Comscore Tracker

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Dunia

Bentuknya kecil dan menggemaskan banget!

Penguin memang dikenal sebagai burung laut yang memiliki habitat di pantai, dengan iklim dingin serta bentuk tubuh lucu dan tingkah yang menggemaskan. Umumnya, burung ini memiliki ukuran yang cukup besar. Namun ada juga penguin berukuran kecil yang bernama Little penguin (Eudyptula minor). Selain itu burung ini juga memiliki banyak dijuluki seperti, Little blue penguin, Fairy penguin, Blue penguin dan Korora. 

Burung ini termasuk jenis penguin terkecil di dunia, yang pastinya memiliki fakta-fakta menarik. Buat kalian yang penasaran dengan jenis penguin menggemaskan ini, maka langsung saja simak yuk ulasannya berikut ini. 

1. Ukurannya kecil dibanding penguin lainnya

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Duniaworldlifeexpectancy.com

Little penguin atau yang juga dipanggil Blue penguin ini memiliki tinggi 41-44 cm serta memiliki berat badan hanya 1 kg. Ukuran pejantannya sedikit lebih besar dibandingkan betinanya dan selalu hidup berkelompok. Sedangkan warna burung ini didominasi warna biru indigo dan abu-abu pada bagian kepala hingga punggungnya, yang membuatnya disebut little blue penguin, serta bagian perutnya berwarna putih. 

2. Endemik dari belahan dunia selatan

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Duniabirdsflight.com/

Penguin kecil ini mempunyai habitat alami di Australia pesisir selatan dan timur, serta dapat ditemui pula di Selandia Baru. Selain itu penguin ini juga banyak ditemui di Taman Nasional Phillip Island yang terletak tidak jauh dari Kota Melbourne. Tak hanya itu saja burung ini juga ditemukan di dekat Perth, Sydney dan Pulau Tasmania.

Sedangkan masa hidup dari penguin kecil ini hanya mencapai rata-rata 6-7 tahun saja, tapi adapun yang mampu hidup hingga 20 tahun lamanya. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Penguin Afrika, Penguin yang Hidup di Daerah Tropis

3. Lebih banyak menghabiskan waktu di air

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Duniajervisbaywild.com.au

Little penguin lebih banyak menghabiskan waktunya di perairan dibandingkan di daratan yang ketika musim dingin, dengan menangkap makanan utamanya yang berupa ikan kecil, seperti Barracouta, Anchovies dan lainnya. Little penguin juga sangat gesit, yang mana mampu berenang hingga kecepatan lebih dari 6 km/jam.

Serta saat berada di darat ia cenderung banyak bersembunyi di lubang. Lain halnya apabila sedang mengerami, maka penguin ini cenderung banyak berada di daratan, dibandingkan di perairan. 

4. Masa bertelur ketika musim panas

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Duniaaustraliangeographic.com.au

Sementara untuk masa kawin penguin ini ada pada bulan Juni hingga Agustus dan mampu menghasilkan dua telur dalam sekali kawin. Selain itu baik pejantan maupun betinanya akan mengerami telurnya bersama-sama, serta akan mengerami sampai jangka waktu 35 hari atau lima minggu lamanya.

Setelah menetas, induknya masih akan memberi makan secara rutin pada lima minggu pertama. Setelah itu, anak-anak penguin akan dipaksa keluar dari sarangnya dan langsung dapat berenang serta berburu makanannya sendiri. 

Sedangkan panjang usia burung penguin ini hanya mencapai 6 tahun saja

5. Terdapat ancaman yang mengintai penguin ini

5 Fakta Little Penguin, Spesies Penguin Terkecil di Duniaebird.org

Meskipun bukan tergolong hewan dilindungi dan langka, akan tetapi juga terdapat ancaman untuk penguin ini. Salah satu ancaman utamanya adalah kerusakan lingkungan, polusi, adanya berbagai predator yang dibawa oleh manusia ke habitat alaminya. Menurut National Geographic, masalah besar yang mengancam keberadaan penguin ini adalah perubahan iklim, yang mana meningkatnya suhu perairan lebih hangat. Sedangkan penguin cenderung senang berada pada keadaan air dingin untuk mendapatkan banyak ikan. 

Nah itu tadi beberapa fakta dari Little penguin, spesies penguin terkecil di dunia yang kecil dan imut. Mari kita jaga ya, kelestarian penguin kecil ini. 

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya