simpanse muda ini menggunakan jenis memori fotografi, yang memungkinkan diri mereka mengingat gambar dengan akurasi yang sangat tinggi, bahkan walaupun mereka hanya meliriknya selama sepersekian detik.

2. Kambing

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!largestfastestsmartest.co.uk

Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa kambing jauh lebih pintar daripada perilaku dungu mereka biasanya. Akhirnya, sekelompok peneliti di Australia memutuskan untuk menempatkan hewan-hewan lumbung ini untuk diuji. Untuk melakukannya, mereka menyiapkan alat yang menahan buah di ujungnya. Untuk mengakses camilan yang lezat, kambing harus menggunakan gigi mereka untuk menarik tali ke bawah, yang mengaktifkan tuas, yang harus mereka angkat dengan mulut mereka. Jika mereka bisa mengetahui semua itu, buah itu milik mereka.

9 dari 12 kambing sukses menjalani tugasnya setelah sekitar 4 kali mencoba. Ketika para peneliti “menyuruh” semua kambing mencoba lagi 10 bulan kemudian, mayoritas masih ingat bagaimana cara kerja sistem yang diberlakukan.

3. Gajah

Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!africa.cgtn.com

Siapa pun yang berinteraksi dengan gajah tahu bahwa hewan-hewan ini sangat pintar. Tapi seberapa pintar mereka? Para ahli telah melakukan banyak penelitian tentang hal ini. Orang menemukan bahwa gajah dapat memahami perbedaan antar bahasa dan apakah seorang pria, wanita, atau anak sedang berbicara.

Bagaimana mereka tahu? Di Afrika, hanya suku-suku tertentu yang memburu gajah. Para ahli memutar rekaman grup yang memburu mereka dan yang tidak. Ketika gajah mendengar rekaman kelompok pemburu gajah, mereka menjadi takut dan menjauh dari tempat suara itu berasal. Ketika mereka mendengar bahasa kelompok yang tidak memburu mereka, mereka tidak bergerak atau mengubah disposisi mereka. Kemudian, peneliti memutar rekaman bahasa yang membuat mereka takut, tetapi termasuk wanita, anak-anak, dan pria. Gajah-gajah hanya menjadi takut ketika suara itu berasal dari laki-laki, karena mereka yang melakukan perburuan.