Comscore Tracker

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetik

Cantik-cantik tanamannya, bikin rumahmu asri!

Aquascape sudah menjadi tren saat ini karena membawa keindahan ekosistem buatan dalam sebuah aquarium. Maka dalam aquascape tentunya membutuhkan keseimbangan unsur-unsurnya agar binatang maupun tumbuhan air dapat hidup berdampingan layaknya di ekosistem alaminya. 

Bicara tumbuhan air di aquascape memang cukup banyak jenisnya. Salah satu yang menarik adalah tanaman karpet yang berfungsi untuk menutupi permukaan tanah.

Akan tetapi tanaman karpet tak hanya berbentuk rumput melainkan ada pula yang berbentuk unik. Mau tahu apa saja tanamannya, yuk simak daftarnya berikut ini. 

1. Glossostigma

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetikinstagram.com/liquidnature_vienna/

Glossostigma atau bernama lengkap Glossostigma elatinoides merupakan tanaman kecil yang berasal dari Selandia Baru. Tanaman ini jadi salah satu tumbuhan aquascape terkecil yang ukurannya hanya mencapai tinggi 2-3 cm saja. Selain itu, bentuk tanaman ini sangat cantik dengan daunnya yang membulat dan pipih. 

Meskipun bentuknya sangat kecil, tanaman ini banyak dipergunakan sebagai karpet di aquascape, terutama aquascape bergaya Jepang. Akan tetapi tanaman ini membutuhkan cahaya serta CO2 yang tinggi, sehingga cukup sulit untuk dipelihara. 

2. Marsilea hirsuta

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetikinstagram.com/aqua_knower/

Marsilea hirsuta merupakan tanaman karpet aquascape yang berasal dari Australia. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik karena umumnya memiliki empat daun dengan tipe membulat yang mirip dengan Glossostigma. Tumbuhan ini mampu tumbuh hingga mencapai 2-10 cm tergantung dengan keadaan.

Marsilea hirsuta cukup difavoritkan bagi para penggemar aquascaper pemula, karena mudah untuk dirawat. Selain tidak membutuhkan banyak cahaya dan CO2, tanaman ini juga mudah menyebar. 

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Penghias Balkon, Bisa Diolah Jadi Bumbu Masakan

3. Monte Carlo

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetikinstagram.com/biggydeamo/

Monte Carlo atau bernama latin Micranthemum tweediei adalah tanaman karpet dengan bentuk yang juga unik. Keunikan dari tanaman ini dikarenakan bentuknya yang kecil dan cenderung tumbuh menyebar ke samping daripada tumbuh secara vertikal. Sedangkan bentuk daunnya yang bulat juga memberikan keunikan tersendiri. 

Tanaman yang berasal dari Argentina ini dapat mencapai tinggi 3-5 cm dan membutuhkan cahaya dan CO2 sedang. Tanaman ini sudah banyak dikenal dan cukup mudah untuk dipelihara dan cocok untuk pemula. 

4. Hemianthus callitrichoides

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetikinstagram.com/g.pintado/

Berikutnya ada Hemianthus callitrichoides atau yang disebut dengan Cuba. Tanaman karpet ini disebut sebagai tanaman aquascape terkecil di dunia karena memiliki bentuk daun yang sangat kecil. Layaknya tanaman monte carlo, tumbuhan ini akan menjalar ke samping dan memenuhi seluruh area substrat. 

Tanaman endemik dari negara Kuba ini membutuhkan cahaya dan CO2 yang tinggi untuk membuatnya tumbuh subur. Di samping itu, diperlukan pemotongan rutin agar menghindari busuknya akar tanaman imbas tidak tepenetrasi cahaya. 

5. Elatine hydropiper

5 Tanaman Karpet Aquascape Selain Jenis Rumput yang Estetikinstagram.com/greenaquashop/

Terakhir ada tanaman Elatine hydropiper yang dapat ditemui di Eropa, Asia Tengah dan Asia Timur. Tanaman ini memiliki bentuk membulat dan ukurannya lebih besar sedikit dibandingkan tanaman cuba. Selain itu, ia juga cenderung tumbuh ke samping dan memenuhi substrat yang ada di aquascape. 

Elatine hydropiper ini termasuk tanaman dengan pertumbuhan yang lambat. Serta membutuhkan cahaya dan CO2 yang intens agar pertumbuhannya lebih optimal. 

Nah, itu tadi beberapa tanaman karpet yang memiliki bentuk daun unik. Kalau kalian berminat memelihara yang mana nih?

Baca Juga: Selain Monstera, Ini 5 Tanaman yang Cocok untuk Interior Minimalis

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya