Comscore Tracker

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannya

Banyak yang klaim demikian, ketahui riset ilmiahnya

Pernah dapat iklan minyak kemiri untuk mempertebal rambut di medsos? Kamu gak sendirian! Banyak orang mendapatkan iklan ini menjadi penasaran seberapa berefeknya penggunaan minyak kemiri pada rambut.

Minyak kemiri banyak digunakan sebagai produk kecantikan untuk rambut dan kulit kepala. Kini banyak merek penyubur dan penumbuh rambut menggunakan bahan dasar minyak kemiri.

Masalahnya, apakah minyak kemiri bisa benar-benar berfungsi untuk itu? Melansir Healthy Focus, baca penjelasan ilmiahnya di sini!

1. Metode penggunaan minyak kemiri untuk perawatan kulit kepala sebenarnya telah dikenal sejak zaman dahulu

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyaoilhealthbenefits.com

Kemiri adalah tanaman tropis dan bisa ditemukan di berbagai belahan dunia beriklim tropis. Di tempat-tempat tersebut minyak kemiri telah digunakan sejak lama sebagai penyubur rambut.

Misalnya saja orang Hawaii, yang lebih mengenalnya dengan nama kukui. Mereka telah menggunakan minyak kukui untuk perawatan kulit dan pelembab alami, sejak mereka tahu kacang kukui bisa diambil ekstraknya dengan memanggangnya.

2. Awalnya orang Indonesia dan Hawaii menggunakan minyak kemiri sekadar untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyavaluefood.info

Kebiasaan adat ini dilakukan oleh kedua masyarakat tersebut sejak ratusan tahun lalu. Minyak kemiri juga mereka fungsikan untuk melindungi kulit dari angin kering dan air asin, mengingat keduanya hidup sebagian besar dari hasil melaut.

Penggunaan minyak ini sempat terlupakan, namun di era modern ini mulai diingat dan membooming kembali. Menarik, karena teknik ini terbilang teknik zaman "kuno", tapi digunakan kembali di era digital ini. Namun seberapa efektif penggunaan minyak ini?

Baca juga: [VIDEO] Seperti Inilah Bagian Dalam Tenggorokan Seorang Beatboxer

3. Ya, minyak kemiri bisa menyuburkan rambut dan memang bagus untuk kesehatan kulit kepala

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyastylecraze.com

Minyak kemiri cocok untuk semua warna rambut. Malah, minyak kemiri mampu mencerahkan dan mengintensifkan warna rambut lho. Dengan catatan, minyak kemiri makin berfungsi maksimal, jika semakin tinggi tingkat kemurniannya.

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyabulknaturaloils.com

Yang perlu kamu tahu, perawatan kulit kepala yang baik adalah perawatan yang mampu mengaktifkan folikel rambut dan mengurangi ketegangan kepala. Nutrisi yang terkandung di dalam minyak kemiri mampu membuat rambutmu mengilap. Selain itu juga mampu mengatasi masalah rambut rontok.

4. Ini hal penting yang perlu kamu tahu tentang cara kerja minyak kemiri untuk kebaikan rambut, secara ilmiah

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyaparadiseandscience.com

Minyak kemiri memiliki kandungan asam esensial yang sangat tinggi, bagus untuk membangun jaringan kulit dan rambut yang sehat. Linoleat dan linolenat di dalamnya, yang sangat bagus untuk rambut, lebih tinggi dibandingkan kebanyakan minyak perawatan rambut populer lainnya.

Berat molekulnya yang sangat rendah dibandingkan minyak lain memungkinkan minyak kemiri untuk menembus poros rambut sampai bagian terdalam. Kelebihan itu gak ditemukan pada minyak perawatan rambut populer lainnya.

Benarkah Minyak Kemiri Bisa Menebalkan Rambutmu? Ini Penjelasannyapinterest.jp

Kandungan dasar umum dari minyak kemiri antara lain adalah asam palmitik (6.5 persen), asam linoleat (44.2 persen), asam stearat (2.4 persen), asam linolenat (26.2 persen) dan asam oleat (20.7 persen). Yang perlu kamu lakukan hanya menemukan produk yang semurni mungkin agar manfaatnya maksmimal.

Kini setidaknya kamu tahu bahwa minyak kemiri memang bisa berfungsi untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut serta kulit kepala. Jadi, sekarang lebih tenang untuk menggunakannya, kan?

Baca juga: Ternyata Kita Mampu Mengatur Suara Kentut Sendiri! Ini Penjelasannya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya