Comscore Tracker

5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!

Mendunia banget sampai ada hari peringatannya lho

Sudah tahu belum kalau tanggal 18 Juni diperingati sebagai Hari Sushi sedunia? Sushi adalah makanan yang sehat, dan bisa tergolong praktis. Tidak hanya itu berbagai variasi sushi dapat di sesuaikan dengan lidah masing-masing orang. 

Namun siapa sangka sushi sendiri adalah salah satu makanan tertua yang pernah ada. Sushi memiliki cerita yang cukup panjang, dan unik.

Inilah sejarah bagaimana sushi bisa menjadi mendunia sampai saat ini.

1. Berasal dari abad ke-2

5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!cnn.com

Di kutip oleh CNN bahwa fermentasi pada nasi telah terjadi di beberapa bagian negara Asia sejak abad ke 2. Pada First We Feast, Yoko Issasi salah seorang koki juga berkata bahwa proses pembuatan sushi ini dapat memakan waktu selama satu tahun. Pembuatan sushi adalah proses fermentasi pada ikan dan nasi.

Bahan yang di gunakan pada abad 2-5 ini adalah, nasi, garam, dan ikan itu sendiri. Selain itu menurut First We Feast, industri cukak yang meledak pada abad ke-13 di Jepang membuat sushi semakin populer.

Untuk menu sushi yang tradisional, masih di temukan di beberapa negara Asia, seperti Thailand. 

2. Persamaan orang Jepang dan Cina!

https://www.youtube.com/embed/CF3MRMBjd20

Menurut Isassi, pada First We Feast diperkirakan oleh karena banyak orang dari Cina yang berimigrasi ke Jepang pada awal abad ke 2-5, maka banyak terjadi fusion terutama pada hal makanan. 

Namun hal ini tentu di dukung oleh persamaan antara huruf Madarin, dan Kanji itu sendiri. Kata-kata sushi juga berasal dari si 鮨 yang berarti garam dan ikan, dan sa 鮓  yang berarti garam, ikan, dan nasi.

Baca Juga: Kenali 10 Jenis Sushi Ini, biar Gak Salah Sebut Saat Memesannya

3. Sushi modern zaman Edo

5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!kobejones.com.au

Sushi dari zaman kekaisaran Edo adalah sushi modern yang kita ketahui sampai sekarang. 

Menurut Brittanica, pada zaman Edo atau era Tokugawa itu sendiri, edukasi sangat berpengaruh pada kebanyakan masyarakat Jepang. Maka dari itu banyak terjadi modernesasi pada Jepang. Tak heran bila banyak penemuan, termasuk penemuan sushi.

4. Efek globalisasi

5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!thegreatcoursesdaily.com

Globalisasi yang terjadi setelah Perang Dunia 2, membuat banyaknya perdagangan antar negara menjadi lebih mudah. Berdasarkan Wharton Education, dari Universitas Pennsylvania mengutip bahwa pasar ikan Jepang sangat berpengaruh.

Pada tahun 1970 perdagangan Tuna Bluefin yang meledak, membuat makanan ini menjadi semakin populer di kalangan berbagai dunia. Maka tak heran, bila di mana pun kita berada akan sangat mudah mendapatkan sushi.

5. Fakta kesehatan sushi

5 Hal Sejarah Sushi, Makanan Favorit Semua Orang!shutterstock.com

Menurut Forbes, sushi adalah makanan yang paling di gemari, dan sehat untuk di konsumsi. Pasalnya 75 persen nutrionist setuju bahwa makanan ini sehat. Ikan itu sendiri memiliki banyak Vitamin A atau D, tergantung ikan apa yang akan di gunakan pada sushi.

Selain itu, ikan sendiri memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang bagus untuk kesehatan tulang pada manusia. Sayur yang terdapat pada sushi juga dapat menjaga kesehatan manusia, seperti usus.

Namun penggunakan saus mayonaiseyang terlalu berlebih juga dapat menjadi kan sushi makanan yang tidak sehat. Hal ini karena kandungan gula yang terdapat pada mayonaise itu sendiri.

Dan itulah sejarah, dan fakta mengenai sushi. Namun juga alangkah baiknya bila kalian juga dapat memilih bahan-bahan yang digunakan pada sushi. Pasalnya ikan yang fresh akan berbeda dengan ikan yang sudah di simpan beberapa hari.

Selamat hari sushi!

Baca Juga: 7 Etika Makan Sushi yang Benar, Jangan Sampai Salah biar Gak Malu

Belinda Belinda Photo Community Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You