Comscore Tracker

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunani

Zeus benar-benar seorang casanova yang tak kenal kapok!

Mitologi Yunani adalah salah satu kisah terbaik sepanjang masa. Di dalamnya menceritakan kisah-kisah kepahlawanan, kekeluargaan, cinta, dan pengorbanan yang sarat akan nilai-nilai moral yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Namun tahukah kamu bahwa di balik keseruan kisah-kisahnya tersimpan pula kebobrokan yang bahkan tak bisa dijadikan contoh? Zeus adalah salah satu contohnya.

Berikut sejumlah bukti skandal Zeus yang tanpanya, mitologi Yunani mungkin hanya akan jadi sebuah cerpen semata.

1. Kisah Zeus dan Metis merupakan kelanjutan dari kekejaman Kronos

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunaniowlcation.com

Setelah membunuh Titan Waktu, Kronos, Zeus menerima kutukan sang ayah bahwa kelak ia akan dikalahkan oleh anak laki-lakinya. Setelah menikahi Metis, Titan Kebijaksanaan, Zeus segera dibuat kebakaran jenggot dengan kehamilan istrinya. Karena tak ingin mewujudkan ramalan itu, diapun mengubah Metis menjadi tetesan air dan menelannya.

Meski kemudian anak yang dikandung Metis tetap terlahir dalam tubuh Zeus dan keluar melalui kepala sang dewa, dia berjenis kelamin wanita dan justru menjadi satu-satunya anak kesayangannya, Athena.

2. Skandal Zeus dan Demeter, bukti kebobrokan moral si Raja Langit

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunaniamazon.com

Sebelum menikahi Hera, sang Ratu Langit, Zeus pernah menaruh hati pada Demeter, Dewi Pertanian Yunani. Demeter merupakan dewi yang begitu menawan hingga membuat Zeus, Hades, dan Poseidon berkali-kali mengajukan lamaran padanya yang tentu saja ditolaknya mentah-mentah karena kecintaannya pada alam bebas.

Namun tidak seperti dua dewa lainnya, Zeus pantang menyerah. Dia berkali-kali merayu sang dewi dan pada suatu waktu, berhasil menyudutkannya dalam wujud seekor ular. Demeter kemudian melahirkan seorang putri bernama Persephone dari hubungan itu.

3. Kisahnya dengan Hera sebenarnya juga tidak lebih baik

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanibritannica.com

Hera yang sangat cantik nan keibuan menjadi idaman para dewa Olimpus. Berkali-kali Zeus melamarnya dengan iming-iming akan dijadikan Ratu Langit. Hera yang keras kepala mengajukan syarat bahwa dia hanya akan menikahi Zeus jika berhasil membuatnya mencintainya.

Zeus kemudian dengan licik berubah wujud menjadi seekor burung yang tersesat di kamar Hera. Dia berhasil mencuri hati sang dewi yang memutuskan untuk merawat si burung dan membuatnya mengatakan bahwa ia juga mencintai si burung Zeus. Akhirnya keduanya menikah dan menjadi penguasa Olimpus.

Baca Juga: 7 Dewa Cinta dan Nafsu dari Berbagai Mitologi, Ada Eros dan Freyja!

4. Kisah si Putri Thebes yang malang

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanide.m.wikipedia.org

Menikahi Hera rupanya tidak membuat Zeus berhenti dari petualangan kelincinya. Dia merayu seorang putri Thebes bernama Semele. Hera yang berang kemudian menyamar menjadi seorang wanita tua dan menemui sang putri yang tengah mengandung anak Zeus.

Hera berhasil membuat Semele ragu bahwa pria yang dikencaninya merupakan seorang dewa dan membuat Zeus berjanji akan mengabulkan segala keinginannya. Semele kemudian meminta Zeus menunjukkan wujud aslinya dan tidak sampai sedetik kemudian, tubuhnya segera hancur karena tak kuat melihat wujud dewatanya.

5. Benua Eropa mendapatkan namanya karena Zeus!

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanimycountryeurope.com

Europa adalah seorang putri yang terkenal akan kecantikannya. Zeus menyadari bahwa ia tak akan bisa merayu gadis itu karena selalu dikelilingi oleh para pelayan yang menjaganya. Suatu hari, ketika sang putri tengah bersantai di sebuah taman bersama pelayan-pelayannya, Zeus muncul dalam wujud seekor kerbau yang cantik.

Sang putri yang tertarik pun mendekatinya. Zeus lalu berhasil menculiknya dan membawanya ke Pulau Kreta. Karena lokasi pulau yang tak diketahui manusia, orang-orang mulai menyebut bahwa sang putri telah diculik ke Pulau Eropa!

6. Kisah Ibunda Apollo dan Artemis adalah salah satu yang terburuk

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanigreeklegendsandmyths.com

Hera yang murka mengetahui hubungan Zeus dan Leto mengutuk sang Titan perempuan yang tengah hamil bahwa ia tak akan bisa melahirkan di atas bumi manapun yang ditumbuhi akar. Ketika waktunya melahirkan, Leto tak bisa menemukan tempat yang mau menerimanya. Tanah yang dipijaknya selalu bergoncang dan pepohonan akan terbakar.

Akhirnya, Leto pun menemukan Pulau Delos, sebuah pulau yang selalu terombang-ambing di atas lautan karena tak memiliki akar yang tumbuh di atasnya. Leto berhasil melahirkan anak kembarnya di pulau tersebut dan menjadikannya sebagai pulau keramat Apollo dan Artemis.

7. Kallisto Oh Kallisto!

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunaniveryimportantlot.com

Kallisto adalah salah satu pemburu Artemis yang paling disayangi sang dewi. Namun kecantikannya membuat Zeus tergila-gila. Menyadari bahwa ia tak akan bisa mendapatkan sang pemburu yang telah disumpah untuk tetap perawan, sang dewa kemudian memunculkan dirinya di hadapan Kallisto dalam wujud Artemis dan berhasil merayunya.

Sang dewi yang marah kemudian mengutuk Kallisto menjadi seekor beruang dan mengusirnya. Ia tidak membunuhnya karena rasa sayangnya pada gadis itu, namun jika Kallisto muncul di hadapannya, maka sang dewi akan membunuhnya. Zeus yang merasa iba pada Kallisto kemudian mengubahnya menjadi rasi Ursa Mayor (Beruang Besar).

8. Skandal Zeus dan Aigina

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanitheoi.com

Zeus merayu Aigina dan berhasil membawanya ke sebuah pulau dalam wujud seekor elang raksasa. Di sana Aigina melahirkan seorang putra bernama Aeacus. Sayangnya dia meninggal setelah itu. Hera yang baru mengetahui tentang perselingkuhan suaminya menjadi berang dan mengutuk kerajaan Aeacus.

Pada saat Aeacus tengah mempertahankan kerajaannya dalam sebuah perang, Hera mengirimkan ular-ular yang racunnya segera membunuh seluruh penduduknya lewat sebuah mata air. Namun Aeacus berdoa pada ayahnya dan Zeus pun mengubah kawanan semut menjadi pasukannya.

9. Thetis Mungkin adalah yang paling beruntung

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunaniwga.hu

Zeus pernah merayu seorang Nereid bernama Thetis. Ketika mendengar ramalan bahwa Thetis ditakdirkan akan memiliki seorang putra yang lebih kuat dari ayahnya, Zeus pun menghentikan rayuannya. Thetis pun menikahi Peleus, seorang pahlawan, dan memiliki seorang putra yang dikenal sebagai pahlawan terkuat dan termasyhur bangsa Yunani, Achilles. Di kemudian hari, Achilles pun menjadi pemimpin pasukan Myrmidons, pasukan Aeacus.

10. Skandal Zeus dengan Maia, Ibunda Hermes

10 Bukti Zeus adalah Penyebab Berbagai Masalah dalam Mitologi Yunanigreeklegendsandmyhts.com

Maia adalah kekasih ke-sekian ratus Zeus. Dia seorang Titan putri Atlas. Ketika mengetahui bahwa dirinya mengandung, Maia menyembunyikan dirinya di gunung Cynelle, Yunani Tengah, untuk menghindari amukan Hera.

Ketika waktunya tiba, dia melahirkan Hermes, Dewa Perjalanan dan Pemandu Roh Orang Mati menuju Dunia Bawah. Hermes pun menjadi salah satu dewa Olimpus yang paling berpengaruh.

Itulah daftar petualangan asmara Zeus yang tanpanya mitologi Yunani mungkin hanya akan jadi sepanjang cerpen saja. Manakah menurutmu kisah yang paling membuatmu kasihan pada para wanita itu?

Baca Juga: Jadi Nama Planet, 8 Dewa Mitologi Romawi dan Yunani yang Terkenal

Bening Salsa Biela Photo Writer Bening Salsa Biela

Cuma seorang cewek yang canggung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya