Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!

Hidup sehat gak boleh sembarangan

Banyak orang sudah menetapkan keputusannya apakah mereka butuh susu dalam pola makan mereka dan jawabannya konkrit "ya" atau konkrit "gak". Namun, nutrisi itu berdasarkan sains bukan pendapat. Jadi, berikut adalah penelitian terbaru mengenai hal ini yang dilakukan oleh Sophie Medlin, dosen ahli diet dan nutrisi di King's College London.

Susu itu sangat unik, gizinya banyak dan awalnya sejak bayi semua tubuh orang bisa menerimanya.

Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!milkgenomics.org

Susu adalah produk konsumsi yang menarik. Gula di dalamnya disebut dengan laktosa. Laktosa membutuhkan kimia atau enzim yang disebut dengan laktase untuk memungkinkannya diedarkan di dalam tubuh melalui aliran darah. Ketika kita masih bayi, kita memproduksi banyak enzim laktase yang memungkinkan kita menyerap gizi air susu ibu kita.

Kemampuan mencerna susu juga tergantung pada kebiasaan berdasarkan faktor geografisnya, gak semua orang bisa menerima susu.

Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!thespiritscience.net

Dalam populasi yang konsumsi susunya sangat rendah menurut statistik sejarahnya, seperti Jepang dan Tiongkok, kebanyakan anak kecil akan berhenti memproduksi laktase segera setelah disapih. Ini terjadi di mayoritas populasi yang menyebabkan mereka gak bisa menyerap laktosa di dalam susu. Kondisi ini dinamakan "intoleran laktosa".

Baca Juga: Gambaran Ngeri Kalau Planet Venus Lebih Mirip Neraka Daripada Hunian

Orang yang tubuhnya mampu menerima susu dan gak menimbulkan reaksi negatif apapun hanya berjumlah 5 persen dari keseluruhan populasi.

Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!sheknows.com

Dalam populasi di mana konsumsi susu selalu tinggi, seperti di Eropa, kebanyakan orang dewasa tetap memproduksi laktase sepanjang hidupnya dan bisa mencerna susu apapun dengan bahagia serta tanpa masalah. Orang-orang ini hanya berjumlah 5 persen bila dibandingkan dengan mereka yang intoleran laktosa.

Apakah susu penting untuk manusia? Jawabannya adalah penting bagi mereka yang tubuhnya bisa menerima seutuhnya dan harus cari penggantinya bagi yang tubuhnya intoleran.

Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!health-bath.co.uk

Kondisi bisa tetap memproduksi laktase sampai usia dewasa sebenarnya adalah variasi genetik yang menjadi umum karena bisa menoleransi kandungan susu memiliki beberapa keuntungan. Susu adalah sumber yang baik dari protein, energi, kalsium, fosfat, vitamin B kompleks dan iodin. Hal tersebut berarti mereka yang mengalami mutasi genetik bisa lebih sehat dan bisa lebih produktif dalam menghasilkan keturunan dibandingkan mereka yang gak bisa menoleransi susu. Sehingga jumlah dari mutasi genetik ini meningkat dari waktu ke waktu.

Sebenarnya Manusia Dewasa Butuh Minum Susu Gak Sih? Ini Jawabannya!yogurtinnutrition.com

Gejala dari intoleran laktosa itu termasuk masuk angin, pusing, mual, kembung dan diare. Jadi kalau kamu gak mengalami apapun dari gejala di atas setelah minum susu, maka kamu gak perlu khawatir. Tes sederhananya hanya meminum segelas susu dan melihat reaksi setelahnya. Bahkan jika kamu merasa mulas dengan cepat itu artinya kamu intoleran terhadap susu. Jangan dipaksakan, ini bukan soal elit atau gak dalam meminum susu, ini soal perbedaan gen.

Baca Juga: Pagar Pembatas Jalan Paling Aman yang Pernah Ditemukan, Cuma Pakai Galon Lho!

Topic:

Just For You