Comscore Tracker

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!

Keberadaanya sangat dilindungi

Negara Peru merupakan salah satu negara, yang memiliki wilayah yang sangat luas di benua Amerika bagian selatan. Dilalui oleh pegunungan Andes serta hutan Amazon membuat Peru menyimpan banyak sekali berbagai jenis satwa yang terdiri dari 1800 spesies burung, 500 spesies mamalia serta 300 spesies reptil.

Namun, di antara banyaknya spesies hewan yang berhabitat di wilayah Peru, ada beberapa spesies unik yang hanya dapat kamu dijumpai di negara ini. Terdiri dari spesies hewan eksotis yang sangat dilindungi sekali keberadaannya.

inilah lima jenis hewan asli dari negara Peru yang dilansir dari Incarail dan Chimuadventures, sebagai berikut :

1. Llama

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!abc7news.com

Dari sekian banyak spesies unta yang ada di Peru, llama merupakan spesies yang paling populer dikalangan masyarakat Peru. Dilansir dari laman Incarail, llama biasanya hidup di daerah dataran tinggi bahkan sebagian populasinya banyak mendiami daerah di ketinggian 4000 meter dari permukaan laut.

Hewan ini berhabitat asli di sekitar wilayah pegunungan Andes yang membentang di utara Peru. Dari segi penampilan, llama mempunyai bulu seperti tekstur bulu domba serta memiliki tinggi 1.6 hingga 1.8 meter dengan berat maksimal 208 kilogram.

2. Pink Dolphin

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!tourradar.com

Sebagai salah satu negara yang dilalui oleh aliran sungai Amazon, Peru menyimpan banyak sekali spesies hewan air tawar yang langka sekaligus unik dan salah satunya adalah pink dolphin.

Tubuh dari pink dolphin awalnya memiliki warna abu-abu saat pertama kali dilahirkan dan kemudian berangsur-angsur berubah menjadi warna pink setelah ikan ini beranjak dewasa.

Untuk bertahan hidup, pink dolphin memangsa berbagai spesies ikan-ikan kecil yang ada di dalam sungai Amazon seperti lele, tetras hingga piranha. Ikan ini sangat mudah sekali untuk dijumpai di wilayah Iquitos, Peru.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Favorit di Lima, Peru yang Wajib Kamu Singgahi

3. Condor

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!en.wikipedia.org

Condor merupakan spesies burung karnivora non-akuatik terbesar di dunia dengan bobot tubuh yang mencapai 15 kilogram. Sedangkan sayap dari burung condor rata-rata memiliki panjang 3 meter dengan kombinasi warna bulu hitam, putih serta abu-abu.

Untuk sistem reproduksi, burung condor akan mencapai kematangan seksual saat berumur 5 hingga 6 tahun. Spesies burung ini mampu bertahan hidup hingga usia 50 tahun di habitat aslinya yang terdapat di wilayah pegunungan Andes.

4. Peruvian Hairless Dog

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!daspetravel.com

Sebagian besar populasi dari peruvian hairless Dog banyak terdapat di sepanjang wilayah pantai bagian barat negara Peru. Dilansir dari laman Chimuadventures, salah satu keunikan dari peruvian hairless dog adalah tubuh anjing ini tidak ditumbuhi bulu seperti jenis anjing pada umumnya.

Peruvian Hairless Dog, merupakan hewan yang paling dihormati pada masa suku pra-inca kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Anjing ini dikenal dengan karakternya yang sangat protektif dan cerdas namun tetap waspada terhadap orang asing.

5. Spectacled Bear

5 Hewan Unik yang Hanya Dapat Dijumpai di Peru, Spesies Langka!bearbiology.org

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional dari Peru, Enak dan Menyehatkan!

Spectacled Bear dikenal juga dengan sebutan jukumari oleh sebagian besar masyarakat Peru. Spesies beruang ini berhabitat di wilayah pegunungan Andes yang mendiami daerah di ketinggian 4000 meter dari permukaan laut.

Spectacled Bear merupakan satu-satunya spesies beruang yang terdapat di benua Amerika bagian selatan. Dari segi penampilan, beruang ini memiliki ukuran kepala yang lebih kecil serta perpaduan warna bulu hitam dan kuning pada bagian wajah.

Nah, itulah lima hewan langka dan unik yang berhabitat asli di wilayah negara Peru. Dikelilingi banyak hutan serta pegunungan membuat Peru menyimpan banyak sekali kekayaan flora dan fauna.

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya