Comscore Tracker

Sejarah Lagu You'll Never Walk Alone, Kebanggaan Fans Liverpool Nih!

Lagu ikonik milik supporter Liverpool

Lagu You Will Never Walk Alone in menjadi lagu khas dari supporter Liverpool. Artinya adalah kamu tidak akan pernah berjalan sendiri. 

Lagu ini pun memiliki kesan yang mendalam pada klub dan fans Liverpool. Namun apakah kalian tahu bagaimana lagu ini menjadi anthem Liverpool? Berikut sedikit ulasannya.

1. Diciptakan tahun 1909

Sejarah Lagu You'll Never Walk Alone, Kebanggaan Fans Liverpool Nih!liverpoolecho.co.uk

Pada tahun 2017, lagu ini memiliki film dokumenter di mana film tersebut ditayangkan pada Liverpool Film Festival. Film ini disutradarai oleh Andre Schafer, seperti yang dikutip dari Liverpool Echo.

Meskipun terkenal di tahun 1960an, Schafer menemukan bahwa lagu ini berawal dari tahun 1909 dari Budapest. Lagu ini berawal dari pertunjukan teater bernama Liliom, yang di perankan oleh Ferenc Molnár salah seorang basis dari Rodgers and Hammerstein.

2. Pengenalan tahun 1945

Sejarah Lagu You'll Never Walk Alone, Kebanggaan Fans Liverpool Nih!goal.com

Lagu ini diciptakan pada tahun 1945, oleh Oscar Hammerstein II dan di komposisi oleh Richard Rodgers. Pada awalnya lagu ini diciptakan untuk pertunjukan musikal mereka di Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Pelajaran Bijak yang Bisa Dipetik dari Kemenangan Liverpool

3. Raih popularitas tahun 1960an

https://www.youtube.com/embed/OV5_LQArLa0

Dalam laporan yang ditulis oleh Goal dan FourFour Two, lagu ini menjadi hits di Inggris pada tahun 1960an. Pasalnya grup The Beatles yang juga asal Liverpool membawakan lagu You Will Never Walk Alone

Kemudian kedua band tersebut sama-sama membawakan lagu ini pada ajang pertandingan Liverpool melawan West Brom di Anfield pada 19 Oktober 1963. Dan itu juga adalah momen di mana pertama kalinya fans Liverpool bernyanyi bersama-sama.

Lagu ini masuk Top 10 charts pada kala itu, dan lagu ini menjadi populer setelah di nyanyikan oleh beberapa penyanyi. VICE juga meliput, penyanyi seperti Frank Sinatra juga pernah membawakan lagu ini.

4. Fans Liverpool dan Pink Floyd tahun 1971

https://www.youtube.com/embed/TeyHPAdxuy0

Oleh karena ke popularitas fans Liverpool yang begitu fanatik, Goal juga meliput bila grup Pink Floyd yang melegenda membuat fans Liverpool sebagai backsound lagu Fearless

Bahkan Sports Bible memberikan informasi bahwa, fans Liverpool sendiri menang sebagai fans terbaik di ajang Liga Inggris musim 2018/2019 baik sebagai tuan rumah, atau menjadi tamu pertandingan.

5. Adaptasi klub lain tahun 1996, dan 2010an

Sejarah Lagu You'll Never Walk Alone, Kebanggaan Fans Liverpool Nih!goal.com

Lagu ini makin populer setelah di nyanyikan oleh para fans Liverpool. Tidak tanggung-tanggung sejak saat itu banyak klub lain yang menjadi kan lagu You Will Never Walk Alone sebagai lagu fans mereka. 

Seperti Celtic, yang mengadopsi lagu ini pada tahun 1996 setelah bertanding di Anfield. Para fans Brossia Dortmund juga menyanyikan lagu ini ketika kedua tim bertemu di ajang Europa League musim 2015-2016.

6. Lebih dari sekadar lagu

https://www.youtube.com/embed/tCJ5uBA3DU4

Lagu ini menjadi saksi bisu ketika Liverpool memiliki masa kejayaan, pada tahun 2005 bagaimana mereka memiliki comeback fantastis melawan AC Milan.

Namun pada musim 2011/2012 dimana Liverpool hampir mengalami kebangkrutan sebelum diselamatkan oleh FSG yang di ketuai oleh John W. Henry, fans Liverpool tetap setia bernyanyi lagu ini. 

Meski begitu, fans Liverpool sendiri menjadi daya tarik suasana Anfield. Banyak pelatih seperti Jose Mourinho, Arsene Wenger mengatakan bagaimana fans dari klub julukan The Reds ini mampu mengubah suasana semangat para pemain. 

Tidak hanya itu, You Will Never Walk Alone sendiri menyertai bagaimana Liverpool mengalami kebangkitan melawan Barcelona di ajang Champion League 2018/2019. 

Liverpool pun kembali menjadi juara Eropa setelah 14 tahun!

7. Slogan YNWA

Lagu yang menjadi slogan ini menyertai semua baik tim yang sedang bermain untuk Liverpool, atau yang tidak lagi bersama Liverpool. Namun kata-kata itu sendiri memiliki arti yang lebih mendalam bagi pemain, mantan pemain, dan fans.

Perjuangan, baik susah, maupun senang menjadi bagian You Will Never Walk Alone.

Baca Juga: Sepak Terjang Liverpool Hingga Final Liga Champion

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You