Comscore Tracker

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasaran

Unik dan penuh misteri

Mungkin sebagian dari kalian belum banyak yang mengeahui Geoglif. Memang bentukan raksasa unik ini penuh dengan misteri yang belum terpecahkan. Selain itu hanya dapat ditemukan di beberapa tempat saja, yang pastinya tidak semua orang di seluruh dunia mengetahui keberadaan geoglif ini. Salah satu lokasi geoglif terkenal adalah Nazca Lines, Peru dan Atacama Giant di Chile yang mana berada di tengah Gurun Atacama. 

Namun adanya bentukan geoglif ini pastinya membuat kita penasaran untuk mengetahui beberapa fakta di balik keberadaannya. Maka dari itu simak deh beberapa fakta menarik mengenai geoglif yang pastinya bikin penasaran banget. 

1. Terdiri dari dua jenis

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasaraninstagram.com/landers_photos/

Geoglif merupakan motif raksasa yang terbentuk dari batuan yang kuat dan tahan lama, seperti sedimen klastik. Selain itu terdapat dua jenis geoglif, yakni geoglif positif dan negatif, yang mana geoglif positif hanya memindahkan sebuah elemen untuk membentuk motif, tanpa mengeruk tanah yang ada. Sebaliknya geoglif negatif dengan mengeruk permukaan tanah dalam membentuk sebuah motif tersebut. 

2. Hanya terdapat di beberapa area saja

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasaraninstagram.com/walkinguk/

Geoglif hanya ditemukan di beberapa area saja, seperti yang paling terkenal di Gurun Nazca Peru, yang dinamai dengan Nazca Lines. Selain itu masih terdapat berbagai geoglif terkenal, seperti di AS, Chile, Bolivia, Israel, Inggris dan Australia. Namun geoglif terbanyak ditemukan di Inggris, yang mana terdapat lima jenis dan semuanya terbentuk pada area padang rumput. Tidak hanya itu saja, terdapat ribuan geoglif lain yang memiliki ukuran tidak terlalu besar dan kemungkinan belum ditemukan. 

3. Bentuknya unik dan sangat besar

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasarangeorggerster.com

Geoglif memiliki ukuran raksasa yang mana ukurannya umumnya lebih dari 4 meter panjangnya. Disamping itu bentuknya juga sangat unik dan menggambarkan berbagai macam bentuk mulai berbagai macam hewan hingga bentuk abstrak namun beraturan. Sedangkan geoglif yang memiliki ukuran terbesar adalah Atacama Giant, dengan panjang yang mencapai 119 meter yang sudah dibentuk pada tahun 1000-1400 Sebelum Masehi. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Terbesar yang Pernah Terjadi dalam Sejarah Dunia

4. Terdapat geoglif buatan manusia modern

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasaraninstagram.com/huntressofart/

Tidak semua geoglif berasal dari buatan manusia pada zaman dahulu, tapi juga terdapat motif raksasa buatan manusia modern. Salah satu geoglif modern yang ada saat ini seperti Spirall Jetty di Great Salt Lake yang dibuat oleh pemahat asal AS, bernama Robert Smithson. Selain itu terdapat karya pemahat asal Australia, Andrew Rogers yang memberikan nama karyanya berupa The Rhythms of Life, yang dibuat di berbagai wilayah di seluruh dunia. 

5. Masih menjadi misteri hingga kini

5 Fakta tentang Geoglif yang Bikin Orang Makin Penasaraninstagram.com/cchehade/

Geoglif merupakan motif raksasa yang kesemuanya peninggalan peradaban manusia pada masa lalu. Namun untuk fungsi pembuatannya masih menjadi misteri hingga saat ini, namun terdapat berbagai hipotesis mengenai kegunaan geoglif. Kegunaannya bisa jadi untuk penanda suatu lahan, jebakan hewan, pemakaman, atau yang paling menghebohkan adanya hubungan dengan makhluk luar angkasa. 

Baca Juga: 5 Situs Peninggalan Bangsa Romawi di Aljazair yang Memukau

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You