Comscore Tracker

Video Bayi Iguana Dikejar Sekumpulan Ular Ini Viral Karena Lebih Seru dari Film Bioskop

Ini fakta sains dalam video ini yang wajib kamu tahu!

Bayi-bayi iguana terlihat berlari kabur dari sekumpulan ular pesisir dalam adegan horor yang ditampilkan oleh Planet Earth II, salah satu serial dokumenter BBC. Adegan dramatis ini menakuti banyak penonton, yang setia menunggu kembalinya acara dokumenter BBC yang dinarasikan oleh David Attenborough.

Episode pertama dari Planet Earth II disebut-sebut sangat fenomenal, dengan sinematografi yang luar biasa, adegan yang intens dan ditemani komposisi musik menakjubkan dari Hans Zimmer yang menambah keseruannya.

"Planet Earth II: Iguana vs Snakes" sebagai episode pertama serialnya dinilai sudah menyerupai sebuah film layar lebar karena keseruannya.

Klip ini difilmkan di Pulau Fernandina, di Kepulauan Galapagos, dilabeli "contoh mimpi buruk" oleh banyak penonton yang berkomentar lewat Twitter, gak percaya bahwa itu adegan asli. Begitu iguana-iguana yang baru lahir itu keluar dari bawah pasir (di mana telur iguana laut ditanam), berlusin-lusin predator mematikan siap untuk menerkam mereka.

Meskipun ada beberapa yang sukses kabur, lebih banyak yang tertangkap ular dalam gigitan kencang rahang mereka. Kemudian mereka melilitkan tubuh panjangnya di bayi-bayi iguana tersebut sebelum akhirnya meremukkan mereka hingga mati dengan cara yang brutal.

Pengetahuan sains: Iguana pesisir menetas di dalam pasir pantai pada sekitar bulan Juni dan harus menghadapi seleksi alam pertamanya ketika berusaha menemukan induk mereka di ujung bebatuan tepi samudera.

Video Bayi Iguana Dikejar Sekumpulan Ular Ini Viral Karena Lebih Seru dari Film Bioskopindependent.co.uk

Iguana pesisir yang merupakan salah satu spesies langka dilingungi ini adalah jenis iguana yang hanya terdapat di Kepulauan Galapagos. Berbeda dengan iguana lain, iguana jenis ini bisa menyelam di laut hingga kedalaman lebih dari 9 meter. Mereka hanya makan ganggang hijau dan semacamnya. Setiap akhir hingga awal tahun mereka menguburkan telurnya di pasir pesisir pantai di balik bebatuan.

Video Bayi Iguana Dikejar Sekumpulan Ular Ini Viral Karena Lebih Seru dari Film Bioskopbbc.co.uk

Pada pertengahan tahun, bayi-bayi ini akan menetas dan langsung harus siap menghadapi seleksi alam pertama mereka. Bayi-bayi iguana pesisir mencoba mencari jalan untuk menemukan induk mereka di tepi Samudera Pasifik saat mereka direkam dalam film ini pada bulan Juni. Saat itulah yang merupakan kesempatan berpesta paling ditunggu oleh para ular pesisir dalam setahun.

Video Bayi Iguana Dikejar Sekumpulan Ular Ini Viral Karena Lebih Seru dari Film Bioskopmirror.co.uk

Menurut BBC, ini adalah pertama kalinya ular-ular terlihat berburu dalam kelompok. Normalnya ular adalah hewan yang individual. Oleh karena itu di sini mereka gak bekerja sama. Dalam klip dapat dilihat adanya beberapa ular yang saling bertabrakan dalam pengejaran. Ketika mangsanya tertangkap, terlihat bahwa satu mangsa memang untuk satu ular.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kucing Bisa Selamat Saat Jatuh dari Ketinggian Lebih dari 7 Lantai!

Satu adegan yang paling disorot dalam episode pertama "Planet Earth II" adalah adegan bayi iguana pesisir dan ular-ular pesisir, yang menarik perhatian publik dan dibagikan secara viral di berbagai media sosial.

Video Bayi Iguana Dikejar Sekumpulan Ular Ini Viral Karena Lebih Seru dari Film Bioskopbbc.co.uk

Menurut editor videonya, Matthew Meech, saat diwawancara oleh The Independent, ada banyak sekali adegan bagus yang menggambarkan lengkap kehidupan iguana pesisir, tapi mereka memfokuskan pada adegan pengejaran yang terlihat sangat seru. Adegan di balik layar sebagai tambahan film tersebut yang diungkap BBC menunjukkan lebih banyak bayi iguana kasihan yang tertangkap ular-ular tersebut.

Meech juga bercerita bahwa para videografer mengambil gambar adegan dalam kecepatan sangat tinggi. Menurut mereka di situlah keseruan pekerjaan tersebut karena berburu waktu dengan adegan yang berlangsung sangat cepat. Sehingga dalam kehidupan nyata, kecepatannya berkali-kali lipat yang tertampil di video.

BBC juga mengabadikan momen di balik layar pengambilan gambar serial "Planet Earth II" terutama pada klip iguana pesisir yang berusaha kabur dari para ular.

Saat para kru melihat ular-ular itu untuk pertama kalinya, mereka pun terlalu terkejut untuk bisa merekamnya - dan pembawa acaranya, David belum pernah melihat sesuatu seperti itu juga - menurutnya. Selain itu, sepertinya para penonton yang menyaksikannya sama-sama ikut ketakutan - membandingkannya dengan adegan-adegan film aksi yang seru.

Meech mengatakan bahwa sangat susah mengambil gambar hewan-hewan tersebut saat mereka berlari dan berusaha membuat kamera tetap fokus. Ada beberapa kali pada adegan yang kehilangan fokus, tapi itu gak masalah, karena momen intensnya tetap terambil. Musik dan desain audionya juga mengambil peranan penting dalam klip film ini. Semua orang mengerjakan bagiannya di video ini dengan sangat luar biasa seperti sebuah film layar lebar. Keren ya!

Video secara lengkapnya, kamu bisa lihat di sini. 

Baca Juga: Kalahkan Ilmuwan, Anak Usia 13 Tahun Ini Berhasil Ciptakan Printer LEGO Braille

Topic:

Just For You