Comscore Tracker

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipelihara

Cocok nih buat Aquascaper pemula

Hobi aquascape memang cukup banyak diminati akhir-akhir ini yang menyuguhkan keindahan ekosistem buatan yang padu antara binatang air dan tumbuhan air di dalam tank.

Namun untuk membuat sebuah aquascape memang tidaklah segampang membalikkan telapak tangan, banyak halangan dan hama yang datang. Untuk itu terdapat beberapa tanaman air bertipe rumput yang mempunyai perawatan mudah dan cocok banget nih buat aquascaper pemula. 

Pastinya buat kalian yang merencanakan untuk memulai hobi ini maka gak ada salahnya untuk melihat rekomendasi beberapa tanaman rumput dengan perawatan mudah untuk para pemula. 

1. Lilaeopsis

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipeliharaazgardens.com

Lilaeopsis merupakan tanaman air yang berasal dari Brasil yang berasal dari Apiacae dan terdiri dari beberapa spesies. Namun untuk spesies yang terkenal sebagai salah satu tanaman aquascape adalah Lilaeopsis brasiliensis.

Sedangkan genus Lilaeopsis ini memiliki enam spesies tanaman yang memiliki bentuk yang hampir sama. Tanaman ini memiliki perawatan yang cukup mudah karena mampu bertahan pada kondisi pencahayaan dan kadar CO2 rendah.

2. Sagittaria subulata

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipeliharakelleraquarium.de

Sagittaria subulata merupakan salah satu tanaman hias yang banyak dipilih sebagai tanaman aquascape. Tanaman air ini berasal dari Kolombia dan Venezuela yang tumbuh pada area estuaria serta lahan basah.

Namun tamanan ini juga sudah dibawa ke berbagai tempat, sehingga dapat juga ditemui di Pulau Jawa dan Azores di Portugal. Sagittaria subulata cukup mudah untuk dipelihara dan juga tidak membutuhkan banyak CO2 dan cahaya yang terang. 

Baca Juga: Tuai Pro Kontra, Ini 6 Tanaman yang Merupakan Hasil Rekayasa Genetika

3. Helanthium tenellum

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipeliharaaquarium-shop.org

Helanthium tenellum atau Tenellus juga menjadi salah satu tanaman rumput sebagai karpet pada aquascape yang berasal dari benua Amerika, terutama AS, Meksiko tapi ditemukan pula di Argentina. Tanaman ini memiliki tinggi maksimal antara 5-10 cm, serta memiliki warna hijau cerah dan terkadang dapat berwarna kemerahan.

Pertumbuhan tanaman ini termasuk lambat dan hanya membutuhkan pencahayaan yang rendah dan CO2 rendah.

4. Hairgrass

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipelihararoslinywodne.pl

Kemudian ada tanaman Hairgrass yang sudah banyak dikenal dalam dunia aquascape, di mana mempunyai bentuk yang unik layaknya rambut. Tumbuhan air ini terdiri dari dua jenis yakni Eleocharis acicularis yang mampu tumbuh mencapai ukuran antara 6-15 cm, serta Eleocharis parvula yang mampu tumbuh mencapai 3-10 cm saja, yang disebut sebagai dwarf hairgrass. Tanaman ini dapat tumbuh secara cepat dan tidak membutuhkan cahaya yang tinggi serta dapat tumbuh tanpa injeksi CO2. 

5. Eleocharis montevidensis

5 Jenis Tanaman Aquascape Rumput yang Mudah Dipeliharaaquascapinglove.com

Salah satu tumbuhan berbentuk rambut lainnya adalah Eleocharis montevidensis yang termasuk dalam genus hairgrass atau Eleocharis. Spesies tanaman ini dapat tumbuh sangat tinggi yang berbeda dari ukuran hairgrass pada umumnya, yakni mencapai 20-40 cm tingginya.

Tanaman yang dapat ditemui di hampir semua area di benua Amerika ini mempunyai tingkat pertumbuhan sedang dan termasuk mudah dalam perawatannya. Tanpa cahaya yang terang, serta tanaman ini dapat juga bertahan dalam kondisi air yang tidak terlalu baik. 

Itu tadi beberapa tanaman aquascape berbentuk rumput yang mudah dalam perawatannya. Kira-kira kalian paling suka tanaman yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Tips Hias Kamar Mandi dengan Tanaman Agar Awet Sentosa 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya