Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjang

Lucu dan menggemaskan!

Di Indonesia, spesies anjing dachshund memang terdengar sangat asing, jika dibandingkan dengan spesies anjing lainnya seperti pitbull, chihuahua, dan husky. Padahal dachshund sangat populer sekali di benua Eropa dan Amerika, dikarenakan anjing ini memiliki bentuk tubuh yang unik serta karakter yang setia dan protektif yang membuat dachshund sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Memiliki pergerakan yang sangat agresif dan mampu mengalahkan lawan yang berukuran lebih besar darinya. Inilah lima fakta menarik dari dachshund dilansir Kiddle dan Hillspet, sebagai berikut!

1. Dachshund memiliki banyak julukan

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjangilovedachshunds.com

Dachshund merupakan spesies anjing yang berasal dari wilayah Jerman. Namun ada juga peneliti yang mengungkapkan bahwa, spesies anjing ini pernah ditemukan dikubur dan dimumikan pada zaman mesir kuno. Dilansir Kiddle, dulunya dachshund sering digunakan oleh masyarakat sebagai anjing pemburu binatang kecil seperti kelinci, rubah, hingga musang yang sering menjadi musuh dari para petani dan perternak.

Di negara lain Dachshund memiliki banyak sekali nama panggilan di antaranya wiener dog (Kanada), sausage dog (Inggris), dan Teckel (Perancis).

2. Ciri fisik dari dachshund

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjangcyberdachs.hu

Dari segi penampilan, Dachshund mempunyai tiga jenis bulu dengan tekstur lembut serta mengkilap yaitu pendek, panjang dan bergelombang. Sedangkan untuk warna bulu, anjing ini memiliki beberapa varian warna di antaranya cokelat, hitam, merah dan belang-belang.

Akan tetapi, sebagian besar dachshund memiliki warna bulu merah kecoklatan. Spesies anjing ini memiliki berat tubuh rata-rata 7 hingga 12 kilogram saat dewasa.

Yang menjadi ciri khas paling populer dari dachshund adalah spesies anjing ini mempunyai punggung yang panjang dengan ukuran kaki pendek.

Baca Juga: 5 Fakta Terapi Anjing, Bisa Bikin Stres Anjing Lho!

3. Masalah kesehatan

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjangfurrybabiesinc.com

Dachshund memang sering mengalami masalah pada bagian tulang punggung belakang, karena ukurannya yang lebih panjang dibandingkan dengan spesies anjing pada umumnya. Kondisi tersebut akan bisa lebih diperparah jika dachshund mengalami kegemukan atau obesitas.

Hal ini dikarenakan tulang punggung dari dachshund menjadi sangat tegang, karena beban ekstra yang harus ditahannya. Oleh karena itu, jenis anjing ini sangat tidak disarankan untuk menaiki tangga atau melompat.

4. Karakter dari dachshund

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjangilovedachshunds.com

Dachshund dikenal sebagai anjing yang setia dan sangat cocok dijadikan sebagai anjing penjaga. Dilansir Hillspet, walaupun ukuran tubuh dari Dachshund tergolong kecil, namun Dachshund mempunyai karakter berani yang mampu mengalahkan lawan yang berukuran tubuh lebih besar darinya.

Dachshund yang memiliki bulu panjang, biasanya akan terlihat lebih tenang ketimbang dachshund berbulu pendek. Anjing jenis ini memiliki pergerakan yang agresif dan sedikit sulit untuk dilatih.

5. Memiliki umur yang panjang

5 Fakta Menarik dari Dachshund, Spesies Anjing Berbadan Panjangdogsnet.com

Baca Juga: Nyaman Dipeluk, 9 Ras Anjing Ini Punya Bulu Lebat yang Super Fluffy

Anjing jenis Dachshund rata-rata mampu bertahan hidup hingga usia 12 hingga 15 tahun. Namun itu semua tergantung kepada perhatian dari pemilik, yang dapat merawat dan melatih anjing ini dengan baik.

Walaupun dachshund dikenal sebagai anjing pemburu yang ganas, namun dachshund banyak dijadikan sebagai anjing keluarga yang dapat berinteraksi dan bermain dengan anak-anak. Di pasaran dachshund dijual dengan harga 1000 hingga 2000 Dolar atau setara Rp 14 juta - 28 juta.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari anjing dachshund yang mempunyai bentuk tubuh yang unik. Dibanderol dengan harga yang cukup mahal, apakah kamu tertarik untuk memiliki anjing jenis ini?

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya