Comscore Tracker

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatan

Banyak dari hewan tersebut yang terancam punah

Pegunungan Andes menjadi salah satu bentang alam yang terdapat di Amerika Selatan yang membentang dari utara di Venezuela hingga Chile di Selatan. Pegunungan ini menyimpan berbagai macam fauna dan flora unik yang tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

Salah satu jenis hewan yang banyak di temukan adalah mamalia, dengan berbagai bentuk unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Berikut beberapa hewan mamalia asli dari Pegunungan Andes yang pastinya berbeda dengan jenis mamalia pada area lain.

1. Llama

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatananimalcorner.co.uk

Siapa yang tidak tahu Llama, hewan asli dari Pegunungan Andes pada wilayah negara Peru, Bolivia dan Chile, ini sudah cukup terkenal dengan bentuk tubuh yang mirip dengan unta, dengan bulu tipis.

Binatang ini memiliki tinggi mencapai 1,7-1,8 meter dengan berat hingga 130-200 kg. Llama dapat hidup normal hingga mencapai umur 25 tahun dan beberapa hingga 30 tahun. Hewan herbivora ini juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Inka sebagai tunggangan hingga masyarakat lokal saat ini.

2. Spectacled Bear

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatananimals.sandiegozoo.org

Spectacled bear atau Andean bear menjadi jenis beruang yang hidup di Pegunungan Andes, terutama wilayah negara Peru, Bolivia, Ekuador dan Kolombia. Beruang ini memiliki ukuran medium dengan panjang 180-200 cm, tinggi 100 cm dan berat mencapai 115 kg.

Hewan yang masuk golongan terancam ini merupakan omnivora namun lebih banyak memakan tumbuhan dibandingkan memakan daging.

Baca Juga: 9 Hewan dengan Jumlah Tidur Terlama, Apakah Mereka Malas?

3. Yellow-tailed woolly monkey

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatanlostandfoundnature.com

Yellow-tailed woolly monkey merupakan jenis primata yang sangat langka dan hanya ditemukan di Pegunungan Andes wilayah negara Peru. Ukuran dari monyet mampu tumbuh hingga 53 cm dengan panjang ekor melebihi panjang tubuh yang mencapai 63 cm, serta berat rata-rata dari monyet ini antara 8-12kg.

Selain itu, makanan utama monyet ini adalah buah-buahan, dedaunan, bahkan invertebrata kecil. Namun monyet ini masuk dalam kondisi sangat rentan dan hampir punah akibat hilangnya habitat mereka di alam liar.

4. Andean Cat

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatannews.mongabay.com

Andean cat menjadi jenis kucing endemik Pegunungan Andes yang diklasifikasikan terancam punah, karena jumlahnya sudah kurang dari 2500 spesies di alam liar. Binatang ini memiliki ukuran panjang antara 45-85 cm dan panjang buntut 45 cm dengan berat yang mencapai 5,5 kg. Kucing ini tinggal di area berketinggian 4000 meter dari permukaan laut, yang tersebar di negara Peru, Bolivia, Chile dan Argentina.

5. Mountain Tapir

5 Mamalia Unik yang Hanya ada di Pegunungan Andes, Amerika Selatananimals.sandiegozoo.org

Mountain Tapi menjadi salah satu mamalia unik asal Amerika Selatan yang memiliki warna hitam dengan bibir berwarna putih. Spesies ini satu-satunya tapir yang tinggal di area pegunungan, di luar hutan hujan tropis. Selain itu hewan pemakan tumbuhan ini juga spesies terkecil kedua setelah little black tapir yang hidup di Hutan Amazon, dengan ukuran panjang 1,8 meter dan tinggi 1 meter dengan berat mencapai 100 kg.

Habitat utama tapir ini pada ketinggian 2.000-4.300 meter dari permukaan laut, tepatnya berada di wilayah negara Kolombia, Ekuador, dan utara Peru.

Nah, itulah 5 mamalia unik yang cuma ada di Pegunungan Andes. Yuk, kita lestarikan hewan-hewan unik tersebut!

Baca Juga: 7 Hewan yang Bisa Merasakan Kesedihan dan Menangis seperti Manusia

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 26 Apr 2019 16:15:05

Progress: 310.016 dari 813.350 TPS (38.11594%)

Just For You