Comscore Tracker

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjang

Salah satu binatang unik di Amerika Selatan

Amerika Selatan sudah dikenal sebagai kawasan yang unik karena menyimpan keanekaragaman hayati yang unik. Tak heran jika kawasan ini memiliki ragam flora dan fauna endemik yang tidak dapat ditemui di benua lainnya. Salah satu binatang unik yang ada di Amerika Selatan adalah maned wolf atau serigala maned yang termasuk dalam keluarga Canidae

Binatang bernama latin Chrysocyon brachyurus ini merupakan yang terbesar di antara keluarganya yang ada di Amerika. Selain itu, mamalia ini juga menyimpan berbagai fakta menarik lainnya. Mau tahu apa saja faktanya, langsung simak ulasannya berikut ini. 

1. Tinggal di sebagian besar wilayah Amerika Selatan

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjanginstagram.com/dailyanimalfactss/

Serigala maned tinggal di sebagian besar wilayah Amerika Selatan, terutama bagian timur dan selatan. Hewan ini tersebar di wilayah negara Brasil, Argentina, Bolivia, Paraguay dan wilayah selatan Peru.

Selain itu, menurut laman National Zoo menyatakan bahwa binatang ini menghuni area cerrado yang merupakan bioma luas yang tersebar di bagian tengah Amerika Selatan. Pada area cerrado ini meliputi padang sabana, padang rumput dan dataran banjir, ungkap laman Animalia. 

2. Termasuk serigala terbesar di Amerika Selatan

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjang.zoo-leipzig.de

Serigala maned termasuk keluarga Canidae terbesar di Amerika Selatan, bahkan ukurannya hampir sama dengan serigala abu-abu dari Rusia. Keunikan lain dari serigala ini adalah bentuk fisiknya seperti halnya perpaduan antara rubah dan serigala dengan moncong pipih dan bulu berwarna merah kecoklatan.

Serigala ini memiliki ukuran yang besar mencapai panjang serigala ini mencapai 1,2 meter dan beratnya mencapai 20-30 kg. Selain itu, mamalia ini sudah berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan habitatnya di padang rumput. Bahkan serigala ini jadi yang tertinggi dibandingkan kerabatnya, dengan tinggi 90 cm. 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Dire Wolf, Serigala Purba Penguasa

3. Termasuk serigala pemakan segala atau omnivora

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjangadelaidezoo.com.au

Keunikan lain dari serigala maned adalah sifatnya yang pemakan segala atau omnivora. Berbeda dengan kerabatnya yang mayoritas tergolong karnivora dan memangsa binatang yang lebih besar. Sedangkan serigala ini cenderung memangsa binatang yang lebih kecil seperti tikus, kelinci bahkan serangga. 

Sementara itu, makanan utamanya adalah buah lobeira yang tersebar luas di padang sabana Brasil. Selain itu, ia juga menyukai buah-buah kecil serta sayuran yang jadi 50 persen dari makanannya. 

4. Termasuk binatang monogamous dan memiliki sifat teritorial

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjangstatesville.com

Serigala maned adalah binatang soliter yang berarti cenderung hidup sendiri tanpa bergabung bersama kawanan atau kelompok kecil. Selain itu, ia juga memiliki sifat monogamous, sehingga akan setia pada satu pasangannya ketika musim kawin tiba. 

Berdasarkan National Zoo, serigala ini memiliki kebiasaan unik untuk menggunakan air seni dan fesesnya sebagai penanda wilayah teritorinya. Aroma air seninya yang tajam seperti marijuana digunakan sebagai pembatas wilayah dan umumnya terdapat pada sarang rayap ataupun bukit kecil. 

5. Termasuk binatang diurnal dan crepuscular

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjangdestinationwildlife.com

Keunikan lain dari mamalia ini adalah siklusnya yang berbeda-beda tergantung dengan area yang ditinggalinya. Apabila binatang ini menghuni wilayah negara Bolivia, ia akan aktif siang maupun malam hari ketika musim penghujan. Sedangkan saat musim panas ia hanya aktif di malam hari atau nokturnal.

Sebaliknya serigala maned yang hidup di Brasil cenderung aktif di siang hari atau diurnal saat musim panas. Sementara saat musim penghujan ia akan cenderung aktif pada sore hingga malam hari atau crepuscular, ungkap laman Mentalfloss

6. Termasuk binatang yang terancam punah

5 Fakta Maned Wolf, Jenis Serigala dengan Kaki Terpanjanginstagram.com/wild.planet/

Sayangnya serigala maned termasuk binatang yang rawan punah, sehingga diklasifikasikan dalam kriteria near threatened menurut IUCN Red List. Bahkan hanya tinggal 17.000 ekor yang tersisa di alam liar dan sebagian besar di antaranya tinggal di negara Brasil. 

Bahkan populasinya semakin berkurang dari tahun ke tahun, menurut Mentalfloss populasi serigala ini berkurang 20 persen dalam 15 tahun terakhir. Penyebab populasinya yang semakin menurun akibat semakin sempitnya habitat alami serigala ini. Di samping itu, ia kerap dianggap sebagai pemburu ayam bagi peternak, sehingga seringkali diburu oleh peternak setempat. 

Nah, itu tadi keenam fakta mengenai serigala maned yang termasuk salah satu binatang unik di Amerika Selatan. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang fauna di dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Shikoku, Anjing Menggemaskan dengan Wajah Mirip Serigala

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya