Comscore Tracker

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagos

Ada yang bisa hidup puluhan hingga ratusan tahun!

Ketika Charles Darwin pertama kali tiba di Galapagos, ia tidak yakin apa yang ia temukan. Dia telah berlayar di HMS Beagle selama lebih dari empat tahun sebelum tiba di pulau vulkanik ini dan dia telah melihat beberapa pemandangan luar biasa di sepanjang jalan. Begitu tiba di Galapagos, ia menemukan keanekaragaman hewan yang luar biasa,  keanekaragaman yang membuatnya bertanya-tanya bagaimana beberapa hewan dapat terlihat sangat mirip namun begitu berbeda jika dilihat lebih detail.

Tulisan Darwin selanjutnya tentang masalah ini melahirkan konsep seleksi alam dan evolusi seperti yang kita kenal sekarang. Hari ini, pengunjung Galápagos masih dapat melihat hewan yang sama dengan yang dilihat oleh Charles Darwin, termasuk 9 hewan yang tidak akan kamu temukan di tempat lain kecuali di Kepulauan Galapagos.

1. Iguana Pulau Galapagos

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosearthtouchnews.com

Charles Darwin tidak memberikan keterangan untuk menggambarkan iguana khas dari Galápagos sebagai hewan yang jelek, dengan warna oranye kekuning-kuningan di bawah dan warna merah kecoklatan di atas.

2. Iguana laut

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosfinchbayhotel.com

Iguana laut mungkin adalah salah satu makhluk paling aneh di Galapagos. Iguana laut sangat unik di antara spesies hewan modern, makhluk ini dapat hidup di darat dan di laut serta dapat menyelam hingga kedalaman hingga 30 kaki.

3. Kura-kura raksasa Galápagos

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagostheconversation.com

Ini mungkin salah satu kura-kura yang bisa mengalahkan kelinci. Kura-kura raksasa tentu tidak cepat, tetapi hidup lebih lama dari vertebrata lain di Bumi, dengan usia rata-rata lebih dari 100 tahun. Kura-kura raksasa menghuni sebagian besar pulau Galápagos dan populasi yang berbeda menunjukkan sedikit variasi dalam ukuran dan bentuk cangkang mereka. Ini menjadi petunjuk penting bagi Darwin ketika dia merumuskan teorinya tentang seleksi alam.

4. Darwin’s finches

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosgalapagosconservation.org.uk

Darwin’s finches sebenarnya mengacu pada 15 spesies burung kecil yang berbeda, masing-masing menampilkan tipe tubuh dan warna yang sama tetapi dengan paruh yang sangat berbeda. Paruh yang berbeda berevolusi selama ribuan tahun, ketika populasi burung kutilang beradaptasi dengan sumber makanan mereka. Burung-burung ini memberi Darwin momentum untuk memulai penelitiannya dalam seleksi alam dan evolusi.

5. Burung frigat

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosgalapagosconservation.org.uk

Burung ini memiliki tubuh mungil dengan sayap yang besar dan burung frigat dapat terbang selama berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu. Mereka canggung di darat dan benar-benar membutuhkan awal bagus untuk dapat mengudara. Burung frigat sering digunakan  sebagai penanda perubahan cuaca, sehingga gelombang burung frigat yang tiba-tiba bisa menjadi tanda bahwa badai akan segara datang.

Burung nomaden ini akan melintasi bentangan luas lautan untuk mencari makanan, tetapi mereka adalah orangtua yang penyayang, burung frigat bertelur tunggal setiap musim kawin, menyebabkan orangtua monogami merawat anak-anak mereka lebih lama daripada spesies burung lainnya.

Baca Juga: 5 Destinasi Liburan di Kepulauan Galapagos Paling Memukau

6. Blue-footed boobies

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosgalapagosconservation.org.uk

Nama "booby" berasal dari bahasa Spanyol Bobo yang berarti badut. Karena jarak yang luas dari Samudera Pasifik menawarkan Galápago boobies zona penyangga dari banyak predator,  Blue-footed boobies telah menghabiskan waktu mereka mengembangkan ritual pacaran yang rumit di mana sang jantan menari untuk menarik perhatian si betina.

7. Burung Dara yang tak bisa terbang

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosdorieweb.com

Burung ini pasti menghadirkan tantangan bagi Darwin. Burung Dara yang tidak bisa terbang menjadi salah satu hewan endemik dari kepulauan Galápagos. Seperti hewan hal lain di kepulauan ini, burung ini berevolusi dalam wilayah yang terisolasi dan tanpa ada gannguan dari predator alami. Dengan begitu banyak makanan dan tidak ada predator yang memaksa untuk melarikan diri, mengapa harus terbang? Sekarang jumlah mereka hanya kurang dari 2.000, menjadikan mereka salah satu burung paling langka di dunia.

8. Sally Lightfoot crabs

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagosfineartamerica.com

Sally Lightfoot Crab adalah salah satu penghuni Galápagos yang paling berwarna. Mereka juga mungkin yang paling lincah, melompat saat pertama kali melihat bahaya dan bergerak jauh lebih cepat daripada kebanyakan kepiting lainnya didunia ini.

9. Waved albatross

9 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagossavacations.com

Waved albatross membagi waktu mereka di antara pantai Amerika Selatan, tempat mereka berburu makanan dan Galapagos yakni tempat mereka kembali setiap tahun untuk berkembang biak. Waved albatross dapat terbang berjam-jam berkat fenomena yang dikenal sebagai dynamic soaring. Sayap yang besar dan tubuh ramping memaksa mereka untuk menemukan landasan peluncuran yang cocok di tebing pantai, tetapi begitu mereka terbang di udara, Waved albatross akan terbang tanpa henti.

Sementara saat mereka berada di Galápagos, Waved albatross terlibat dalam ritual kawin yang menarik di mana mereka akan saling meniru bobs, screeches dan nuzzles satu sama lain, tetapi tidak seperti burung lain di Galápagos, Waved albatross mencari pasangan seumur hidup. Dengan kurang dari 35.000 ekor yang tersisa di alam liar, membuatnya cukup sulit untuk dikenali kecuali kamu berada di Galápagos!

Nah itulah 9 hewan endemik yang hanya hidup di kepulauan Galapagos. Mana nih hewan yang menurut kamu paling menarik?

Sumber:

https://www.goaheadtours.com/travel-blog/articles/9-animals-youll-only-find-in-the-galapagos

https://www.tucantravel.com/blog/2018/12/10-unique-animals-of-the-galapagos-islands/

Baca Juga: 5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuador

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You