5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purba

#SainsSeru: Pioner alat canggih masa kini nih

Seperti yang kita semua ketahui, zaman purba adalah zaman dimana kehidupannya masih terbelakang, primitif, dan belum mengenal teknologi. Seiring berkembangnya zaman, teknologi canggih mulai dikembangkan oleh para ilmuan yang nantinya dapat digunakan untuk memudahkan hidup manusia. Tapi para arkeolog menemukan sesuatu yang bisa dikatakan di luar perkiraan manusia zaman sekarang. Berbagai penemuan dari arkeolog menunjukkan bahwa di zaman purba sudah terdapat tekhnologi.

Berikut penemuan 6 teknologi canggih yang ditemukan di zaman purba.

1. Baterai Bagdad (Baterai Parthia)

5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purbageek.hr

Baterai Baghdad adalah pot tanah liat berwarna kuning, berukuran 6 inci yang ditemukan sekitar masa pendudukan Parthia antara 248 SM dan 226 SM. Baterai ini terdiri dari sebuah silinder yang terbuat dari lembaran tembaga yang melekat pada mulut panci menggunakan segel dari 60% -40% campuran timbal-timah. Dengan memasukkan cairan asam kedalam jambangannya, baterai ini bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 1,5 – 2 volt. Beterai Baghdad ditemukan oleh Ahli Arkeolog Austria Dr Wihem Konig, di desa  Khuyut Rabbou’a dekat Bagdad,Irak  pada tahun 1936.

2. Komputer kuno (Antikthera)

5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purbauk.businessinsider.com

Ditemukan pada tahun 1901 oleh para penyelam Yunani di perairan pulau Antikythera, dari sebuah peninggalan puing-puing bangkai kapal yang karam di dasar laut tahun 80 SM. Benda dengan bentuk seperti sebuah jam beker ini kemudian dikenal sebagai Antikythera Mechanism. Penelitian dilakukan oleh Derek John De Solla Price yang menjelaskan mekanisme benda ini adalah seperti yang kini digunakan sebagai komputer (mesin hitung) untuk mengukur pergerakan bintang-bintang dan planet-planet.

3. Penemuan reaktor nuklir di Gabon

5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purbaundergroundscience.net

Ditemukan tambang reaktor Nuklir di daerah Oklo, Rep. Gabon, Afrika yang diduga sudah ada sejak 2 milyar tahun yang lalu. Setelah dilakukannya penelitian,tambang tersebut adalah sebuah reaktor nuklir dengan skala yang besar pada zaman pra sejarah, dengan kapasitas kurang lebih 500 ton biji uranium di enam wilayah, dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt.

4. Jantung sintestis purba

5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purbabernardinai.lt

Di dalam Piramida Mesir di dada kiri mumi anak lelaki, para peneliti menemukan jantung sintestis. Di zaman modern ini jantung sintestis baru diciptakan dalam beberapa puluh tahun saja, Ternyata dengan penemuan ini Jantung Sintestis telah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

5. Robot purba

5 Teknologi Canggih yang Ditemukan di Zaman Purbasuper-chlen.ru

Pencipta berbakat Ma Daifeng menghasilkan aplikasi robotik yang dibina berasaskan mekanisme mekanikal pada zaman pemerintahan Kaisar Mu (976 hingga 922 SM) di China, pencipta. Robot yang dibina dapat bernyanyi dan menari seperti manusia, membawa peralatan kepada tuannya dan mempunyai organ tubuh seperti tulang, otot, sendi, kulit dan rambut.

Cocochip Safitri Photo Verified Writer Cocochip Safitri