5 Fakta Utahraptor, Dinosaurus Raptor Terbesar di Bumi

Termasuk salah satu dinosaurus paling berbahaya

Mengulas tentang dinosaurus memang seakan tidak ada habisnya. Salah satu jenis dinosaurus yang cukup terkenal adalah raptor. Pasalnya, raptor termasuk dinosaurus pemakan daging yang ganas, meski ukurannya terbilang kecil.

Berbeda dari raptor pada umumnya, utahraptor dikenal sebagai dinosaurus raptor terbesar yang ada di muka bumi. Bahkan, ukurannya jauh melebihi ukuran manusia dewasa yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu dinosaurus berbahaya.

Selain di atas, masih ada beberapa fakta menarik yang menaungi binatang purba ini. Mau tahu apa saja faktanya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Fakta Gigantoraptor, Dinosaurus Raptor Mirip Burung Raksasa

1. Utahraptor adalah dinosaurus asal Utah, Amerika Serikat

Utahraptor atau yang memiliki nama latin Utahraptor ostrommaysorum adalah dinosaurus yang berasal dari Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Utah. Dinosaurus berjenis raptor ini diperkirakan hidup pada zaman Cretaceous Awal atau sekitar 125 juta tahun yang lalu.

Maka dari itu, selain menjadi raptor terbesar di muka Bumi. Utahraptor disebut sebagai raptor tertua dibandingkan kerabatnya yang lain, seperti deinonychus dan velociraptor yang hidup pada Cretaceous Akhir.

Reptil purba ini ditemukan oleh seorang paleontologis bernama Jim Kirkland pada tahun 1991, di Moab, Utah. Sementara nama Utah disematkan dalam dinosaurus ini lantaran terinspirasi dari penamaan klub basket NBA, Toronto Raptors.

Pasalnya, hal itu merefleksikan bagaimana kerja keras dan rintangan beserta kesulitan yang dihadapi ilmuwan untuk dapat menemukan fosil utahraptor tersebut. Sebelumnya, terdapat wacana untuk menamainya dengan Utahraptor spielbergi di tengah maraknya film Jurassic Park, dilansir dari Smithsonian

2. Ukurannya lebih besar dari manusia dewasa

5 Fakta Utahraptor, Dinosaurus Raptor Terbesar di Bumiutahraptor (twitter.com/Nozzivix)

Meskipun masuk sebagai dinosaurus raptor yang dikenal berukuran kecil, tapi utahraptor memiliki ukuran yang besar. Reptil purba yang masuk dalam keluarga dromaeosaurs ini mempunyai panjang yang mencapai 6 meter disertai tinggi 1,5 meter.

Sedangkan beratnya yang mencapai 1 ton membuatnya didapuk sebagai dinosaurus raptor terbesar di muka Bumi. Bahkan beratnya diketahui enam kali lipat dibanding kerabatnya, velociraptor. Maka dari itu, utahraptor sering kali disebut sebagai velociraptor berukuran raksasa.

Dikutip New Dinosaurs, hal yang membuat utah raptor disebut salah satu karnivora berbahaya adalah kukunya. Pasalnya, ia memiliki kuku kaki yang mencapai 9-12 inchi yang diperkirakan berguna untuk memangsa dan mencabik daging dinosaurus herbivora.