Comscore Tracker

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotis

Terdapat hewan yang tergolong fosil hidup

Kuba merupakan salah satu negara pulau yang terdapat di Karibia yang termasuk Benua Amerika, yang persis berada di selatan Florida, Amerika Serikat. Negara sosialis ini termasuk negara tropis dengan masih banyaknya hutan hujan tropis yang tersebar di seluruh negeri. Maka dari itu negara pulau seluas 100.000 km persegi ini memiliki berbagai hewan menarik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. 

Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai hewan endemik dari Kuba, ada baiknya simak beberapa ulasan hewan berikut ini. 

1. Iguana Batu Kuba

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotisreptilesmagazine.com

Iguana Batu Kuba merupakan salah satu binatang endemik dari Pulau Kuba serta termasuk kadal paling dilindungi di Dunia. Binatang ini memiliki ukuran cukup besar sepanjang 40 cm dan panjang dengan ekornya mencapai 1,5 meter, yang mana tergolong kadal terbesar di Karibia. Iguana bernama latin Cyclura nubila ini memiliki warna coklat mirip dengan batu dengan adanya loreng di tubuhnya, serta makanan utamanya adalah daun, bunga dan buah.

2. Desmarest's hutia

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotisalchetron.com

Desmarest's hutia menjadi salah satu spesies rodentia asli dari Kuba, yang memiliki ukuran panjang hingga 60 cm dan berat mencapai 8,5 kg. Mamalia ini juga menjadi spesies hutia terbesar yang masih eksis dan banyak ditemukan di utara dan selatan Kuba. Hewan bernama latin Capromys pilorides ini memiliki habitat di area hutan mangrove dan pegunungan, sedangkan makanan utamanya adalah kacang-kacangan. 

3. Cuban solenodon

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotisitsnature.org

Cuban solenodon masih memiliki kekerabatan dekat dengan Hispaniola solenodon yang mana mamalia ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari spesies lainnya, dengan adanya saliva yang beracun. Mamalia bernama latin Solenodon cubanus ini menjadi spesies yang sangat langka, dan tergolong dalam bahaya. Hewan yang termasuk fosil hidup ini juga banyak ditemukan di sebelah selatan Pulau Kuba dengan memakan berbagai serangga, katak, kadal dan jamur.

Baca Juga: 6 Satwa Endemik Australia Ini Jauh Menggemaskan dari Koala

4. Cuban crocodile

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotisbbc.com

Cuban crocodile merupakan jenis buaya kecil yang hanya ditemukan di Pulau Kuba, dengan ukuran panjang maksimal mencapai 3,5 meter dan berat maksimum 200 kg. Reptil bernama latin Crocodylus rhombifer ini memang memiliki ukuran yang tidak besar,tapi termasuk salah satu buaya paling agresif dan memiliki lari yang sangat cepat bahkan mampu melompat. Buaya ini termasuk spesies dalam bahaya dan memiliki habitat alami di sekitaran Teluk Zapata dan Pulau Youth. Sedangkan makanan utamanya adalah berbagai jenis mamalia, kura-kura dan ikan. 

5. Cuban Boa

5 Hewan Endemik Negara Kuba yang Mempunyai Bentuk Eksotisdailymail.co.uk

Terakhir terdapat Cuban Boa yang merupakan spesies ular boa endemik di beberapa pulau sekitar Kuba, seperti Pulau Juventud, Kepulauan Canarreos dan Kepulauan Colorados. Reptil ini memiliki mangsa utama kelelawar dengan kemampuan untuk menangkap mangsa di atas ketinggian. Ular bernama latin Chilabothrus angulifer memiliki habitat utama di hutan tropis kering dan padang rumput kering. 

Baca Juga: Semakin Langka Makin Mahal: 10 Fakta Perdagangan Satwa Liar Kian Marak

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You