Comscore Tracker

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!

Menunjang pendidikannya banget

Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, IDN Times akan membahas bahwa inovasi memang perlu terus dilakukan, agar peradaban bisa berkembang. Terkadang inovasi juga “terpaksa” harus dilakukan karena menyesuaikan kondisi alam yang berubah. Apapun tujuan inovasinya, seperti yang telah dilakukan tiap tahun, World Economic Forum (WEF) mengeluarkan daftar 10 negara paling inovatif dari segi sains dan inovasinya untuk tahun 2018. Negara mana saja yang masuk ke dalam daftar? Cek selengkapnya di sini mulai dari urutan nomor 10 sampai juaranya ya!

10. Israel tidak disangka-sangka berinvestasi besar pada keilmiahan

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Dan Gold

Berdasarkan indeks inovasi Bloomberg, Israel melakukan investasi terbesar di dunia dalam bidang penelitian dan pengembangan. Banyak penelitian dan inovasi mereka lakukan secara mandiri di negara mereka.

9. Perancis sangat serius dalam perkembangan teknologi

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Alex Holyoake

Berdasarkan data dari Forbes, Perancis telah mempersiapkan investasi pendanaan US$ 13 milyar atau sekitar 180 triliun Rupiah untuk inovasi teknologi. Ini terlihat bahwa Perancis tidak main-main soal perkembangan inovasi teknologi di negara mereka.

8. Denmark kini makin dikenal sebagai negara ramah lingkungan

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Nick Karvounis

Denmark memiliki sektor teknologi energi terbarukan yang paling berkembang di antara semua negara di dunia. Mereka mengembangkan berbagai cara untuk bisa mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan.

7. Finlandia memang sangat fokus pada keilmuan

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Alexandr Bormotin

Didapatkan dari Innovations Policy Platform, pemerintah Finlandia menetapkan keilmiahan sebagai prioritas strategis. Pemerintah yang sangat menggodok aspek ini membuat negaranya menduduki peringkat 7 dalam hal paling inovatif.

6. Jepang yang dulu cukup teratas dalam inovasi, kini punya sektor khusus

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Jezael Melgoza

Berdasarkan data dari Forbes, Jepang kini mengembangkan inovasi besar-besaran pada banyak perusahaan kelas menengahnya. Mereka memandang bahwa perusahaan kelas menengah bisa lebih fleksibel menerima inovasi yang merubah sistem secara drastis, karena risikonya lebih rendah.

Baca juga: [INFOGRAFIS] Ini Daftar “Sampah” yang Dibuang Manusia di Bulan

5. Swiss memang negara yang terdepan dalam hal penelitian

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Martin Sattler

Berdasarkan data dari Transfer Evaluation System (TES), Swiss memiliki banyak institut penelitian kelas dunia. Banyak perkembangan penelitian terkini datang dari Swiss, karena terfasilitasi dengan sangat baik.

4. Jerman sejak dulu dikenal dengan berbagai teknologinya yang canggih

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Cristina Gottardi

Berdasarkan Harvard Business Review, Jerman saat ini menikmati masa booming kemunculan banyak start-up yang berteknologi tinggi. Mereka memanfaatkan kecanggihan teknologi yang mereka punya untuk mengembangkan start-up yang menjamur.

3. Singapura terkenal dengan sistem pendidikannya yang bagus

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Khendi Lee

Indeks inovasi Bloomberg mencatat bahwa pendidikan di Singapura sangatlah excellent. Negara yang berukuran kecil ini dengan cepat berkembang dalam berbagai sektor.

2. Swedia memiliki mayoritas penduduk dengan tingkat pendidikan minimal perguruan tinggi

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Rob Bye

Kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat penduduknya sangat inovatif dalam berbagai sistem yang mereka terapkan. Inovasi yang berkembang pesat menjadi timbal balik manfaat untuk pendidikannya juga.

1. Korea Selatan adalah negara paling inovatif di dunia

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Hoil Ryu

Berdasarkan indeks inovasi Bloomberg, tingkat produktivitas yang sangat tinggi di Korea Selatan membuatnya berada di nomor satu. Inovasi yang tinggi, membuat Korea Selatan berkembang di berbagai sektor dengan pesat.

10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!unsplash.com/Daria Nepriakhina

Untuk pertama kalinya Amerika Serikat tidak berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar. Ini dikarenakan kinerja di sektor pendidikan sangat menurun drastis. Melihat semua negara yang masuk ke daftar ini, kira-kira menurutmu apa yang harus dilakukan Indonesia agar bisa masuk juga ke dalam daftar? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca juga: Inilah Daftar 7 Hewan Terpintar di Dunia Menurut Para Ahli!

Topic:

Just For You