Comscore Tracker

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!

Beberapa spesies termasuk dalam bahaya

Sri Lanka merupakan salah satu negara di Asia Selatan yang terletak di tenggara India dan juga terletak tidak terlalu jauh dari Indonesia. Negara ini mempunyai iklim tropis, serta memiliki beragam hutan hujan tropis dengan nuansa alam yang masih cukup alami.

Maka tidak heran jika terdapat berbagai hewan endemik yang berasal dari negara pulau seluas 65,610 km² ini. Selain itu karakteristik fisik dari hewan ini berbeda dengan kebanyakan hewan yang ada di di India dan Asia Selatan lainnya. 

Berikut beberapa hewan endemik asli dari Sri Lanka yang menarik banget buat disimak ulasannya.  

1. Gajah Sri Lanka

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!andbeyond.com

Gajah Sri Lanka menjadi salah satu sub-spesies Gajah Asia yang hanya ditemukan di negara tersebut. Bentuk fisik gajah ini mempunyai ukuran lebih besar dari Gajah Asia lainnya, dengan warna kulit cenderung lebih hitam dibandingkan lainnya. Selain itu binatang besar ini termasuk dalam bahaya, di mana hampir setengah dari jumlahnya berkurang pada tiga generasi ini.

Serta Sri Lanka merupakan negara dengan jumlah kepadatan gajah terbesar di dunia, yang mengakibatkan banyaknya konflik antara manusia dan gajah, serta banyaknya perburuan, serta penggundulan hutan yang mengakibatkan berkurangnya populasi gajah.

2. Macan Tutul Sri Lanka

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!cinnamonnaturetrails.com

Selanjutnya terdapat hewan asli dari Sri Lanka lainnya yakni Macan Tutul Sri Lanka yang juga termasuk hewan dalam bahaya, yang mana jumlahnya hanya sekitar 700-950 ekor pada tahun 2015.

Macan ini memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan Indian leopards, dengan berat sekitar 50 kg dan panjang tubuh 1,04 meter. Kucing besar ini tersebar di beberapa area taman nasional di pulau ini dan mampu beradaptasi pada beberapa iklim yang berbeda. 

Baca Juga: Ini 7 Hewan Menyeramkan yang Akan Kamu Temukan di Gua, Pernah Lihat?

3. Sri Lankan sambar deer

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!travellingpearllanka.com

Sri Lankan sambar deer merupakan salah satu jenis rusa besar yang tinggal di Sri Lanka, dengan berat tubuh mencapai 270-280 kg. Hewan bernama latin Rusa unicolor ini menjadi salah satu subspesies Rusa Sambar terbesar dibanding lainnya. Selain itu binatang herbivora ini mampu tinggal di area pegunungan dan hutan kering, di mana rusa ini banyak ditemukan di Horton Plains National Park. 

4. Sri Lankan junglefowl

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!srilankansafari.com

Sri Lankan junglefowl atau disebut juga dengan Ceylon junglefowl termasuk salah satu jenis ayam hutan yang menjadi burung nasional dari Sri Lanka. Ukuran pejantan unggas ini cukup besar yang mana panjangnya antara 66-72 cm dengan berat 1,5 kg, di samping itu  pejantannya memiliki ukuran lebih besar dari betinanya yang hanya mencapai panjang 35 cm dan berat 500 gram. Selain itu habitat utamanya berada di hutan dan padang rumput kering. 

5. Purple-faced langur

5 Hewan Asli Sri Lanka dengan Bentuk yang Unik, Lucu Banget!flickr.com

Terakhir ada Purple-faced langur yang termasuk primata endemik dari Sri Lanka, yang masuk kategori dalam bahaya. Bentuk fisik dari monyet ini berwarna coklat, dengan wajah kehitam-hitaman, dengan ukuran panjang 50-67 cm dan berat mencapai 11,4 kg.

Binatang bernama latin Semnopithecus vetulus ini termasuk hewan yang pemalu dan tinggal di area yang memiliki kelembapan tinggi, serta memakan berbagai buah, bunga dan rumput. Namun populasi dari monyet ini semakin menurun akibat tingginya tingkat urbanisasi di Kolombo dan penggundulan hutan.

Unik-unik ya hewan di Sri Lanka!

Baca Juga: 10 Bayi Hewan Ini Ternyata Gak Mirip Sama Induknya

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya