Comscore Tracker

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombia

Sayangnya, burung ini hampir punah

Blue-billed curassow merupakan salah satu burung unik dan hanya dapat ditemui di Amerika Selatan, tepatnya di wilayah Negara Kolombia. Burung bernama latin Crax alberti ini masuk dalam genus Crax dan tergolong dalam keluarga Cracidae yang tidak dapat terbang.

Tentunya burung ini memiliki berbagai keunikan yang menarik untuk diketahui dan menambah pengetahuanmu. Buat kamu yang penasaran dengan berbagai macam fakta dari burung ini. Dilansir American Bird Conservancy dan NationalZoo, langsung saja simak ulasannya berikut ini. 

1. Hanya dapat ditemui di Kolombia

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombianationalzoo.si.edu

Burung blue-billed curassow atau yang juga dijuluki dengan blue-knobbed curassow ini merupakan burung asli dari Kolombia dan tidak dapat ditemui di negara lain. Selain itu burung ini hanya dapat ditemui di sebelah utara negara ini, tepatnya di pesisir Karibia dan banyak terdapat di dekat Sungai Magdalena. 

Sedangkan, habitat utama burung ini terdapat di area tropis dan subtropis serta cenderung banyak ditemui di hutan hujan tropis pada dataran rendah. 

2. Merupakan burung dengan fisik yang unik

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombiaebird.org

Bentuk fisik burung ini sangat unik karena memiliki bentuk yang cukup besar dengan panjangnya mencapai 83-93 cm. Sementara, beratnya antara 3-4 kg dengan ukuran pejantannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan betinanya.

Selain itu, warna antara keduanya juga berbeda satu sama lain, yakni pada betinanya memiliki warna cokelat pada bagian bawah perutnya dan terdapatnya warna putih pada burung ini. Sementara, pejantannya memiliki warna hitam legam dan mempunyai warna biru pada paruhnya. 

Baca Juga: 7 Burung Tak Bisa Terbang yang Telah Punah, Salah Satunya Burung Gajah

3. Termasuk burung terestrial dan omnivor

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombiainstagram.com/breinertarazona/

Burung ini termasuk jenis burung terestrial yang banyak menghabiskan waktunya di tanah dibandingkan di pohon atau tempat lainnya. Burung ini termasuk omnivor atau pemakan segala. Ia juga mencari makan di tanah dari berbagai macam buah yang jatuh, rumput, serangga, siput, dan hewan kecil lainnya. 

Meskipun termasuk burung terestrial, saat musim kawin, burung ini akan berada di atas pohon untuk menjaga sarang mereka dari berbagai pemangsa. 

4. Memiliki suara yang unik

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombianeotropical.birds.cornell.edu

Suara burung ini terdiri dari dua macam: suara nyaring melengking dan suara rendah yang berasal dari tenggorokan. Mereka juga memiliki panggilan darurat atau peringatan yang mereka tujukan pada sesama dalam bentuk siulan yang khas. Di samping itu, suara burung ini juga dipergunakan untuk menarik para betina saat masa kawin tiba. 

5. Salah satu burung terlangka di Kolombia

5 Fakta Blue-billed Curassow, Jenis Burung Langka Asal Kolombiabirdguides.com

Blue-billed curassow merupakan salah satu burung dilindungi di Kolombia, bahkan burung ini termasuk sangat langka dan hampir punah. Menurut IUCN Red List, burung ini termasuk kategori critically endangered karena di alam liar jumlah burung ini hanya tersisa 250-500 ekor saja.

Selain itu, jumlah burung ini semakin berkurang dari tahun ke tahunnya yang banyak disebabkan oleh semakin tergerusnya habitat alaminya. 

Itu tadi beberapa fakta menarik mengenai burung blue billed currasow yang pastinya bisa menambah wawasan kamu.

 

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya