Comscore Tracker

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkan

Kesemuanya merupakan predator

Kelabang merupakan salah satu jenis arthropoda yang sudah hidup di bumi sejak zaman purbakala, dengan ukuran raksasa di mana jauh lebih besar dibandingkan ukurannya saat ini.

Menariknya spesies hewan ini mayoritas merupakan pemakan daging atau karnivora, dan menggunakan bisanya untuk melumpuhkan mangsanya. Selain itu, hewan ini juga cukup ditakuti, karena memiliki racun yang berbahaya, untuk itu terdapat beberapa spesies kelabang yang memiliki racun paling mematikan di dunia.

Berikut ini beberapa kelabang paling mematikan di dunia, yang harus dihindari.

1. Amazonian giant centipede

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkanpinterest.de

Amazonian giant centipede merupakan jenis kelabang yang tinggal di Hutan Amazon dan sekitar utara Amerika Selatan serta Karibia. Ukuran kelabang ini mencapai panjang 30 cm, yang mana menjadi spesies kelabang paling besar di dunia.

Binatang ini termasuk karnovira yang memakan berbagai mangsa yang dapat ditaklukannya, baik berbagai macam serangga, hingga jenis kadal, katak hingga ular sekalipun. Bisa dari lipan ini sangat mematikan dan tercatat menyebabkan satu kematian anak usia 4 tahun di Venezuela pada tahun 2014. 

2. Scolopendra Cataracta

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkansquee.com

Scolopendra Cataracta termasuk jenis kelabang amfibi yang mampu tinggal di daratan dan air, serta memiliki kemampuan berenang yang baik. Jenis kelabang ini mampu tumbuh mencapai panjang 20 cm dan hanya ditemukan pada beberapa area di Asia Tenggara, terutama Thailand, Laos dan Kamboja.

Binatang karnivora ini memiliki sengatan yang menyakitkan dan menyebabkan rasa terbakar yang akan menjalar pada seluruh bagian tubuh. 

Baca Juga: 7 Serangga dengan Sengatan Paling Mematikan di Dunia

3. Scutigera Coleoptrata

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkanbugguide.net

Scutigera Coleoptrata tergolong sebagai spesies kelabang dengan ukuran kecil yang juga disebut dengan house centipede. Kelabang ini asli dari Kawasan Mediterrania, namun telah tersebar di berbagai belahan dunia, seperti Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Ukurannya hanya mencapai 25-55 mm dan mempunyai bentuk yang berbeda dari kelabang pada umumnya, yang mana lebih pendek. Sedangkan makanan utama kelabang ini adalah berbagai jenis serangga dan arthropoda lainnya. Sengatan dari hewan ini hampir sama seperti sengatan lebah dan menyebabkan kulit memerah dan gatal.

4. Scolopendra subspinipes

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkanpinterest.com

Selanjutnya terdapat Scolopendra subspinipes, yang mana merupakan kelabang dengan habitat pada area Tropis, seperti Asia Tenggara, Amerika Tengah, Amerika Utara dan Australia. Kelabang ini termasuk salah satu kelabang terbesar di dunia, dengan ukurannya mencapai panjang 20 cm.

Selain itu, makanan utamanya adalah berbagai macam invertebrata, seperti serangga serta vertebrata seperti tikus dan reptil kecil. Racun dalam kelabang ini sangat berbahaya dan terdapat kasus di Filipina yang menyebabkan kematian anak berusia 7 tahun, usai disengat pada bagian kepalanya.

5. Scolopendra Heros

5 Spesies Kelabang Paling Berbahaya dengan Sengatan yang Menyakitkanbugguide.net

Scolopendra Heros atau disebut dengan giant redheaded centipede yang mempunyai habitat alami di Amerika Utara, tepatnya di bagian selatan Amerika Serikat dan utara Meksiko. Kelabang ini menjadi jenis yang terbesar di Amerika Utara, dengan ukuran panjang hingga 20 cm dan termasuk hewan nokturnal.

Selain itu, hewan ini memangsa berbagai jenis hewan vertebrata, seperti tikus, reptil kecil dan amfibi. Racun dari kelabang ini mampu menyebabkan luka lokal pada bagian tertentu, namun juga mampu menyebabkan gejala mual dan sakit kepala.

Itu dia beberapa kelabang yang berbahaya, pastikan untuk selalu waspada jika bertemu hewan tersebut ya.

Baca Juga: Mengenal 5 Tipe Mulut Serangga, Sudah Tahu Belum?

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You