Comscore Tracker

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskan

Salah satu jenis katak yang tinggal di gurun

Katak merupakan salah satu binatang amfibi yang cenderung hidup di dua alam, baik di daratan maupun di perairan. Namun, ada pula jenis katak yang tinggal di area gurun yang memiliki julukan desert rain frog. Mungkin kamu belum pernah tahu jenis katak ini. Katak ini memiliki ciri khas yang unik dan pastinya memiliki bermacam fakta di baliknya.

Buat kamu yang ingin tahu apa saja fakta di balik katak bernama latin Breviceps macrops ini. Dilansir laman All Thats Interesting dan Sanctuary Asia, langsung saja lihat ulasannya berikut ini. 

1. Hanya dapat ditemui di pesisir barat bagian selatan Benua Afrika

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskancritter.science

Desert rain frog merupakan jenis amfibi endemik dari Benua Afrika, tepatnya masuk dalam wilayah negara Afrika Selatan dan Namibia. Area perbatasan kedua negara tersebut menjadi bagian dari Gurun Kalahari yang menjadi gurun terbesar di sebelah selatan benua hitam. 

Meskipun binatang amfibi ini tinggal di gurun yang sangat terkenal sangat kering, tapi katak ini terdapat di area pesisir yang memiliki pasir lebih lembap. Selain itu, katak ini banyak menghabiskan waktunya di bawah pasir dan keluar hanya ketika malam hari. 

2. Mempunyai bentuk fisik yang aneh, tapi menggemaskan

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskanamphibianfact.com

Desert rain frog memiliki bentuk yang berbeda dan tak lazim dibandingkan dengan jenis katak pada umumnya. Katak ini memiliki bentuk tubuh yang membulat serta kaki kecil dan moncong yang cenderung pendek. Sedangkan, ukurannya juga terbilang kecil yang hanya mampu tumbuh sepanjang 4-6 cm. 

Warna katak ini cenderung kuning agak kecokelatan pada bagian atasnya, sedangkan bagian perutnya berwarna putih. Namun, tak jarang pula terdapat banyak pasir yang menempel di kulitnya sehingga berwarna menyerupai pasir.

3. Sama sekali tidak hidup di perairan

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskanallthatsinteresting.com

Nah, salah satu perbedaan dari katak ini dibandingkan dengan katak pada umumnya ialah ia tidak pernah hidup di dalam air. Bahkan, ketika menetas menjadi berudu, binatang ini tidak berada di dalam air seperti katak pada umumnya.

Di samping itu, menurut laman Sactuaryasia, saat awal menetas, terdapat jelly yang nantinya berubah menjadi cairan dan berfungsi agar berudu dapat bertahan hingga menjadi katak kecil meskipun berada di lingkungan gurun yang kering. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Menyebabkan Hewan-hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat

4. Suka berdiam diri di dalam pasir

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskanherpsafari.nl

Katak ini juga memiliki keunikan lainnya karena suka berdiam diri di dalam pasir yang ada di pesisir pantai. Binatang ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam pasir dalam kedalaman 10-20 cm untuk bertahan hidup dari cuaca kering gurun.

Pada kedalaman tersebut, katak ini dapat mempertahankan kelembapan kulitnya, terutama pada siang hari ungkap All Thats Interesting. Lalu katak ini hanya akan keluar pada malam hari untuk mencari makan yang berupa serangga dan berbagai hewan invertebrata lainnya. 

5. Memiliki suara yang mirip mainan

https://www.youtube.com/embed/HBxn56l9WcU

Menurut Sanctuaryasia, hewan ini hanya akan mengeluarkan suara lucunya saat terancam oleh binatang lain. Karena suaranya tersebut, katak ini terdengar lucu dan begitu menggemaskan. Belum lagi badannya yang berbentuk bundar yang seperti halnya mainan squishy. Gemas!

6. Populasinya semakin menurun akibat kerusakan lingkungan

6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskansanctuaryasia.com

Desert rain frog termasuk binatang yang terancam dikarenakan binatang ini hanya tinggal pada area yang sempit yang ada di sebelah barat pesisir barat Afrika Selatan dan Namibia. Kini, binatang amfibi ini masuk dalam kriteria near threatened menurut IUCN Red List

Selain itu, terdapatnya penambangan berlian di sekitar habitatnya membuat keberadaan binatang ini terancam. Itu karena adanya limbah yang mengancam keberadaan katak ini.

Nah, itu tadi sederetan fakta menarik dari desert rain frog yang termasuk jenis katak yang menggemaskan. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu, ya. Selain itu, mari jaga keberadaan binatang di sekitar kita.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya