Comscore Tracker

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkan

Banyak makhluk laut yang unik banget 

Dasar laut merupakan salah satu tempat yang memiliki kedalaman lebih dari 1000 meter di bawah permukaan air laut, dan terdapat tekanan yang sangat tinggi di pada dasar lautan tersebut, di mana membuat tempat menjadi rumah makhluk yang unik. Berbagai macam hewan yang terdapat di dasar laut tersebut memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan hewan di laut dangkal, di mana mereka harus beradaptasi dengan berbagai situasi yang ada di dasar lautan. Sehingga menyebabkan makhluk tersebut memiliki bentuk yang aneh dan tak lazim.

Bagi kalian yang penasaran dengan berbagai macam jenis makhluk dasar lautan yang menarik, ada baiknya simak ulasan berikut ini. Pastinya bakalan membuat kalian tercengang melihat bentuk hewan-hewan ini. 

1. Sea Devils

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanmentalfloss.com

Sea Devils merupakan salah satu ikan dasar lautan, dengan bentuk yang aneh dan masuk dalam keluarga Anglerfish. Ikan bernama latin ceratiidae ini mempunyai antena yang dapat menyala dan berguna untuk memikat pasangan pada musim kawin, di samping berguna sebagai alat pemancing mangsa. Hewan satu ini ditemukan di berbagai lautan dari wilayah tropis hingga Antartika, selain itu ikan Sea Devils memiliki ukuran yang mencapai 1,2 meter. Namun ukuran dari betina jauh lebih besar dibandingkan ukuran pejantan yang hanya sepanjang 14 cm saja. 

2. Pelican Eel

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanshoeuntied.wordpress.com

Pelican Eel menjadi salah satu makhluk dasar lautan dengan bentuk yang aneh, di mana mulutnya dapat membesar dan menggelembung, melebihi ukuran tubuhnya untuk menangkap mangsanya. Ikan bernama latin eurypharynx pelecanoides, tersebut memiliki ukuran yang mencapai 0,75 cm, yang mana hidup pada area tropis dan subtropis. Sementara mulutnya yang besar dapat digunakan untuk menjaring mangsanya berupa crustacea kecil, serta kemungkinan untuk menangkap ikan kecil, apabila kekurangan makanan. 

3. Vampire Squid

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanocean.si.edu

Vampire squid merupakan hewan dasar lautan yang mempunyai bentuk tentakel layaknya sebuah payung, di mana hewan ini tergolong cephalopoda kecil. Ukuran panjang maksimum hewan ini hanya mencapai 30 cm dan memangsa hewan kecil zooplankton. Habitat dari hewan bernama latin vampyroteuthis infernalis ini, terdapat hampir pada seluruh lautan dalam, yang memiliki tekanan sangat tinggi. 

Baca Juga: Kami Tahu Hewan Apa yang Paling Kamu Takuti! Yuk, Coba Kuis Ini

4. Deep Sea Dragonfish

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanroaring.earth

Deep Sea Dragonfish adalah ikan dasar lautan yang memiliki muka yang sangat unik, dengan taring yang tajam. Namun hewan ini memiliki ukuran yang kecil, di mana panjangnya hanya mencapai 40 cm, sedangkan ukuran jantannya hanya 5 cm saja. Ikan bernama latin stomiidae ini memiliki kemampuan untuk membuat cahaya sendiri, yang membuat ikan ini dapat melihat di kondisi lautan dalam. 

5. Fangtooth Fish

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanscienceheathen.com

Fangtooth menjadi ikan dasar laut dengan bentuk yang menyeramkan, di mana memiliki taring tajam yang keluar dari mulutnya. Selain itu, ikan bernama latin anoplogaster cornuta ini memiliki ukuran panjang hanya mencapai 18 cm, sedangkan habitatnya terdapat pada area beriklim tropis dan sedang. Ikan ini termasuk predator yang memakan ikan lain dan sejenis crustacea kecil.

6 Pacific Viperfish

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanpinterest.com

Pacific Viperfish adalah ikan pemangsa yang memiliki habitat di dasar laut pada zona Abisal, sekitar 200-5000 m di bawah permukaan laut. Namun pada malam hari ikan ini akan berenang ke atas untuk mencari mangsa, sedangkan pada siang hari akan berada pada habitat aslinya. Hewan ini memiliki mangsa ikan kecil dan crustacea, serta berukuran terbesar yang mencapai 1 kaki.

7. Frilled Shark

7 Hewan Dasar Laut dengan Bentuk yang Aneh dan Menakutkanaustraliangeographic.com.au

Makhluk aneh terakhir adalah Frilled Shark yang merupakan jenis hiu yang masuk dalam keluarga chlamydoselachidae. Hewan ini tersebar di area Samudera Pasifik dan Atlantik dengan ukuran tubuh yang mencapai panjang hingga 2 meter. Ikan ini juga memiliki gigi yang berbentuk jarum kecil, yang mana bakal membuat mangsanya sulit untuk melarikan diri saat ditangkap, serta mampu menelan mangsanya bulat-bulat. Frilled Shark juga menjadi salah satu hewan yang disebut sebagai fosil hidup, karena memiliki sejumlah bentuk tubuh primitif, berbeda dari ikan pada umumnya. 

Bayangkan kalau ketemu varian hewan di atas, kabur nggak kamu?

Baca Juga: 7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 01:45:04

Progress: 759.279 dari 813.350 TPS (93.35206%)

Just For You