Comscore Tracker

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Dunia

Memiliki sengatan yang menyakitkan banget

Serangga dikenal dengan hewan kecil yang hidup berdampingan dengan manusia pada masa sekarang, dan tidak dianggap sebagai ancaman besar. Namun hewan ini tidak bisa dianggap remeh karena juga dibekali dengan persenjataan sengatan yang mematikan.

Pada tahun 1983, Justin Schmidt, seorang peneliti asal AS, meneliti mengenai sengatan dari beberapa serangga dan menemukan bahwa terdapat tingkatan dari racun yang dikeluarkan dari sengatan hewan tersebut, yang dijuluki Schmidt Sting Pain Index. 

Namun tidak semua serangga beracun ini mengancam, karena terdapat juga serangga yang hanya memanfaatkan sengatannya hanya untuk pertahanan diri. Berikut ini beberapa serangga yang memiliki sengatan paling mematikan.

1. Red Fire Ant

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniaweeklytimesnow.com.au

Fire Ant atau semut api merupakan salah satu serangga dengan sengatan yang berbahaya, di mana masuk dalam kategori level 3. Serangga bernama latin Solenopsis ini memiliki sengatan yang membuat tubuh seperti merasakan rasa panas api yang membakar kulit.

Semut ini umumnya memiliki sarang di dalam tanah dan memiliki habitat utama di Benua Amerika, serta banyak tersebar di Amerika Selatan dan wilayah selatan AS.

2. Red Harvester Ant

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniaentomology.unl.edu

Red Harvester Ant menjadi salah satu serangga dengan sengatan yang menyakitkan dan masuk dalam kategori 3 dalam Schmidt sting pain index. Selain itu racun dalam semut ini sangat menyakitkan dan menyebabkan alergi.

Namun, hewan ini tidak memakan daging, sehingga hanya menyerang ketika sarang mereka terancam. Serangga ini juga dapat mengangkat beban, seperti biji dan daun yang beratnya jauh dari berat semut tersebut.

Baca Juga: 5 Serangga Paling Berbahaya di Dunia yang Menakutkan

3. Paper Wasp

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniaanimalcorner.co.uk

Paper wasp adalah salah satu serangga besar berbahaya yang memiliki sengatan yang cukup mematikan dan masuk dalam kategori 3. Serangga ini dijuluki Tawon Kertas, karena mereka membuat sarang dari pohon yang telah mati dan membuat sarang dari sari phon yang berbentuk seperti kertas.

Tawon yang masuk dalam kategori vespidae ini memiliki sengatan yang cukup mematikan dan menyebabkan rasa terbakar yang cukup lama.

Namun hewan ini tidak agresif dan hanya menyerang jika ada yang menganggu sarang mereka, berbeda dengan hornet dan yellowjacket. Serangga ini juga dapat ditemui di berbagai belahan dunia, serta 22 spesies di antaranya ada di Amerika Utara.

4. Velvet Ant

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniabestlifeonline.com

Velvet ant atau disebut dengan cow killer ini memiliki sengatan yang sangat menyakitkan dan masuk dalam kategori 3 dalam Schmidt sting pain index. Meskipun memiliki nama cow killer tapi tidak pernah ada sapi atau manusia yang tewas akibat sengatan dari serangga ini.

Selain itu, semut yang memiliki bulu ini tidak agresif dan hanya akan menyengat jika merasa terancam atau terganggu. Serangga ini memiliki habitat alami di Amerika utara bagian Barat Daya, terutama di area gurun.

5. Bullet Ant

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniaallthatsinteresting.com

Bullet ant memiliki sengatan yang sangat menyakitkan dan menjadi salah satu serangga dengan sengatan paling menyakitkan dalam kategori 4. Sengatan semut ini terasa sangat panas seperti menginjak bara api dan tertancap paku.

Selain itu sengatan dari semut ini juga akan berdampak selama 24 jam lamanya. Semut bernama latin Paraponera clavata ini hanya dapat ditemui di Amerika Latin, mulai dari hutan di Nicaragua ke selatan hingga Paraguay.

6. Warrior Wasp

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniapbase.com

Warrior wasp mempunyai sengatan yang mematikan dan menjadi salah satu serangga dalam jajaran tertinggi sengatan paling menyakitkan menurut Schmidt sting pain index, dalam kategori 4. Tawon bernama latin Synoeca ini memiliki sengatan yang menyiksa, seperti halnya terbakar dengan api panas yang sangat hebat.

Serangga ini memiliki habitat di hutan tropis di Benua Amerika, terutama di Brazil hingga Argentina. Namun peneliti asal Brazil juga menemukan bahwa sengatan lebah ini dapat digunakan untuk pengobatan penyakit anxiety.

7. Tarantula Hawk

7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Duniamysanantonio.com

Tarantula Hawk wasp menjadi serangga dengan sengatan paling mematikan yang masuk dalam kategori 4 dalam Schmidt sting pain index. Tawon ini memiliki sengatan yang sangat menyakitkan, seperti halnya tersengat listrik di dalam air.

Serangga ini juga menggunakan sengatannya yang mematikan untuk memangsa tarantula yang ukurannya lebih besar, sehingga membuat mangsanya lumpuh dalam sekejap. Sementara habitat dari serangga ini berada di Asia Selatan, Afrika, Eropa, Australia dan Amerika.

Baca Juga: Gimana Jadinya, ya Kalau Serangga Punah? Ini 6 Penjelasannya

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You