Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFi

Selain jenius, juga dijuluki wanita paling cantik dalam film

Pencapaian teknologi yang mengesankan ini dikombinasikan dengan bakat akting dan kualitas bintangnya menjadikannya dijuluki sebagai wanita paling cantik di layar film, juga sebagai salah satu wanita paling menarik dan cerdas di industri film.

Hedy Lamarr dengan berbagai bakat dan intelektualnya, menemukan cikal bakal WiFi yang kini sering kita pakai sehari-hari. Berikut fakta menarik tentang Hedy Lamarr, simak ya!

1. Aktris Amerika yang lahir di Austria

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFipixabay.com/Flybynight

Dilahirkan dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler pada 9 November 1914, di Wina, Austria. Pada usia 17 tahun, Hedy membintangi film pertamanya. Saat membintangi film Algiers (1938) di Hollywood, ia secara resmi mengubah namanya menjadi Hedy Lamarr.

2. Disebut "the most beautiful woman in films"

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFicommons.wikimedia.org/wiki

Sering disebut sebagai wanita paling cantik dalam film, pesona kecantikan Hedy Lamarr di layar lebar menjadikannya salah satu aktris paling populer pada zamannya. Seolah-olah menjadi seorang aktris yang cantik dan berbakat tidak cukup, Hedy juga sangat cerdas.

Baca Juga: Alexander Fleming: Penemu Penisilin sebagai Antibiotik Modern

3. Ilmuwan yang menemukan cikal bakal WiFi

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFiwikimedia.org/Dishonored_Lady

Selain sebagai aktris, Hedy Lamarr juga dikenal sebagai seorang ilmuwan. Dia ikut menciptakan teknik awal untuk penyebaran komunikasi spektrum, kunci bagi banyak komunikasi nirkabel saat ini yang kemudian berkembang dan kita kenal sebagai WiFi. 

4. Mematenkan secret communication system

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFiwikimedia.org/commons

Selain pencapaian filmnya, Hedy mematenkan gagasan yang kemudian menjadi penopang komunikasi militer yang aman dalam teknologi ponsel. Pada tahun 1942, Hedy dan komposer George Antheil mematenkan yang mereka sebut Secret Communication System.

5. Menikah 6 kali, meninggal pada usia 86 tahun

5 Fakta Menarik Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan Penemu WiFiwikimedia.org/commons

Hedy Lamarr menikah enam kali. Dia memiliki dua anak kandung dengan suami ketiganya, selain itu juga mengadopsi seorang putra. Pada tahun 1953, Lamarr resmi menjadi warga negara Amerika. Dia meninggal di Florida pada 19 Januari 2000,  memasuki usia 86 tahun.

Menarik bukan fakta tentang aktris sekaligus ilmuwan Hedy Lamarr, penemu cikal bakal WiFi yang sering kita pakai sehari-hari. Di mana ternyata seorang aktris cantik dan jenius, pasti jadi idola kalian kan?

Baca Juga: 5 Fakta James Watt, Ilmuwan Paling Berpengaruh di Abad 18

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya