Comscore Tracker

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantik

Bentuk fisiknya benar-benar unik

Burung Marvelous spatuletail merupakan salah satu burung menarik yang tinggal di kawasan Pegunungan Andes. Marvelous spatuletail atau yang memiliki nama ilmiah Loddigesia mirabilis ini masuk dalam keluarga Trochilidae dan genus Loddigesia, sama seperti burung hummingbird lainnya. Burung ini memiliki bentuk fisik yang sangat eksotis dan pastinya menarik siapa saja yang melihat burung ini.

Nah, pastinya menarik bukan untuk mengetahui berbagai macam informasi di balik burung indah ini. Maka simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Burung endemik dari negara Peru

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantiktheguardian.com

Burung Marvelous spatuletail merupakan salah satu burung unik yang hanya dapat ditemui di negara Peru sebelah utara, tepatnya pada daerah Rio Utchubamba. Pada area tersebut merupakan dataran tinggi, yang masih berada pada area daratan Amazon di Peru. Sementara burung ini pertama kali ditemukan oleh kolektor Andrew Matthews pada tahun 1835, serta diidentifikasi sebagai salah satu jenis hummingbird. 

2. Memiliki ukuran yang kecil dan buntut cantik

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantikperuvianamazontours.com

Marvelous spatuletail merupakan jenis burung kecil dan eksotis, karena memiliki ukuran panjang yang hanya mencapai 15 cm saja. Namun burung ini termasuk jenis hummingbird yang memiliki ukuran medium, serta ukuran betinanya lebih kecil dibandingkan pejantannya. 

Bentuk fisik burung ini juga sangat menarik, karena memiliki buntut unik yang bentuknya mirip dengan spatula. Sehingga burung ini dijuluki dengan marvelous spatuletail, serta memiliki berbagai macam warna yang terdiri dari hijau, biru, putih dan hitam yang begitu mengagumkan. 

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

3. Makanannya berupa nektar dari bunga

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantikcharismaticplanet.com

Makanan utama dari burung Marvelous spatuletail ini berupa nektar yang sama seperti kebanyakan burung-burung hummingbird lainnya, karena ia memiliki paruh yang panjang. Selain itu, burung ini juga banyak menghabiskan waktunya di atas pohon, untuk mencari makanan dari bunga-bunga, terutama bunga lily merah. 

4. Termasuk burung yang memiliki sexual dimorphism

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantikhbw.com

Marvelous spatuletail termasuk jenis burung cantik yang terkenal akan buntutnya yang berbentuk seperti spatula. Biasanya buntut burung ini digunakan sebagai alat penarik perhatian betinanya ketika masa kawin tiba. Hal tersebut disebabkan burung ini termasuk sexual dimorphism, yang mana karakteristik fisik antara betina dan pejantannya berbeda. 

5. Termasuk burung langka dan terancam punah

5 Fakta Burung Marvellous spatuletail yang Miliki Buntut Cantikbirdforum.net

Burung Marvelous spatuletail termasuk jenis hewan langka yang hanya menghuni wilayah kecil di utara Peru. Bahkan, burung ini masuk dalam kategori endangered menurut IUCN Red List, karena populasinya yang semakin berkurang dari tahun ke tahunnya. Berkurangnya populasi burung ini disebabkan semakin berkurangnya habitatnya, serta maraknya deforestasi. 

Namun sudah terdapat berbagai penangkaran dan rehabilitasi untuk meningkatkan populasi burung cantik ini, terutama pada area Pomacochas. 

Itu dia beberapa fakta menarik dari burung Marvelous spatuletail yang merupakan binatang endemik dari Peru ini. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian.

Baca Juga: 7 Fakta Great Horned Owl, Burung Hantu dengan Cengkeraman Mematikan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya