Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Dunia

populasinya di alam liar semakin menurun

Menurut para pakar ilmu zoologi, secara keseluruhan kambing memiliki 300 jenis yang tersebar di hampir seluruh wilayah di dunia. Dari segi fisik, hewan herbivora ini memang dikenal sebagai binatang yang memiliki tanduk serta jenggot pada bagian kepalanya. Namun, di antara banyaknya jenis kambing yang telah diidentifikasi oleh para peneliti, kambing bezoar merupakan jenis kambing yang mempunyai keunikan dari segi penampilan maupun historis.

Memiliki ukuran tanduk lebih besar serta berhabitat di daerah dataran tinggi. Inilah fakta menarik dari kambing bezoar yang harus kamu ketahui dilansir dari laman Worldandtrust dan Armgeo, sebagai berikut :

1. Habitat yang tersebar di benua Eropa dan Asia

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Duniavestnikkavkaza.net

Kambing bezoar berhabitat asli di wilayah benua Eropa bagian timur, tengah dan juga terdapat dibeberapa negara di Asia. Dilansir dari laman Worldandtrust, jenis kambing ini biasanya mendiami daerah dataran tinggi seperti pegunungan dengan ketinggian di atas 4000 meter dari permukaan laut. Hewan ini sangat senang hidup di wilayah hutan konifer yang penuh dengan dedaunan serta memiliki iklim cuaca yang cukup dingin.

Namun populasi dari kambing bezoar yang hidup di negara Armenia justru dapat bertahan hidup di wilayah yang terbuka dan gersang.

2. Ukuran tubuh yang besar

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Duniatierparkstadthaag.at

Kambing bezoar jantan memiliki panjang antara 129 hingga 152 sentimeter dengan berat badan yang mencapai 90 kilogram. Sedangkan untuk ukuran tubuh kambing bezoar betina mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil ketimbang sang jantan dan memiliki berat badan maksimal seberat 55 kilogram.

Selain itu, kambing bezoar memiliki warna bulu yang berbeda-beda tergantung di daerah mana mereka berhabitat. Biasanya kambing bezoar yang mendiami wilayah dingin cenderung mempunyai bulu berwarna abu-abu.

3. Jenis kambing tertua di dunia

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Duniasmithsonianmag.com

Para peneliti meyakini bahwa kambing bezoar merupakan leluhur dari semua jenis-jenis kambing domestik modern yang telah berevolusi seperti kambing antelopes. Dalam ilmu zoologi, kambing bezoar dikenal juga dengan sebutan wild goat  yang masuk dalam keluarga bovidae dengan ciri khas memiliki tanduk yang sangat panjang.

Baca Juga: Sate Kambing Pak Jo, Sederhana Namun Jadi Incaran

4. Sistem reproduksi yang unik

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Duniaarmgeo.am

Pada musim kawin, para kambing bezoar jantan akan bertarung terlebih dahulu untuk memperebutkan sang betina. Dilansir dari laman Armgeo, musim kawin dari kambing bezoar akan berlangsung pada akhir bulan November hingga awal Desember. Dengan masa kandungan kurang lebih selama 6 bulan, biasanya bayi-bayi dari kambing bezoar akan lahir pada bulan Mei.

Selama merawat bayi, kambing bezoar jantan dan betina akan hidup bersama untuk melindungi bayi mereka dari predator buas.

5. Populasi yang semakin langka

5 Fakta Menarik dari Bezoar, Jenis Kambing Tertua di Duniatierparkstadthaag.at

Selain terganggunya habitat asli dari kambing bezoar dengan kehadiran manusia. Banyak orang yang mempercayai bahwa salah satu organ dari kambing bezoar dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya. Hal ini yang menyebabkan perburuan terhadap hewan ini semakin gencar dilakukan yang mengakibatkan populasinya di alam liar semakin berkurang.

Di tahun 1996, IUCN yaitu suatu badan konservasi alam internasional mamasukan kambing bezoar dalam daftar merah sebagai hewan yang terancam punah.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik dari kambing bezoar yang memiliki bentuk tubuh dan kebiasaan yang berbeda dengan jenis kambing pada umumnya.

Baca Juga: Menikmat Kopi dan Susu Kambing Etawa di Banyuwangi

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya