Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukis

Tetap menginspirasi meski dilanda kesedihan

Frida Kahlo merupakan tokoh wanita dunia yang paling dihargai. Kisahnya bagaikan roller coaster kehidupan. Di sisi lain, wanita kelahiran Meksiko ini seakan terus memberi semangat kepada wanita saat ini. Berikut adalah 5 fakta menarik dari Frida Kahlo yang dapat memberi semangat hidupmu! 

1. Lahir dari keluarga multicultural

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukisfridakahlo.it

Frida Kahlo lahir di Meksiko pada 6 July 1907, ayahnya Wilhelm merupakan photographer asal Jerman yang menikah dengan Matilde, dikutip dari Biography. 

Matilde sendiri memiliki keluarga multicultural, dengan latar belakang Native American, dan Spanyol. Latar belakang yang beragam ini membuat Frida kerap mencari pengetahuan yang lebih luas. 

Pada saat berusia 6 tahun, Frida mengidap polio yang mengakibatkan kaki kanannya tidak sempurna. Namun sang ayah tetap memberinya semangat untuk tetap aktif, kegiatan yang dilakukannya usai sembuh adalah bermain bola, berenang, hingga gulat. Kegiatan itulah yang membuat Frida kecil lebih cepat mengalami pemulihan. 

Kahlo sangat dekat dengan sang ayah, dirinya kerap membantu Wilhelm dalam studio foto miliknya, dikutip dari Britannica. Selain itu, dirinya juga memiliki kelas seni, dan memiliki ketertarikan pada dunia science

Wanita kelahiran Meksiko ini mengganti tahun lahirnya menjadi 1910, alasannya agar orang melihatnya sebagai orang Meksiko modern, revolusi Meksiko terjadi pada tahun 1910-1920. 

2. Mahir dalam bidang seni dan akademis

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukisnytimes.com

Frida Kahlo tergolong anak yang cerdas, dirinya berhasil masuk ke National Preparatory School pada tahun 1922 di mana laki-laki adalah murid dominan. Hanya 35 murid wanita yang berhasil masuk dalam sekolah tersebut. 

Di National Preparatory School Frida juga terlibat dalam beberapa debat sekolah, di mana dirinya bertemu dengan Diego Rivera seorang seniman. 

3. Hidupnya penuh dengan kecelakaan

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukisartsy.net

Alejandro Gómez Arias dan Frida sedang bepergian bersama ketika bus mereka mengalami kecelakaan pada 17 September 1925, dikutip dari History, dan Britannica. Kecelakaan ini menyebabkan wanita Meksiko ini mengalami operasi sebanyak 30 kali, dirinya mengalami patah tulang bagian pelvis, rusuk, dan selangka.

Dalam keadaan berbaring di rumah sakit dirinya tidak berhenti menyerah, di situ lah karya seni anak dari Matilde, dan Wilhelm ini menemukan bakat seninya. 

Akibat kecelakaan ini kandungan Frida Kahlo tidak pernah berhasil. Namun akibat ini anak ketiga dari empat bersaudara ini justru menghasilkan 55 karya yang menggambarkan kisah pilunya, dikutip dari website Frida Kahlo.

Baca Juga: 10 Potret Rennis, Seniman Tato yang Digosipkan Jadi Pacar Jungkook BTS

4. Menemukan cinta bersama Diego Rivera

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukisbiography.com

Frida Kahlo menikah dengan seorang seniman Diego Rivera pada tahun 1929, namun keduanya bercerai pada tahun 1939. Pernikahan ini justru membuktikan cinta sejati kedua insan ini, di tahun 1940, keduanya memutuskan untuk menikah lagi, seperti yang dikutip dari Biography. 

Diego Rivera merupakan suami Frida Kahlo sepanjang hidupnya dari gadis muda, hingga meninggalnya sang ikon.

5. Tetap berkarya hingga akhir hidupnya

5 Fakta Menarik dari Frida Kahlo, Bukan Hanya Seorang Pelukisiconichouses.org

Hingga akhir hidupnya Frida Kahlo tetap berkarya, melalui gambar semangka miliknya yang berjudul Viva la Vida (berumur panjang). Frida menuangkan seluruh kesulitan hidupnya melalui gambar semangka, dikutip dari The Vintage News. 

Akibat kecelakaan yang dialaminya Frida kerap memiliki gangguan kesehatan yang semakin memburuk dengan bertambahnya usia. Kutipan terkenal dari Frida Kahlo sebelum ajal menjemput adalah "I hope the exit is joyful—and I hope never to return.

Yang berarti, saya harap jalan keluarnya menyenangkan dan saya harap tidak akan pernah kembali. Frida meninggal di rumah dirinya dilahirkan, rumah itu menjadi museum Frida Kahlo.

Dan itulah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang ikon wanita Frida Kahlo. Dirinya tetap berkarya meski dilanda berbagai masalah kehidupan. Frida tetap berhasil menginspirasi banyak orang melalui karyanya yang berani, dan berarti. 

Semoga kita dapat menemukan arti hidup yang sama seperti Frida Kahlo, bahwa hidup tidak selalu mulus. 

Baca Juga: 6 Fakta Pameran KAWS di Companionship in the Age of Loneliness

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya