Comscore Tracker

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget 

Memiliki hewan endemik yang terancam punah

Fiji merupakan negara yang berlokasi di Samudera Pasifik yang terdiri dari pulau utama dengan pulau-pulau kecil di seklilingnya. Negeri ini memiliki iklim tropis yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, yang tidak jauh dari garis equator. Maka dari itu negara pulau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik ini memiliki beragam jenis flora dan fauna menarik di dalamnya yang tidak dapat ditemui di wilayah lain. 

Tentunya bagi kalian yang penasaran dengan berbagai macam hewan endemik dari Pulau Fiji, harus banget menyimak beberapa ulasan berikut ini. 

1. Fiji banded Iguana

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget nationalzoo.si.edu

Salah satu hewan menarik yang ada di Fiji adalah Fiji banded iguana yang termasuk spesies iguana yang berada pada area terisolir. Hewan ini dapat ditemui di beberapa pulau di sekitar Fiji, seperti Tonga, Wakaya dan lainnya. Reptil ini aktif pada siang dan malam hari, dengan warna yang mengaggumkan perpaduan garis hijau dan putih. Sementara iguana ini termasuk kategori terancam dan merupakan hewan herbivor pemakan buah, tanaman dan bunga. 

2. Fiji crested Iguana

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget invasivespeciesinitiative.com

Selain Fiji banded iguana, terdapat Fiji crested Iguana yang merupakan reptil asli dari Kepulauan Fiji, terutama pada bagian utara. Iguana ini memiliki warna yang hampir sama dengan Fiji banded iguana, namun dengan garis hijau dan putih, serta lebih terlihat tidak beraturan. Selain itu iguana ini ditemukan di hutan kering, serta sering berada pada bawah pohon untuk melindungi dari sengatan matahari. Reptil ini termasuk herbivor dengan makanan utamanya berupa daun, buah, rerumputan. 

3. Ular fiji

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget sciencesource.com

Ular fiji merupakan spesies ular asli dari Fiji, di mana hanya ditemukan di Pulau Viti Levu, Fiji. Ular ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan memiliki warna tubuh hitam pekat. Selain itu, ular ini masuk dalam kategori dalam bahaya dikarenakan tergusurnya habitat alami hewan ini akibat kebakaran hutan dan kerusakan lingkungan. 

4. Long tailed fruit bat

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget en.wikipedia.org

Kemudian terdapat Long tailed fruit bat yang termasuk kelelawar asli dari Fiji dan Vanuatu. Kelelawar ini termasuk salah satu keluarga Pteropidide, yang berhabitat pada pegunungan, dan goa, dengan membentuk koloni. Sedangkan makanan utama binatang ini adalah berbagai jenis buah, akan tetapi kelelawar ini masuk dalam kategori terancam punah, karena kerusakan lingkungan dan perburuan.

5. Fijian monkey-faced bat

5 Hewan Asli dari Pulau Fiji yang Unik Banget pinterest.com

Terakhir ada Fijian monkey-faced bat yang termasuk kelelawar besar endemik dari Pulau Taveuni, Fiji. Kelelawar ini termasuk dalam kategori hewan kritis dalam bahaya, akibat kehilangan habitat alami, tumbuhnya perkotaan dan perubahan iklim. Terdapat upaya yang dilakukan guna mencegah kepunahan hewan satu ini, di mana diperkirakan sudah ada lebih dari 1.000 individu yang hidup di alam liar. 

Itu dia beberapa hewan endemik dari Fiji, yang harus kita lestarikan. 

Brahm - Photo Community Writer Brahm -

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You