Comscore Tracker

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasional

Potensi kita luar biasa, tinggal support system aja

"Ih, males ah beli produk dalam negeri, gak terjamin kualitasnya." — sedih sekali saat mengetahui masih beredar ucapan seperti ini, apalagi dalam konteks generalisir berdasarkan lokal atau impornya.

Bisa jadi mereka gak tahu bahwa Indonesia sudah menciptakan berbagai hal hebat, terutama dari para penelitinya. Karena masih menjamurnya anggapan bahwa ciptaan lokal tidak baik kualitasnya, akhirnya banyak hasil penelitian lokal justru dihargai secara internasional.

Zaman sekarang kita dipenuhi dengan berbagai kemudahan hasil penemuan berbagai ahli dan peneliti profesional. Disadari atau gak, beberapa hal yang kita jumpai atau gunakan sehari-hari itu ditemukan oleh orang Indonesia.

Jarang mendengar nama mereka? Ya, kemungkinan besar kamu jarang mendengarnya, tapi dunia mengenal mereka. 7 penemu Indonesia inilah yang justru diakui banget secara internasional!

1. Prof. Dr. Khoirul Anwar: penemu Teknologi Broadband

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionaltwiblue.com

Apakah ponsel dan kartu perdanamu sudah mampu menangkap jaringan 4G? Ternyata pria yang dianggap sebagai salah satu peneliti terbaik di Jepang ini adalah orang Indonesia.

WNI yang bekerja di Nara Institute of Science and Technology ini memiliki paten 4G berbasis Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM). Ya, teknologi broadband yang diciptakan menjadi langkah awal terciptanya mobile 4G LTE yang bisa digunakan di berbagai gadgetmu sekarang.

2. Yogi Ahmad Erlangga: penemu rumus matematika dalam berbagai masalah perminyakan

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionali-4.or.id

Berusia 31 tahun dan menempuh pendidikan di Delft University of Technology, Belanda, pria bernama lengkap Yogi Ahmad Erlangga tercatat sebagai doktor matematika termuda. Rumus yang ditemukannya untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan bahkan menarik perhatian perusahaan minyak dunia sekaliber Shell. Keren ya!

3. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo: penemu sistem pondasi cakar ayam

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalshopback.co.id

Pria yang dihormati di dunia ini menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Ia merupakan lulusan ITB tahun 1934.

Sistem yang ia ciptakan begitu stabil di atas lahan yang gak stabil, sehingga memungkinkan digunakan untuk banyak bangunan di seluruh dunia. Landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta juga menggunakan sistem ini.

Baca juga: Baju Limbah Kedelai Buatan Wanita Jogja Ini Mendunia, Indonesia Bangga!

4. Muhammad Nurhuda: penemu kompor rumah tangga ramah lingkungan

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalradarminggu.com

Pria yang merupakan dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang ini sukses menciptakan kompor ramah lingkungan. Setelah dites, "limbah" buangan kompor ini berada di bawah batas minimum yang ditetapkan WHO. Ciptaannya ini menarik perhatian negara-negara se Asia Pasifik dan Amerika.

5. Randall Hartolaksono: penemu bahan anti panas dan anti api dari singkong

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalinibaru.id

Pria ini diremehkan saat menelurkan ide-idenya. Termasuk ide untuk menciptakan bahan anti-panas dan anti-api dari kulit singkong. Pria lulusan University of London ini justru dihargai oleh perusahaan otomotif dunia seperti Petronas, Ford dan masih banyak lagi atas ide yang dianggap gila tersebut.

6. Tjokorda Raka Sukawati: penemu sistem penyangga jalan layang

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalbliblinews.com

Kalau kamu mengeluh saat terjebak kemacetan di jalan layang, bayangkan akan seberapa lebih macetnya jika gak ada jalan layang. Sistem penyangga jalan layang dibuat sejajar dengan jalanan di bawahnya dan bisa diputar dengan mudah untuk mengaturnya.

Sistem ini diakui dunia mampu menghemat tempat dan sangat mengefisiensikan transportasi. Sistem ini diciptakan oleh Tjokorda Raka Sukawati, orang asli Indonesia.

7. Warsito P. Taruno: penemu mesin pembunuh kanker

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalteknopreneur.com

Gak disangka, alat yang mampu membunuh sel kanker ternyata diciptakan oleh orang Indonesia, yaitu Warsito. Hasil uji coba Lab in Vitri menyatakan bahwa alat ciptaannya benar-benar bisa memerangi sel kanker pada tubuh penjangkitnya.

Alat ini diakui dan digunakan oleh Jepang, karena dinilai sebagai alat pelawan kanker yang paling efektif. Luar biasa ya!

7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasionalantiketombe.clear.co.id

Setelah melihat prestasi dan kebermanfaatan mereka semua, gak ragu kan bahwa orang Indonesia gak kalah dengan negara manapun. Terinspirasi?

Mereka yang sudah membuktikannya bisa menunjukkan bahwa kita pasti bisa jika berusaha. Mereka yang sejak dulu terbatas teknologinya saja bisa, harusnya kita jauh lebih bisa kan? Ayo, kita memajukan Indonesia bersama-sama!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: 11 Ilmuwan Indonesia yang Menciptakan Hal Hebat dan Dikenal di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya