Comscore Tracker

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!

Kamu bersedia mencobanya?

Mungkin memang gak ada yang namanya "man-flu". Hormon progesteron ternyata dapat meningkatkan fungsi paru-paru dari objek penelitian yang terinfeksi influenza dan mempercepat penyembuhannya. Jika semua orang bisa merespon dengan cara yang sama, para wanita juga bisa mendapatkan perlindungan parsial melawan infeksi pernafasan di tengah kehamilan, di tengah siklus menstruasi atau saat kapanpun mereka meminum pil kontrasepsi. Kok bisa? Baca selengkapnya untuk lebih detail!

Yang dimaksud di sini adalah semua kontrasepsi oral termasuk progesteron, walaupun beberapa juga menggunakan estrogen.

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!bestmedicinenews.org

Walaupun pil tersebut kadang diminum untuk alasan kesehatan yang gak berhubungan dengan pencegahan kehamilan, perlindungan paru-paru belum pernah menjadi pertimbangan alasannya. Kini hal tersebut bisa berubah, dengan publikasi jurnal dalam PLOS Pathogens, telah jelas dinyatakan bahwa ada respon mengejutkan ketika pemberian progesteron pada objek terserang flu.

Dokter dalam penelitian ini menemukan bahwa progestron gak mengubah tingkatan virus flunya, tapi mengurangi inflamasi dan kerusakan jaringan pada paru-paru.

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!lifehacker.com.au

Dr Sabra Klein dari Johns Hopkins University menyingkirkan ovarium dari tikus berusia 12 minggu dan memberikan mereka konsumsi mengandung progesteron atau berupa placebo. Objek yang diberikan progesteron terlihat bisa sembuh dengan lebih cepat dari virus yang menginfeksinya, terukur dari suhu tubuh dan fungsi paru-parunya.

Baca juga: Ada Alasan Ilmiah Kenapa Pria Perlu Masturbasi Setidaknya 21x Sebulan

Dosis yang Klein berikan disesuaikan dengan ukuran objek penelitiannya, seimbang dengan pengonsumsian kontrasepsi oral, yang sesuai tingkat normal setelah ovulasi.

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!dukehealth.org

Para resipien progesteron memilihi tingkatan sel T helper 17 (Th17) dan protein amphiregulin lebih tinggi. Sel-sel Th17 diketahui sebagai pathogen bersih dari permukaan sel mukosa, yang beberapa di antaranya terpengaruh akibat infeksi saluran pernafasan. Klein juga mencoba memasukkan amphiregulin ke tikus yang belum diberikan progesteron dan ternyata menunjukkan manfaat serupa. Manfaat utama dari amphiregulin diketahui ketika tikus yang kurang bisa memproduksinya, gagal mendapatkan manfaat apapun dari dosis progesteron yang diberikan.

Keuntungannya bisa jadi gak dibatasi pada virus spesifik tertentu.

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!healthline.com

Penelitiannya mencatat bahwa progesteron menunjukkan hasil dalam pengurangan inflamasi baik dalam penelitian hewan hingga ke tingkatan sel. Para penelitinya meyakini bahwa hasil penelitian ini akan membuat konsumsi kontrasepsi berbasis progesteron makin tinggi dan mempermudah pengenalannya ke negara-negara yang masih dibatasi dalam peredarannya.

Meskipun begitu, hubungan antara flu dan progesteron berjalan ke dua arah. Klein sebelumnya menemukan bahwa viru flu tipe A menekan produksi hormon reproduktif di tikus betina yang gak mendapatkan suplemen buatan, membuat infeksinya makin memburuk. Jika gak terkontrol, bisa membuat ketergantungan pada suplemen progesteron buatan.

Ternyata Pil Kontrasepsi Bisa Membuat Kamu Cepat Sembuh dari Flu!harfordcountyhealth.com

Inklusi dari kontrasepsi dalam rencana asuransi kesehatan menyebabkan perdebatan politik di tahun 2012. Sepertinya pandangan tersebut akan mulai berubah ketika para dokter mulai menasihati orang-orang, termasuk pria, untuk menggunakan progesteron sebagai cara mempercepat penyembuhan dari flu. Kamu bersedia melakukannya jika sedang flu?

Baca juga: Seperti Apa Sih Rasa Daging Manusia? Secara Ilmiah Bisa Dijelaskan!

Topic:

Just For You