Comscore Tracker

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  

Ini burung berukuran sangat besar asal Afrika

Shoebill merupakan salah satu jenis burung air besar yang memiliki bentuk unik dan tinggal di Benua Afrika. Burung yang juga disebut whale-headed stork ini termasuk dalam genus Balaeniceps dan keluarga Balaenicipitidae. Selain itu, burung bernama latin Balaeniceps rex ini memiliki berbagai keunikan dan fakta menarik dari karakter fisik maupun sifatnya. 

Tentunya kalian yang ingin tahu kan berbagai fakta menarik mengenai burung besar ini. Yuk, langsung simak beberapa faktanya berikut ini. 

1. Endemik dari Afrika bagian tengah dan timur

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  naturetrek.co.uk

Shoebill merupakan burung yang unik dan hanya dapat ditemui atau endemik dari wilayah tropis di Afrika sebelah timur dan tengah, tepatnya dari wilayah selatan Sudan hingga Zambia. Sedangkan habitatnya berada di rawa-rawa dan dataran banjir air tawar yang ada pada area tropis. 

Selain itu, burung ini juga lebih menyukai untuk tinggal pada area yang memiliki rerumputan tinggi, seperti jenis tumbuhan papyrus dan lainnya. Serta bukan termasuk burung migrator, tapi apabila persediaan makanannya berkurang dan jenis burung pemalu sehingga apabila adanya gangguan dari manusia, mereka akan pindah ke area lain yang tidak jauh. 

2. Berkerabat dekat dengan pelikan dibanding bangau

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  instagram.com/hofmannflo/

Burung Shoebill ini menjadi salah satu burung yang unik dan memiliki kemiripan dengan jenis burung pelikan maupun bangau yang berhabitat di area perairan. Dilansir dari Mentalfloss, dulunya terdapat perdebatan mengenai burung Shoebill ini, karena memiliki bentuk fisik yang identik dengan bangau maupun pelikan.

Hingga kemudian pada penelitian terbaru yang mengambil sampel dari DNA dan sampel cangkang telurnya mendapati bahwa burung ini lebih berkerabat dekat dengan burung pelikan yang masuk keluarga Pelecaniformes

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

3. Mempunyai paruh besar dan amat kuat

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  insider.com

Paruh burung Shoebill sangatlah kuat dan besar, yang mana dapat tumbuh hingga sepanjang 24 cm tebalnya mencapai 20 cm. Serta pada bagian ujungnya terdapat bagian runcing dan tajam, yang mampu mengoyak dan memotong mangsanya secara cepat hingga langsung menelannya. 

Sementara makanan utama dari burung besar ini berupa lungfish dan berbagai jenis ikan lainnya. Menurut laman Audubon, selain jenis ikan tak jarang pula burung ini dapat memangsa anak buaya dan buaya kecil. 

4. Termasuk burung yang sangat besar

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  heraldextra.com

Bicara mengenai burung Shoebill ini tentu banyak pertanyaan mengenai ukurannya yang bisa dibilang sangat besar. Ukuran tingginya bahkan mampu mencapai antara 110-140 cm dan bahkan bisa mencapai 152 cm. Sementara panjang dari ujung paruhnya hingga ekornya mencapai 100 -140 cm dan beratnya berada pada kisaran 4-7 kg. 

Sedangkan warna bulunya didominasi oleh warna abu-abu di sekujur tubuhnya dan terdapat perpaduan putih pada beberapa bagiannya. 

5. Memiliki kebiasaan untuk diam seperti patung

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  instagram.com/babslawrence/

Salah satu hal yang menarik dari burung satu ini adalah kebiasaannya yang cukup aneh, yakni diam seperti patung. Bahkan burung ini dianggap sebagai burung tersabar, karena akan berdiam selama berjam-jam untuk menunggu mangsanya datang dan kemudian menangkapnya. 

Di sisi lain, terdapat kebiasaan aneh lainnya dari burung ini seperti yang dilansir dalam laman Mentalfloss, di mana burung ini selalu melakukan urohydrosis. Yakni membuang kotoran pada kakinya sendiri untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. 

6. Shoebill termasuk burung langka dan terancam punah

6 Fakta Burung Shoebill, Titisan Hewan Purba yang Super Unik  instagram.com/chigo_tours/

Sayangnya burung Shoebill ini masuk dalam burung terancam punah yang tergolong kategori vulnerable menurut IUCN Red List. Menurut Audubon, populasi binatang ini di alam liar juga terus menurun dan hanya tersisa sekitar 3300-5300 ekor saja di alam liar pada penelitian di tahun 2016, yang menurun dari tahun 2008 yang mencapai antara 5000-8000 individu. 

Terus berkurangnya populasinya disebabkan banyaknya perburuan baik untuk diambil kulitnya ataupun untuk ditangkap untuk dijadikan sebagai peliharaan eksotis berharga mahal. 

Tidak hanya itu saja, menurut Audubon, binatang ini termasuk pemalu sehingga ia membutuhkan ruang yang cukup besar untuk dirinya sendiri ketika mengerami. Karenanya, apabila ada manusia yang mendekat ke sarangnya ia akan meninggalkan telur dan anaknya. Sehingga sangat anak dan telurnya sangat riskan akan dimangsa oleh ular, kadal ataupun elang. 

Itu tadi keenam fakta menarik mengenai burung Shoebill yang unik banget ini. Mari yuk kita jaga kelestarian berbagai binatang langka di sekitar kita. 

Baca Juga: 5 Fakta Burung Royal Flycatcher, Punya Jambul Mirip Kipas Warna-warni

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya