Comscore Tracker

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Air

Kesemuanya merupakan predator

Serangga merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki ukuran kecil yang hidup berdampingan dengan manusia dan hewan lainnya. Namun serangga umumnya hanya hidup di darat, baik di pepohonan ataupun di sekitar permukiman. Akan tetapi terdapat beberapa spesies serangga yang hidup di air, atau disebut juga dengan serangga air yang mana mereka memiliki habitat utama dalam air. 

Semestinya serangga tersebut memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan serangga pada umumnya. Bagi kamu yang penasaran dengan jenis serangga tersebut, pastinya gak boleh melewatkan ulasan berikut ini.

1. Giant water bug

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Airflickr.com

Giant water bug merupakan serangga air yang memiliki habitat di berbagai belahan dunia terutama pada iklim tropis. Tetapi banyak spesies serangga predator ini banyak tersebar di Benua Amerika, di mana beberapa spesies mampu tumbuh sampai lebih dari 12 cm. Serangga ini memangsa berbagai macam hewan air seperti siput, serangga, ikan bahkan katak. Namun di beberapa tempat di Asia, seperti Thailand dan Vietnam memanfaatkan serangga ini sebagai salah satu hidangan utama. 

2. Backswimmer

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Airflickr.com

Backswimmer memiliki keunikan tersendiri dibandingkan serangga air lainnya, yang mana ia berenang terbalik dan berenang ke atas bawah. Serangga ini masuk dalam ordo Hemiptera, dengan ukuran tubuh antara 0,5-1,5 cm. Hewan air ini merupakan predator yang mana mampu memangsa kecebong dan ikan kecil, serta ia mampu menyimpan cadangan oksigen dalam perutnya ketika berada di dalam air. 

Baca Juga: Walau pun Kecil, 7 Serangga Ini Sangat Berbahaya Bagi Manusia

3. Diving Beetles

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Airwarrenphotographic.co.uk

Selanjutnya terdapat Diving Beetles yang memiliki nama latin Dytiscidae, terdiri dari ratusan spesies yang tersebar di air tawar seluruh dunia. Ukuran rata-rata serangga ini mencapai 1-2,5 cm, tetapi terdapat spesies Great diving beetle (Dytiscus marginalis), yang tumbuh hingga sepanjang 2-3,5 cm dan tersebar di Eropa dan Asia. Hewan ini tergolong sebagai predator dan memiliki mangsa utama berupa serangga, ikan bahkan katak.

4. Water Scorpion

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Airflickr.com

Water Scorpion bukan termasuk dalam jenis kalajengking, namun ia tergolong sebagai serangga air yang memiliki kaki depan mirip dengan capit kalajengking. Serangga yang bernama latin Nepidae tersebut tinggal luas di seluruh dunia kecuali Antartika, dengan panjang tubuhnya antara 1,5 hingga 6 cm. Hewan predator ini memiliki mangsa utama berupa serangga lain, tapi terkadang juga memangsa kecebong dan ikan kecil.

5. Water Strider

Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Airpixabay.com

Water strider mempunyai keunikan karena dapat berjalan di atas permukaan air, meskipun berada di permukaan, serangga ini tetap digolongkan sebagai serangga air. Serangga bernama latin Gerridae ini umumnya memiliki ukuran panjang antara 2 hingga 25 mm. Selain itu serangga tersebut termasuk predator yang memangsa serangga yang jatuh ke dalam air, namun water strider juga banyak menjadi mangsa dari hewan lain, seperti burung dan ikan. 

Baca Juga: 7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Dunia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya