Comscore Tracker

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahun

Sudah dibuktikan secara ilmiah melalui riset terpanjang

Bagi kamu yang kesulitan mengingat memori semasa remaja, tenang saja karena itu wajar, ternyata bukan hanya tubuhmu yang mengalami perubahan seiring bertambahnya usia, tapi kepribadianmu juga bisa berubah secara drastis. Kok bisa? Ini penjelasan lengkapnya yang perlu kamu tahu!

1. Penelitian ini dianggap sebagai yang menghabiskan waktu terlama di bidang kepribadian manusia.

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahunnetdoctor.co.uk

Penelitian terlama ini mengungkap bahwa ada perubahan besar dalam kepribadian dari usia muda ke tua, kamu bisa jadi gak hanya terlihat berbeda tapi juga dirasa sebagai orang yang benar-benar berbeda antara usia 14 dan 77 tahun.

2. Bagaimana cara meneliti perbedaan kepribadian yang drastis tersebut?

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahunalpientertainment.com

Para peneliti dari University of Edinburgh di Inggris menganalisa hasil dari penelitian tahun 1947 yang menyertakan remaja Skotlandia berusia 14 tahun sejumlah 1208 orang dan membuat guru mereka mengukur kepribadian mereka. 60 tahun kemudian, 635 mantan responden penelitian yang masih dikontak itu dihubungi kembali untuk melakukan tes ulang, ada 174 orang yang setuju melakukannya lagi.

Baca Juga: 6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumi

3. Hasil dari tes yang menghabiskan lama waktu lebih dari 6 dekade tersebut ternyata mengejutkan dan mematahkan semua hipotesis tentang perkembangan kepribadian.

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahunsixtyandme.com

Pada usia rata-rata semuanya menginjak 76,7 tahun, kelompok tersebut diminta menilai diri mereka sendiri pada penilaian kepribadian. Kemudian meminta teman terdekat atau keluarganya untuk melakukan hal yang sama.

Ketika hasil tesnya dibandingkan dengan saat mereka masih berusia 14 tahun, ditemukan gak ada korelasi kepribadian sama sekali, semuanya secara total berbeda. Ternyata hasil ini mematahkan semua hipotesis tentang korelasi perkembangan kepribadian yang stabil sepanjang usia, karena memang dibutuhkan jangka waktu usia lebih dari 6 dekade untuk merasakan perubahan drastisnya.

4. Lalu apa kesimpulan dari penelitian tentang perubahan kepribadian drastis ini?

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahunblog.cubeacon.com

Hasil penelitian ini dapat menjadi tanda bahwa gak hanya sel tubuh kita yang secara konstan digantikan sepanjang hidup. Jalan pikir kita, tindakan, kebiasaan, perilaku dan emosi ternyata gak menetap pada suatu karakteristik sebagaimana yang selama ini dipercayai.

Penelitian Buktikan: Kamu Adalah Orang Berbeda Saat Usia 14 & 77 Tahunhuffingtonpost.co.uk

Ini juga berarti bahwa pembacaan karakter berdasarkan banyak hal seperti zodiak, golongan darah, hari lahir dan sebagainya itu gak mutlak, saklek atau konstan. Namun bisa berubah seiring berjalannya waktu. Itu artinya, hakikat manusia sebagai pembelajar dan bisa berubah menjadi karakter yang lebih baik itu benar berlaku. Bukannya lebih baik memang begitu kan?

Baca Juga: Ini 5 Bahan Kimia Non-nuklir Paling Eksplosif yang Pernah Dibuat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You