5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuador

Menyimpan berbagai binatang yang sangat unik

Kepulauan Galapagos masuk dalam wilayah negara Ekuador yang merupakan kepulauan di Samudera Pasifik, berjarak 1000 km sebelah barat Ekuador. Kepulauan ini menjadi salah satu taman nasional yang ada di Ekuador, yang termasuk dalam kepulauan vulkanik aktif serta menjadi provinsi tersendiri yang beribukotakan di Puerto Baquerizo Moreno. Uniknya kepulauan Galapagos memiliki berbagai jenis hewan endemik yang berbeda dibandingkan dengan spesies di daratan utama Ekuador, akibat dari adanya evolusi.

Berikut ini beberapa hewan endemik dari Kepulauan Galapagos yang tidak dapat ditemui di tempat lainnya.    

1. Kura-kura Galapagos Raksasa

5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuadorgalapagosconservation.org.uk

Kura-kura Raksasa merupakan hewan endemik dari Kepulauan Galapagos yang memiliki bentuk layaknya kura-kura seperti biasanya. Namun bedanya hewan ini mempunyai ukuran yang sangat besar dengan leher yang cukup panjang, di mana beratnya mencapai 417 kg, serta memiliki umur yang mencapai lebih dari 100 tahun. Reptil ini telah termasuk pada ketegori terancam, serta menjadi salah satu jenis kura-kura raksasa selain di Pulau Aldabra, Seycheless. 

2. Vampire ground finch

5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuadoranimalspot.net

Vampire ground finch menjadi salah satu burung endemik dari Kepulauan Galapagos, yang termasuk dalam jenis burung finch. Selain itu burung ini sangat unik karena tergolong burung pemakan darah dan termasuk burung parasit. Meskipun menjadi hewan merugikan tapi burung bernama latin Geospiza septentrionalis ini termasuk dalam jenis burung yang terancam punah, serta anehnya burung ini juga terkadang memakan nektar dari tanaman khas Galapagos untuk menggantikan air segar yang jarang ditemukan. 

3. Galapagos Fur Seal

5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuadoranimalia.bio

Selanjutnya terdapat Galapagos Fur Seal yang mempunyai habitat di Kepulauan Galapagos serta menjadi anjing laut dengan ukuran terkecil. Ukuran binatang laut ini hanya mencapai panjang 1,5 meter dan berat 64 kg, serta lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam laut daripada di daratan. Anjing laut ini termasuk dalam bahaya, akibat banyaknya perburuan untuk mendapatkan bulunya, yang sudah dimulai sejak abad ke 19. Tetapi sejak tahun 1959, Pemerintah Ekuador telah melindungi satwa ini dan saat ini populasinya stabil serta cenderung meningkat. 

Baca Juga: Sedih, 10 Satwa Langka Ini Sering Jadi Barang Dagangan di Pasar Gelap

4. Iguana Laut

5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuadorgalapagosconservation.org.uk

Kemudian terdapat Iguana Laut yang menjadi hewan asli yang hanya dapat ditemukan di Kepulauan Galapagos. Iguana ini memiliki keunikan untuk beradaptasi dan tinggal di pantai dan perairan laut, sehingga menjadi salah satu reptil laut serta biasanya hidup dalam kelompok. Ukuran panjang reptil laut ini pada kisaran antara 12-54 cm, sedangkan makanan utamanya adalah berbagai jenis alga yang hidup di permukaan laut ataupun di dasar laut. Selain itu spesies Iguana Laut ini terdiri dari berbagai banyak sub-spesies dengan warna dan bentuk yang unik. 

5. Flightless Cormorant

5 Binatang Endemik Kepulauan Galapagos, Ekuadorhbw.com

Terakhir ada burung bernama Flightless Cormorant yang juga menjadi hewan unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, selain Kepulauan Galapagos. Burung ini satu-satunya keluarga Phalacrocoracidae yang tidak dapat terbang dan hanya mampu berenang di laut dan berjalan di daratan, namun menjadi terbesar dibandingkan jenis lainnya. Ukuran burung ini mencapai ukuran panjang 89-100 cm dengan berat hingga 2,5-5 kg. Binatang ini juga termasuk kategori terancam, yang sebelumnya tergolong dalam bahaya karena populasinya mulai stabil dan semakin meningkat. 

Itu dia beberapa binatang asli dari Kepulauan Galapagos, yang menarik banget kan. Maka daro itu kita harus jaga terus kelestariannya. 

Baca Juga: Semakin Langka Makin Mahal: 10 Fakta Perdagangan Satwa Liar Kian Marak

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You