Comscore Tracker

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!

Seakan kamu gak belajar dari kesalahan

Pernahkah kamu penasaran apa persamaan yang dimiliki semua mantanmu? Dan bagaimana mereka bisa berbeda dengan orang-orang yang belum pernah menjalin hubungan denganmu?

Orang-orang yang pernah menjalin hubungan dengan seseorang yang sama itu punya banyak kesamaan — baik secara fisik maupun secara kepribadian — ini berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan di UC Davis. Temukan semua penjelasan ilmiah tentang mantanmu di sini!

1. Penelitiannya menemukan bahwa kesamaan mantanmu muncul bisa karena kualitas pendidikannya ataupun ketaatan agamanya

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!thoughtcatalog.com

Untuk kualitas yang bisa diamati seperti tingkat kemenarikan, kesamaannya muncul karena orang yang menarik akan "menggoda" orang yang menarik lainnya. Namun para peneliti mengatakan bahwa untuk kualitas yang sangat bervariasi tergantung di mana kamu tinggal (misalnya pendidikan atau agama). Kesamaan bisa muncul karena orang berpendidikan atau taat beragama cenderung akan bertemu satu sama lain, bukan karena orang berpendidikan atau beragama secara aktif mencari satu sama lain.

2. Penelitian terhadap hubungan heteroseksual ini dinilai kuat karena dilakukan selama beberapa tahun dalam 1.000 hubungan

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!lisaforce.com

Pimpinan penelitian ini, Paul Eastwick yang merupakan profesor psikologi muda di UC Davis menjawab "ya" ketika ditanya apakah orang memiliki tipe tertentu. Namun ia menambahkan bahwa terkadang itu menunjukkan keinginan personal dan menunjukkan di mana kamu tinggal. Penelitian ini dipublikasi secara online di Journal of Personality and Social Psychology of the American Psychological Association yang bisa ditemukan di sini.

Jurnal tersebut, yang mencakup tiga penelitian berbeda, meneliti karakteristik orang dalam 1000 hubungan heteroseksual yang terjalin saat ini dan masa lampaunya. Informasi yang ada secara sukarela dikumpulkan melalui situs media sosial dan wawancara langsung selama beberapa tahun terakhir, mulai dari tahun 2014.

Baca Juga: Kenapa Manusia Bisa Merasa Bosan? Ini 7 Proses Ilmiahnya, Menurut Ahli

3. Para peneliti menemukan bahwa tipe pasangan yang dipilih seseorang itu punya kualitas serupa walaupun untuk hubungan jangka pendek atau kasual

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!kodiextv.com

Di salah satu penelitiannya, para peneliti menemukan bahwa semua pasangan masa lalu seseorang memiliki kualitas fisik yang serupa. Ini ternyata memang benar walaupun pasangannya adalah pada hubungan jangka pendek atau kasual.

Menurut penelitiannya, sepanjang proses seleksi pasangan, orang akan mengalami kesulitan membedakan pasangan yang hanya mencari hubungan kasual atau jangka pendek dengan pasangan yang memang berniat jangka panjang dan berkomitmen. Eastwick mengatakan bahwa walaupun kecerdasan atau level pendidikan seseorang itu berpengaruh, seringkali justru yang diutamakan adalah di mana orang tersebut menjalani pendidikannya atau di bidang apa mereka bekerja.

4. Penyebab kesamaan pada mantan itu ternyata tergantung pada tempat mereka mengenyam pendidikan atau lingkungannya berkembang

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!huffingtonpost.ca

Penelitian kedua melihat para mantan dari beberapa ratus dewasa muda yang di-sampling dari banyak sekolah di segala penjuru Amerika Serikat. Para mantan dari orang tertentu cenderung serupa dalam variabel seperti pendidikan, tingkat ketaatan agama dan kecerdasannya.

Namun tipe kesamaan ini dikarenakan sekolah tempat mereka mengenyam pendidikan. Dalam konteks sekolah lokal mereka, orang gak lagi atau cenderung kurang mencari pasangan yang berpendidikan, cerdas atau taat beragama.

Terbukti Secara Ilmiah, Ternyata Semua Mantanmu Punya Kesamaan Lho!exlovebackmantras.com

Penelitiannya berbeda dari kebanyakan penelitian lainnya yang terkait penjalinan hubungan karena penelitian ini mensurvey hubungan orang dari waktu ke waktu, gak hanya dalam satu komitmen hubungan, begitulah menurut Eastwick. Penelitian ini didukung sebagian dalam izin dari National Science Foundation di Amerika Serikat. Jadi, kalau kamu lihat ulang, apa saja kesamaan semua mantanmu? Waduh, jadi membuka luka lama ya? Anggap saja itu sebagai petunjuk tipikal pasanganmu selanjutnya!

Baca Juga: Yakin Dirimu Yang Terbaik? 6 Penjelasan Ilmiah Ini Buktikan Sebaliknya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You