Comscore Tracker

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarah

Memiliki ukuran yang sangat besar

Serangga dan Artropoda merupakan hewan kecil yang hidup berdampingan bersama manusia yang memiliki peran sebagai pembersih sisa-sisa makanan manusia dan hewan besar lainnya.

Selain itu hewan ini juga memiliki keunikan tertentu, yang umumnya ukurannya kecil dan justru menjadi makanan dari hewan lain, seperti burung dan ayam. Namun siapa sangka pada zaman prasejarah terdapat serangga dan antropoda dengan ukuran besar yang justru menakutkan. 

Pastinya serangga dan anthropoda ini memiliki ukuran besar hampir sama dengan manusia saat ini, pastinya nakutin banget. Bagi kalian yang penasaran dengan serangga ini, coba deh simak ulasan berikut ini. 

1. Arthropleura

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarahinstagram.com/explore/tags/arthropleura

Arthropleura merupakan salah satu antropoda raksasa yang sudah hidup pada zaman Karbon, berkisar antara 315 hingga 299 juta tahun yang lalu. Hewan ini merupakan invertebrata terbesar yang pernah hidup di muka bumi, di mana fosilnya ditemukan di Skotlandia dan Amerika Utara.

Arthropleura merupakan antropoda pemakan tumbuhan yang memiliki ukuran panjang hingga 2 meter, selain itu sebab kepunahan hewan ini karena adanya kekeringan usai Era Karbon, yang mengubah hutan hujan menjadi tanah kering. 

2. Jaekelopterus

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarahinstagram.com/explore/tags/jaekelopterus

Jaekelopterus menjadi salah satu hewan antropoda air terbesar yang memiliki ukuran panjang berkisar antara 2,4 hingga 2,6 meter, yang mana melebihi ukuran manusia modern.

Hewan ini diperkirakan hidup pada Zaman Devonian, atau sekitar 419 juta tahun yang lalu. Binatang bernama latin Jaekelopterus rhenaniae ini memiliki ukuran melebihi spesies yang berasal dari satu keluarga, yakni Pterygotidae, yang juga memiliki ukuran hampir sama dengan manusia modern. 

Baca Juga: Daftar 10 Hewan Mamalia Darat Raksasa yang Pernah Hidup di Muka Bumi

3. Anomalocaris

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarahspinops.blogspot.com

Anomalocaris menjadi hewan yang masih keturunan keluarga dari antropoda air dengan ukuran hampir mencapai 1 meter, yang menjadi berasal dari genus Anomalocaridid.

Fosil dari hewan ini pertama kali ditemukan dan diidentifikasi di British Columbia, Kanada oleh Charles Doolittle Walcott, yang dijuluki denan Burgess Shell. Binatang ini sudah hidup pada awal periode geologi, pada Zaman Kambrian yang berkisar 540 juta tahun yang lalu. 

4. Pulmonoscorpius

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarahdeviantart.com

Pulmonoscorpius adalah kalajengking raksasa yang hidup pada Akhir Zaman Karbon, dan diketemukan di area bernama East Kirkton Quarry di Skotlandia. Kalajengking ini memiliki ukuran maksimum mencapai 70 cm, sementara makanan dari hewan ini adalah hewan-hewan kecil, atau antropoda kecil yang 

5. Meganeura

Ngeri, Ini 5 Monster Artropoda yang Hidup di Zaman Prasejarahlenkas.com

Selanjutnya terdapat capung raksasa, yang dijuluki dengan Meganeura, di mana hewan ini hidup pada Zaman Karbon, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Fosil hewan ini ditemukan di sebuah pertambangan Kapur di Perancis pada tahun 1880.

Selain itu serangga berukuran panjang 70 cm, dengan bentang sayap mencapai 60 cm ini merupakan karnivora, yang memangsa serangga lain yang memiliki ukuran lebih kecil. 

Wah, gak kebayang ya kalau monster-monster tersebut masih hidup di zaman sekarang.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Setia di Dunia, Bahkan Mengalahkan Kesetiaan Manusia!

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You