Comscore Tracker

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkungan

Sudakah kita peduli akan lingkungan?

Pemanasan global tidak hanya berdampak pada cuaca, atau berapa banyak bencana alam yang disebabkan oleh pemanasan global. Namun tanpa kita sadari pemanasan global juga berdampak negatif pada kesehatan manusia. Inilah lima efek pemanasan global pada manusia!

1. Orang lebih mudah depresi

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkungantheplectrums.co.uk

Dikutip dari Science Daily, bahwa bencana alam banjir juga terpengaruhi oleh pemanasan global. Tidak hanya itu, badai juga terpengaruh oleh sistem cuaca yang tidak teratur. Dengan adanya banyak bencana alam, orang-orang yang menjadi korban lebih rentan mendapatkan depresi.

Pasalnya memori yang mereka dapatkan adalah kehilangan seseorang, atau tempat tinggal. Hal ini juga menyebabkan banyak orang memiliki krisis identitas sebagai manusia.

2. Sistem kekebalan seseorang menurun

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkunganindependent.co.uk

Pergantian cuaca yang tidak menentu juga dapat mengakibatkan seseorang memiliki asma, atau penyakit lainnya. Pasalnya serbuk sari yang terdapat pada tanaman juga dapat memberikan orang alergi yang mengganggu sistem pernafasan.

Selain itu, oleh karena stres yang berkepanjangan sistem kekebalan seseorang juga dapat menurun. Hal seperti mulai kekurangan energi saat beraktivitas dapat terlihat. Sehingga manusia akan sangat rentan terkena oleh sakit-penyakit. 

Baca Juga: Ide Unik Para Ilmuwan Ini Bisa Menyelamatkan Bumi dari Pemanasan Global

3. Efek kepanasan

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkungandream.co.id

Jika suhu terlalu panas, maka manusia juga dapat mengalami dehidrasi, tidak hanya itu proses dehidrasi yang terlalu ekstrem juga dapat mengakibatkan kematian. Di beberapa daerah dunia, cuaca yang sangat panas dapat mempengaruhi sistem pikiran manusia. Di keadaan cuaca yang sangat panas, orang lebih tidak bisa tidur, atau istirahat yang cukup. 

Tidak hanya itu, ketika seseorang juga tidak dapat menemukan tempat untuk berlindung dari cuaca yang terlalu panas, manusia juga akan memiliki pemikiran negatif, seperti bunuh diri, hal ini adalah dampak dari depresi.

4. Pengaruh pada nutrisi

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkungantheguardian.com

Pemanasan global juga berdampak pada nutrisi untuk kesehatan manusia. Karena cuaca yang sangat ekstrem, dan suhu air laut yang memanas, maka beberapa jenis ikan tidak dapat di dapatkan. Hasilnya nutrisi yang bisa di dapatkan oleh hasil ikan laut juga dapat menurun. Selain pada hasil ikan laut, potensi gagal panen juga berpengaruh pada bahan pokok lainnya seperti padi, sehingga banyak orang yang juga mengalami kelaparan.

Karena nutrisi yang terbatas, maka sakit penyakit semakin mudah tertular, dan perubahan suhu tubuh pada manusia pun juga dapat mengakibatkan seperti penyakit jantung.

5. Pengaruh pada interaksi manusia

5 Efek Pemanasan Global di Kesehatan, Yuk Lebih Peduli Pada Lingkunganguideposts.org

Menurut Global News, pemanasan global yang ekstrem menyebabkan manusia lebih cenderung mengurung diri pada rumahnya. Tidak hanya itu, proses ini juga memiliki dampak depresi, dan kegelisahan yang tinggi. 

Dikarenakan proses evakuasi yang terdapat pada bencana alam, proses menerima lingkungan yang baru juga memberi manusia dampak negatif dan trauma, seperti homesick meskipun telah berada di dalam rumahnya sendiri.

Dan itulah lima efek pemanasan global pada manusia. Coba bayangkan dalam 10 atau 20 tahun ke depan, bisa jadi efek pemanasan ini akan lebih parah. Karena itu mulai sekarang, yuk diet plastik dan sedotan. Matikan juga energi yang tidak diperlukan, semua demi bumi kita lebih indah lagi.

Baca Juga: Krisis Mengintai, Pemanasan Global Akibatkan Volume Air Tanah Menyusut

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You