Comscore Tracker

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!

Rusia dan kekayaan fauna yang hampir punah

Rusia merupakan negara dengan wilayah terbesar di benua Eropa. Dengan luas 17 juta km persegi, negara Rusia menyimpan banyak sekali kekayaan fauna yang tersebar di beberapa wilayah, seperti padang rumput, pegunungan hingga hutan-hutan belantara.

Di antara banyaknya spesies hewan yang hidup di wilayah Rusia beberapa di antaranya semakin terancam populasinya.

Dengan daerah yang memiliki suhu sangat dingin serta pegunungan yang diselimuti oleh salju, inilah lima hewan langka yang berhabitat di wilayah Rusia.

1. Harimau siberia

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!news.cgtn.com

Harimau siberia atau lebih dikenal dengan nama ilmiah panthera tigris altaica merupakan salah satu hewan predator yang paling populer di Rusia. Dilansir dari laman Animalia.bio, populasi dari harimau siberia di alam liar saat ini diperkirakan hanya tersisa sebanyak 500 ekor.

Dengan jumlahnya yang sangat sedikit, harimau siberia termasuk ke dalam hewan yang terancam punah keberadaannya. Salah satu ancaman terbesar bagi hewan ini adalah rusaknya habitat hingga persediaan makanan yang semakin sulit di alam liar.

Berbeda dengan kebanyakan spesies harimau yang ada di dunia, harimau siberia memiliki kondisi tubuh yang kuat dan dapat bertahan di suhu yang sangat dingin.

2. Russian desman

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!nativebreed.org

Russia desman adalah satu dari dua spesies desman yang ada di dunia. Mampu bertahan hidup di darat dan air, russian desman merupakan jenis hewan amfibi yang sangat langka. Mereka berhabitat di daerah lahan basah seperti rawa-rawa dan tepi sungai.

Hewan ini banyak diburu dan ditangkap oleh manusia untuk di ambil kulitnya. Pada tahun 2004, para peniliti mengungkapkan bahwa hanya tersisa 35.000 russian desman di habitat aslinya.

Pemerintah Rusia pun mengambil tindakan tegas berupa hukuman untuk melindungi hewan ini dari para pemburu demi keberlangsungan populasinya.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Rusa Kutub, Matanya Bisa Berubah Warna

3. The Siberian bighorn sheep

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!alchetron.com

Siberian bighorn sheep mempunyai nama panggilan lain, yaitu snow sheep atau domba salju.

Dari segi penampilan, mereka memiliki tanduk berukuran besar yang melengkung serta bulu dengan kombinasi warna putih dan coklat. Siberian bighorn sheep banyak mendiami wilayah pegunungan di bagian timur Rusia.

Populasi snow sheep di habitat aslinya saat ini diperkirakan hanya tinggal 90.000 ekor.

Salah satu hewan predator yang sering memangsa siberian bighorn sheep adalah serigala.

4. Manul

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!commons.wikimedia.org

Manul merupakan spesies kucing liar yang memiliki ukuran tubuh kecil dengan intesitas bulu yang lebat dan tebal. Dilansir dari laman Rbth, kucing ini berhabitat mulai dari wilayah Altai, Tuva hingga Buryatiya.

Wilayah tersebut dipenuhi area stepa, yaitu dataran yang dipenuhi rumput panjang yang menjadi tempat persembunyian sempurna bagi manul.

Di alam liar, populasi dari manul sangatlah langka. Hal ini dikarenakan kucing ini sering diburu dan ditangkap oleh para pemburu.

5. Snow leopard

5 Hewan Langka yang Berhabitat di Wilayah Rusia, Terancam Punah!wildnet.org

Masyarakat Rusia menyebut snow leopard dengan julukan irbis. Mereka berasal dari wilayah pegunungan yang terdapat di daerah Siberia bagian selatan. Spesies leopard ini mempunyai ekor panjang berukuran satu meter yang hampir sama panjang dengan ukuran tubuhnya.

Selain itu, badan dan ekor dari snow leopard ditutupi bulu lebat yang berfungsi untuk menahan udara dingin dan badai salju. Di habitat aslinya, sangat sulit menemukan snow leopard dikarenakan populasinya yang hampir punah.

Nah, itulah beberapa hewan unik dan langka yang dapat ditemukan di wilayah Rusia. Meskipun kebanyakan dari spesies hewan tersebut banyak terdapat di daerah yang jauh dari pemukiman manusia, tapi perburuan liar dan perusakan habitat membuat mereka terancam punah.

Baca Juga: 6 Fakta Leopard Tortoise, Spesies Kura-kura dengan Corak yang Indah

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya